Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

19 Daftar Kapal Induk Aktif di Dunia (2016)

Kapal Induk identik menjadi sebuah Kebanggaan Tersendiri Bagi suatu Bangsa. Memang ya, hanya segelintir aja Negara yg Bisa Memiliki si ‘Raksasa Lautan’ ini. Karena Biaya untuk meminangnya aja, membutuhkan Mahar yg Super Mahal. dan Tentu saja untuk Konstruksinya juga Membutuhkan Ilmuwan yg Cerdas. Karena Penguasaan Teknologi ini sangat sulit banget.

Pada Tahun 2016. Ada 19 Kapal Induk yg Aktif di Dunia ini. Bagi Teman-Teman yg Penasaran. Yuk Langsung aja Simak Info di Bawah ini ya.

Amerika Serikat : GERARLD R FORD


Gerarld R Ford di Luncurkan Pada 9 November 2013. Biaya untuk meminangnya seharga Rp 165 Triliun. (Jika di Kalkulasikan ke Rupiah ya). Belum Termasuk Biaya Penelitian R & D dan Lain-Lain. Tenaga Penggeraknya menggunakan 2 Mesin A1B Reaktor Nuklir. Ia mampu membawa 75 Pesawat tempur dan mampu meluncurkan Pesawatnya 1 dalam waktu 45 Detik.

JEPANG : IZUMO
Izumo sebenarnya adalah Kapal Perusak yg membawa Banyak Rudal. Tapi di Gabung jadi 1 Bagian dengan Kapal Pembawa Helikopter. Izumo milik Jepang mampu membawa 28 Helikopter. Tetapi, Pemerintahan Jepang mengklaim, Izumo juga bisa didaratkan oleh Pesawat tempur Vertical F-35 Lightining.

India : INS VIKRAMADITYA
Vikramaditya di beli India dari Rusia Pada Tahun 1996. alasannya karena Rusia ngga sanggup membiayai biaya Operasionalnya. Akhirnya di Jual deh ke Negara Bollywood Shahrukh Khan. He he.., Oh ya, Vikramaditya mampu membawa 24 Pesawat tempur jenis Mikoyan MiG-29K dan 10 Helikopter Kamov.

Amerika Serikat : DWIGHT D EISENHOWER

Merupakan Kapal Berkemampuan Tenaga Nuklir. Ia membawa 90 Pesawat tempur dari Berbagai Jenis. Dalam sejarahnya Ia Pernah Terlibat Perang Teluk Pada Tahun 1990. Dan Juga Mendukung Operasi Militer AS di Irak dan Afghanistan.

Brazil : SAO PAULO CLEMENCEAU
Di Beli Brazil dari Negara Ferancis melalui Perusahaan Teknologi DCNS. Sao Paulo menggunakan Tenaga Turbin Uap. Ia mampu membawa 40 Pesawat tempur dan Helikopter.

China : LIAONING
Di Beli China dari Bekas Negara Uni Soviet. Awalnya Kapal ini ngga dijual karena udah Gimana Gitu ya. Tapi, China mengklaim dirinya membeli Kapal ini, katanya cuman untuk Bisnis Hiburan, Tamasya, Hotel dan Pusat Perjudian Kasino aja. Ternyata beberapa Tahun kemudian setelah dibawa ke China. Secara Mengejutkan, Kapal ini Berubah menjadi Mesin Perang yang Membawa 26 Pesawat Tempur Shenyang J-15 dan 10 Helikopter.

Amerika Serikat : GEORGE H.W BUSH
Di Luncurkan Pada Tanggal 7 Oktober 2006. Di Kapal ini bertengger Pesawat Robot Tanpa Awak X-47B. Pada Saat Artikel ini saya Ketik bagi Anda. Kapal-Induk ini Kebanyakan menghabiskan waktunya Berdiam diri di Lautan Negerinya sendiri di Amerika Serikat. Namun, Julukannya disebut “PEMBALAS”. 

Amerika Serikat : HARRY S TRUMAN

Jika kita Tarik Ukur dari Bawah ke Atas. Harry-S-Truman memiliki Tinggi Badan Setara Gedung 24 Lantai. HARRY S TRUMAN adalah Kapal-Induk yg umumnya bertugas di wilayah Timur Tengah dalam mengalahkan Al-qaedah, ISIS dan Taliban.

Amerika Serikat : JOHN C STENNIS
Pada Tahun 2016. Ia Berada di Gugus Penjagaan Keamanan di Laut Samudera Pasifik. Ia membawa 6.500 Tentara dan 90 Pesawat Tempur dan Helikopter.

Ferancis : CHARLES DE GAULLE
Di Buat oleh Ilmuwan Ferancis. Kapal-Induk ini membawa 40 Pesawat tempur dan 800 Tentara Ferancis. Tahun 2016, Charles DeGaulle sedang Berada di Laut Persia berperang dengan ISIS.

Spanyol : JUAN CARLOS
Merupakan Kapal-Multi Gabungan antara Kapal Serbu Amfibi. Ia mampu Membawa 20 Pesawat tempur. Sebagiannya disimpan di bawah dek. 

Amerika Serikat : RONALD REAGAN

Memiliki Kode CVN-76. Merupakan Kelas NIMItZ Nuklir. Kapal-Induk ini umumnya Bertugas dan berlayar Patroli di Areal Keamanan Lautan di Semenanjung Korea Selatan, Korea Utara dan Jepang.

Italia : GIUSEPPE GARIBALDI
Mampu Memuat 18 Pesawat Tempur dan 800 Tentara. Ia adalah Kapal Induk Pertama Asli Buatan Anak Bangsa Italia. Tetapi Mesin Penggeraknnya Meminta Bantuan dari Perusahaan General Electric AVIO LM2500 dari Amerika Serikat. GIUSEPPE GARIBALDI. Selain sebagai Kapal-Induk juga di Lengkapi 8 Tabung Peluncuran Rudal Penghancur.

Thailand : HTMS CHAKRI NARUEBET
Chakri di Beli Thailand dari Spanyol atas Perintah untuk menghormati Dinasti Chakri. Mungkin Banyak Orang yg ngga menyangka jika Thailand bisa memiliki Raksasa Lautan ini ya. Negara yg Terkenal sebagai Penghasil Beras ini. Ternyata memang Resmi memilikinya dan masih aktif hingga saat ini. Chakri Naruebet mampu membawa 14 Pesawat Tempur atau Helikopter. Umumnya digunakan Sebagai Bantuan Bencana.

Amerika Serikat : GEORGE WASHINGTON
Kerjaan Kapal ini Mondar Mandir dari Jepang ke Australia, lalu ke Selandia Baru, Lalu ke Filipina Lagi, Lalu ke Australia Lagi, Lalu ke Selandia Baru, lalu ke Jepang Lagi, Lalu ke Hongkong, Ke Filipina, Ke Vietnam, ke Korea Selatan, dan Begitu Terus Perjalanannya. Istilah dalam Bahasa Militer disebut dengan “PATROLI”. George Washington membawa 90 Pesawat tempur dan 6.102 Tentara.

Amerika Serikat : THEODORE ROOSEVELT

Ini adalah Kapal Induk Paling Sibuk di Dunia. Tiap Hari THEODORE ROOSEVELT melepaskan Burung Burung Besinya di Langit Langit Irak dan Suriah untuk menghancurkan Kekuatan ISIS. THEODORE ROOSEVELT sudah aktif membunuh sejak 4 Oktober 2001 dan hingga sekarang masih aktif membunuh. Bukan hanya ISIS yg jadi Sasarannya, Taliban dan Al-Qaedah yg berada di Afghanistan juga tak luput dari serangannya.

Amerika Serikat : CARL VINSION
Pada Tanggal 14 Agustus 2015. Carl VINSION berada di Pangkalannya di Naval Air Station North Island. Dalam Sejarahnya, CARL VINSION Pernah Terlibat Perang di Afghanistan, Irak, dan Suriah. Saat ini Pada Tahun 2016. Sedang Kembali ke Markasnya untuk di Rawat setelah mengalami Peperangan yg Panjang Kelelahan melawan ISIS.

Rusia : ADMIRAL KUZNETSOV CLASS

Merupakan Kapal-Induk buatan Rusia dari Kelas Kuznetsov. Ia mampu membawa 40 Pesawat tempur dengan Proses Lepas Landas Menggunakan Bow Lompat Ski. Saat ini Rusia hanya memiliki 1 Kapal Induk dan masih menggunakan Teknologi Turbin Uap sebagai Penggeraknya.

Artikel Lainnya :

Amerika Serikat : ABRAHAM LINCOLN
Ia mampu Membawa 90 Pesawat Tempur. Abraham Lincoln juga bertanggung jawab atas Peperangan di Timur Tengah. Tetapi Operasinya ngga Terbatas Jangkauan. Ia bahkan Bisa Berlayar Mengelilingi Benua Africa Hingga Sampai ke China bahkan Sampai ke Indonesia.

Pada Tanggal 26 Desember 2004. Kapal-induk USS Abraham Lincoln Pernah Mendarat di Aceh. Dalam Memberikan Bantuan Kemanusian dan Membawa Pasokan Makanan dan Air Segar Melalui Udara.

Ia Menyebarkan 17 Helikopter yg Bekerja Siang Malam ke Sepanjang Pantai Barat Sumatera dalam Memberikan Bantuan. Ia juga memberikan Bantuan Pertolongan Rumah Sakit Terapung bagi warga Aceh yg Sakit.

Semoga Bermanfaat ya. GBU