Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surena III : Robot Humanoid Cerdas Mirip Manusia Generasi ke 3 Iran (2015)

Pada Beberapa Hari yg Lalu, Kemaren. Kalau ngga salah ya. Saya Sempat Menulis Artikel bagi Anda. Tentang sebuah Robot “PEPPER”. Yang udah resmi di jual pada tanggal 22 Juni 2015 oleh Perusahaan Gabungan dari China dan Jepang. Yaitu dari Softbank, Alibaba dan Foxconn. Seharga Rp 21.000.000. di Promosikan oleh Jack Ma. Orang Terkaya Nomor #2 di China.

Jepang dan China adalah Salah Satu Negara yg Terkenal Piawai dalam Pembuatan Robot. Robot Paling Terkenal di Jepang adalah ‘ASIMO’. Sedangkan Negara Amerika Serikat juga mengembangkan Robot ATLAS dan PETMAN milik Perusahaan Boston Dynamics. Anak Perusahaan Alfabeth Google. Atlas dan Petman Lebih Identik dengan Militer. Walaupun Kelak Robot milik Google dipercaya akan banyak digunakan bagi Keperluaan Sipil.

Di Timur Tengah. Negara IRAN. Sebuah Bangsa yg Kaya akan Hasil Tambang Minyak dan Gas ini juga memiliki Robot Cerdas yg Mirip Manusia. Dia bernama : SURENA.


Apakah SURENA di Gunakan MILITER IRAN
Bangsa Iran memang Terkenal sebagai Salah Satu Negara yg Piawai dalam Pembuatan Robot dan Drone. Ilmuwan-Ilmuwan IRAN Terkenal Cerdas Cerdas dan Pintar Pintar.

Kita Sebut Saja Drone Sayap Tiga SARALLAH. Drone SWALLOW, ABABIL, SHAHED, KARRA, MAHAJER dan Yg Terbaru Tercanggih di Tahun 2015 adalah Drone FROTOS yg mampu Terbang hingga jarak 2.000 Km. Tak Hanya Berhenti di Sini saja. IRAN juga mengembangkan Robot Darat yang disebut SURENA.

Foto : SURENA Generasi II
Bagi Teman-Teman yg Melihat Foto diatas. Saat ini ngga usah Kwatir ya. Soalnya, Robot ini Menurut Bangsa IRAN. Hanya di Gunakan di Bidang Manufaktur agar Pengelolaan Pabrik Lebih Efesien, dan juga digunakan bagi bidang Kesehatan dan Pertolongan Manusia dalam Musibah Bencana Alam. Seperti Gempa Bumi.

ROBOT ini Kelak akan Menjadi Simbol Ke Arah Perdamaian.

Desain Mirip Seperti Manusia
Robot SURENA dibuat oleh Gabungan 6 Perusahaan/Lembaga Teknologi dari IRAN dan dibantu oleh University Center of Advanced Systems and Technologies Iran. Mereka Semua bersatu di Pimpin oleh Ilmuwan Profesor Robotika dari AGHIL YOUSEFI KOMA.


Desainnya mirip seperti manusia (Humanoid). Tingginya sekitar 190 Cm dan Berat 98 Kg. Ia mampu Bergerak menggunakan Tenaga Baterei Listrik dan di dalam Tubuhnya ada mesin Servomotor yg akan menggerakkannya.


Robot ini Sebenarnya sudah ada sejak Tahun 2008 yang disebut dengan SURENA I (Surena Generasi I). Pada Tahun 2010. Ilmuwan Iran mengembangkannya lagi menjadi SURENA II (Surena Generasi ke II) dan Pada Tahun 2015. 

SURENA III resmi di Perkenalkan oleh Pemerintah IRAN dengan Kemampuan yg Lebih Cerdas dan dilengkapi Teknologi AI (Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence)

Mampu Berbicara dan mengenal Wajah
Robot Surena III. Telah Mampu Berbicara Bahasa FARSI IRAN. Ia juga mampu mengenal wajah Anda dan Mengikuti Gerakan Anda. Contohnya Seperti Menendang Bola, Berjalan di Permukaan yg ngga rata, Berdiri dengan 1 Kaki, Memegang Sebuah Benda, dan masih banyak lagi.

Video Trailer Youtube di Bawah ini Memperlihatkan kita Kemampuan dari SURENA III yg di Klaim Lebih Cepat dari Generasi SURENA II.

VIDEO TRAILER

Artikel Lainnya :

MASIH DALAM PENGEMBANGAN

Robot milik Bangsa IRAN ini masih dalam Pengembangan dan Penelitian. 

Tetapi ngga menutup kemungkinan di masa depan. Kemampuan SURENA bisa Terus di Tingkatkan Lebih Keren Lagi. Semoga bermanfaat ya. GBU