Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Comac C919 : Pesawat Penumpang Komersial Buatan China Terbaru (2016)

China adalah Bangsa yang Sangat Besar dengan Jumlah Penduduk yg Banyak dan Ekonomi yg Sangat Besar. Jiang Qing Sejak Tahun 1970. Pernah Berniat dan Bermimpi agar Bangsanya Kelak Memiliki Prestasi Tersendiri dalam Pembuatan Pesawat dan Industri Pesawat  Komersial.

Pada Tahun 2015 yg Lalu ya. Hal ini pun di Amini oleh Pejabat Pemerintah China (Li Jiaxiang). China adalah Bangsa Besar, ngga boleh sepenuhnya Bergantung Pada Impor Pesawat dari Negara Lain. Sebuah Bangsa yg Besar Harus Memiliki Pesawat Komersialnya Sendiri. Sahutnya.

Foto : Comac-C9191







Proyek Pesawat Pertama yg Gagal
Sejak Impian China Pada Tahun 1970. China Memang Sudah Memulai Proyek ini. Nama Pesawat Penumpang Komersial yg Berhasil Pertama Kali di Ciptakan oleh China adalah Y-10.

Y-10 adalah ‘Pesawat yg Bisa Membawa 178 Penumpang ke Jarak Sejauh 8.300 Km’. Sayangnya, Karena Tingkat Persaingan Bisnis yg Tinggi Menghadapi Negara Seperti Amerika Serikat dan Negara-Negara Gabungan Eropa yg Berpusat di Ferancis.

China mesti menelan Pil Pahit. Y-10 Berhasil di Ciptakan Perdana Pada Tahun 1980. Tapi Jet China ini Kalah dalam Segi Persaingan Bisnis & Teknologi. Sehingga Model Y-10 Menjadi Besi Tua yg ngga Laku di Beli. (Hanya China Sendiri yg Membelinya)

Foto : Y-10 yang Gagal Bersaing

Belajar dari Kegagalan. C919 Di Ciptakan
Semangat Ngga Pernah Pudar. China Terus Bangkit dan Ngga Pengen Meratapi Kekalahannya dalam Menghadapi 2 Industri Duopoli Penerbangan Raksasa Dunia. Yaitu dalam Bersaing dengan Perusahaan BOEING Amerika Serikat dan Perusahaan AIRBUS dari Gabungan Eropa yg Berpusat di Ferancis. Yg Hingga saat ini masih Merajai seluruh Penerbangan di dunia.

COMAC atau dengan Kode COMAC C919. Pada Tanggal 2 November 2015. Resmi di Luncurkan ya. Peluncuran diadakan sangat meriah banget, dengan dihadiri banyak sekali orang dan Para Pakar Ahli Penerbangan dari Seluruh Dunia.

Pesta dan Upacara Tersebut di Laksanakan di Pudong, Shanghai, China. Pemerintahan China menyebutnya sebagai Momen Besar. Ketua COMAC. Jin Zhuanglong mengatakan Ini Lah Tonggak Penting Pengembangan Pesawat Pribumi Buatan China.


Spesifikasi Unggulan COMAC :  
COMAC C919 di Buat oleh Perusahaan Teknologi The Commercial Aircraft Corporation Of China Ltd. Ini adalah Perusahaan asli 100% milik BUMN Cina. Perusahaan ini didirikan oleh Pemerintah Cina memang di Tujukan Utamanya adalah untuk Bersaing sengit dengan BOEING Amerika Serikat dan AIRBUS Ferancis.

Keunggulan Utama C919 adalah dari Sisi Harga yg Jauh Lebih Murah.

Memang, Untuk Saat ini. Harganya Masih Belum Resmi di Keluarkan ya. Karena COMAC C919 Baru Bisa Benar-Benar Terbang Pada Tahun 2019 Nanti. Tahun 2016-2018 akan dilakukan ujicoba Test Penerbangan Terlebih Dahulu.

Menurut CNR. Di Ramalkan. Harga 1 Unit COMAC C919 berada di Kisaran Harga 30% Lebih Murah dari milik BOEING dan AIRBUS. Yaitu Sekitar Rp 690 Miliar.

Kemampuan ‘C919 COMAC’
Comac C919. Akan memiliki Beberapa Varian. Yaitu C919 Mixed, C919 ALLECO dan C919 High Density.

Kapasitas Penumpangnya mampu memuat 156 – 174 Orang. Bisa Membawa Hingga ke Jarak 4.075 Km – 5.555 Km. Kecepatannya Berkisar hingga 518 mph atau Jika di Konversi ke Bahasa Indonesia yaitu setara secepat 834 Km/Jam.

Ia juga mampu Terbang Tinggi hingga Ketinggian 12 Km dengan Membawa Beban Berat Total Penumpang Seberat 20,4 Ton. Terus tu ya, Panjang Pesawat ini sekitar 38,9 Meter dan Lebar 35,8 meter.

MESIN :
Untuk Mesin, Memiliki Kekuatan 110.000-130.000 N (25.000-30.000 Lbf) dari Powerplant CFM International Leap 1C. Memang untuk saat ini, Mesin masih di Beli dari Luar Negeri dari Perusahaan GE General Electric Amerika Serikat, SAFRAN Perancis dan Rusia United Aircraft.

Tapi Pemerintah China Berjanji Suatu Saat Nanti akan membuat dan membangun Mesin Merk Produksi Cintailah Ploduk-Ploduk dalam Negeri. 

Artikel Lainnya :

Video Trailer

Semoga Bermanfaat ya. GBU