Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Komentar Spam Link Aktif di Blog Anda (2015)

Bagi Sebagian Orang. Memiliki Blog dengan Pembaca yg banyak. Adalah Anugerah yg Luar biasa. Sayangnya, untuk mencapai hal Tersebut. Terkadang agak Sulit banget ya. Bagi Anda yg udah membaca Artikel tentang SEO GOOGLE. Pasti udah tahu ya, kalau Komentar di dalam blog kita. Ternyata Menjadi salah satu Faktor Indikator bagi Google.

Nah, Salah Satunya adalah Komentar SPAM. Konon mitosnya Google menurunkan Peringkat bagi Blog siapa saja yg terlalu banyak Link Komentar SPAM. Contohnya seperti Link yg menaruh Link-Aktif menuju ke halaman Website Pihak Lain. Biasanya ke Website Dewasa, Jual Obat-obatan, Website Bisnis Tentang Sepakbola, dll sebagainya.


Bersifat SILUMAN dan Sulit di Deteksi secara Manual :
Jika dilihat secara kasat mata. Komentar SPAM sangat sulit dideteksi dengan mata kita. Karena umumnya, mereka udah piawai menaruh Link didalam Fasilitas Komentar kita. Alhasil, Komentar “SPAM” yg mereka tulis seperti Komentar yg biasa saja.

Ujung-ujungnya, SPAM yg mereka lakukan akan meningkatkan Peringkat Website mereka dengan menjadikan Blog kita sebagai tempat Ternak Link. Alhasil, Peringkat Web mereka meningkat, Tapi Peringkat Blog kita malah menurun.

Cara Mudah Mencegah :

Bagi Anda Pengguna Blogger. Cara Paling Mudah Mencegah Hal Tersebut adalah Dengan Mengaktifkan “Pengguna dengan Akun Google”. Dengan cara ini maka orang lain akan kesulitan melakukan SPAM. Karena mesti menggunakan Akun Google+.

Keuntungan lain menggunakan cara ini adalah kita terhindar dari “BROKEN-LINK” juga. Cara mengaktifkannya ada di Tombol Setelan – Pos dan Komentar. Dan Anda bisa memilih Pada bagian : Siapa yang dapat mengomentari ? – Pengguna dengan Akun Google.

Contoh Gambar :


Untuk Melakukan Cek Broken Link :

Teman-Teman bisa mengunjungi di Website Brokenlinkcheck.com


Lalu Klik Pada Bagian FIND BROKEN LINKS, Terus akan muncul halaman baru dan tulislah Security Code, Lalu Bisa Centang Report All Occurrences Of Each Dead Link (May Be Slower). Anda bisa menunggu Kira-kira 10 Menit – 15 menit. Kalau Blog anda banyak artikel dan Komentarnya.  Mungkin bisa memakan waktu yg lebih lama lagi hingga 30 Menit…,

Kalau [ BrokenLinkCheck.com ] Menemukan Link Nonaktif. Teman-Teman bisa Menghapus atau Mendelete dengan Mudah URL Tersebut.  

Masih Lolos :
Namun menggunakan Brokenlinkcheck.com masih belum bisa meloloskan dari SPAM yg ditulis langsung didalam “Format Comment”. Biasanya mereka mengaktifkan Link Hidup (Aktif Link) ke dalam Komentar kita.

Biasanya Website yg suka menaruh Link Aktif adalah Tentang Website Dewasa. Untuk Mengatasi hal ini maka menggunakan kode yg disisipkan didalam edit Html. Tujuannya untuk Mematikan Link secara Otomatis sekaligus memberikan Peringatan. Kepada orang yg melakukan SPAM tersebut.

Caranya adalah :
~ Login ke Akun Blogger Anda
~ Template > Edit HTML
~ Cari Kode </body> (Untuk Mempermudah mencari bisa memakai Ctrl+F)
~ Terus Teman-Teman bisa Meletakkan Kode Script ini di atas Kode </body>

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function blockLinks(parentID, children) {
    var parent = document.getElementById(parentID),
        content = parent.getElementsByTagName(children);
    for (var i = 0; i < content.length; i++) {
        if (content[i].innerHTML.indexOf('</a>') !== -1) {
            content[i].innerHTML = "<mark>No live link!!!</mark> Mohon Maaf SPAM-nya dihapus ya!";
            content[i].className = "spammer-detected";
        }
    }
}
blockLinks('comment-holder', 'p');
//]]>
</script>
  
Baca Juga :

Hasilnya nanti akan kayak gini :



Nah, Dengan cara ini maka ngga ada lagi SPAM di Blog Anda dan Google pun Senang ama Blog Anda karena Terbebas dari Komentar SPAM. Untuk Lebih Mendetail dan Lebih Aman. Kita Bisa Mengaktifkan Setelan Komentar dengan Moderasi Terlebih Dahulu Sebelum di Tampilkan. Teknik ini adalah Cara Paling Aman Tetapi Mesti Melakukannya Secara Manual dan Cek Satu-Persatu. Lelah memang, Tapi inilah cara Terbaik agar ngga ada lagi Satupun Link Live Spam yg masuk ke Blog Anda.



Semoga Bermanfaat ya. GBU