Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SBS, Tank Pertama Roda Rantai Track Berlapis Baja buatan Indonesia (2014)

Indonesia. Selama ini tertinggal untuk pembuatan Tank Berlapis Baja. Sebut Saja “Iran” yg Memiliki Tank Baja andalannya “Zulfiqar”. Israel dgn Merkava, Jerman dgn Singa Leopard, dan Amerika Serikat dgn Ribuan Kuda-Kuda Tank yg emang udah melegenda sejak tahun 1915. 

Namun, Sebagai Bangsa Republik Indonesia yg Terpandang. Indonesia ngga perlu berkecil hati. Karena hari ini, Indonesia udah resmi memiliki Tank dgn Rasa Indonesia banget.

SBS Pindad : “Tank Pertama asli buatan Anak Bangsa.


Yg Pertama Kelas Roda Rantai Republik Indonesiaaaa
Menurut Tuning : pasukanabri.gif (20×20)

SBS Pindad, sebenarnya adalah pengembangan dari generasi mobil tempur yg pernah dibikin oleh Indonesia yaitu dari Anoa dan Komodo. Bagi Anda yg belum tahu. Saya sebelumnya udah pernah nulis artikelnya disini, silahkan Anda baca dilink ini ya. Karena artikel ini emang berhubungan dgn Spesifikasi Komodo dan Anoa.

Tentang dan Spesifikasi SBS :
Tank Pertama milik Pemerintahan RI
SBS adalah buatan Perusahaan Pindad yg berlokasi di Bandung.

Menurut PT.Pindad : SBS masuk kategori Tank Kelas Sedang, yg tergolong dalam Sub-Kelas APC (Personnel Carrier). Artinya Tank SBS ini selain sebagai Pengangkut 10 Pasukan ABRI. Dia juga dilengkapi dgn anti serangan darat. semangka.gif (17×10)


Hampir, mirip-mirip ya kayak Marder IFV buatan Jerman. Hery Mochtady Selaku Departemen Produksi II Divisi Kendaraan Khusus, mengamini hal tersebut. Iya, Benar : Sama Seperti Skala Marder milik Jerman. alien+kecil.gif (17×24)

Marder, Milik Jerman dan 2 Tentara Galau yg Sedang Patroli deh

Marder, Melintasi Jalan dgn Keheningan Roda Rantai
Hery Mochtady juga menegaskan : Kalau punya kita masih bisa dikembangkan lebih lanjut dengan kemampuan senjata HEAVY  yg bisa ditingkatkan hingga tahap "Leopard". Desainnya bisa Anda lihat digambar bawah ini ya.

Desain, Prototipe SBS-Tank yg akan dilanjutkan lebih lanjut
FINAL. Pengembangan masih dilanjutkan
Tank SBS yg Berdimensi 5,68 meter, lebar 2,77 m, tinggi 1,97 m, ketebalan baja 10 mm dan berat 13 ton dan memiliki mesin diesel 6 Silinder yg mampu memacunya hingga 70km/jam dgn jarak jelajah 400 km ini masih dalam pengembangan lebih lanjut.


Baca juga :

Kata Hery : Secara Realistis, Komponenn T.A.N.K ini hampir nyaris semuanya buatan Lokal. Mulai dari Power Pack, Engine, Transmisi, Cooling, dll. Kecuali Senjata yg masih diimpor. GBU