Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Oralit Sederhana untuk Pertolongan Pertama Pada Penyakit Diare (2016)

ORALIT adalah Larutan untuk merawat Penyakit Diare dan Mencegah Dehidrasi. Ia Terdiri dari Larutan Natrium Klorida, Kalium Klorida, Glukosa Anhidrat dan Natrium Bikarbonat. Versi larutan ini biasanya digunakan oleh ‘Kedokteran’ dalam merawat Pasien Diarenya.

Namun, Kadangkala. Bagi kita yg sedang Terserang Diare dan belum sempat ke Dokter. Adakalanya Membuat ‘ORALIT’ seperti diatas begitu menyulitkan ya. Tapi Beruntunglah kita. Ternyata membuat ORALIT Sederhana bisa kita Lakukan di Rumah dengan Bahan-Bahan yg ada di Dapur kita.


Mengenal Penyakit Diare
Sebelum membahas tentang cara membuat ‘ORALIT’. Ada Baiknya kita membahas Terlebih dahulu apa itu Penyakit Diare. Diare adalah Sebuah Penyakit yang mengubah Kotoran Tinja atau Feses (Tahi) dari yang Berbentuk Padat Terubah menjadi Cairan.

Sehingga ketika kita sedang ke Toilet. Biasanya Tinja kita yg Berbentuk Panjang dan Padat Tersebut. Justru Terubah menjadi sebuah Cairan seperti Air Kencing yg Kotor.

Penyebab :
Penyebab Penyakit ini dikarenakan oleh Infeksi Virus. Tetapi juga seringkali oleh Akibat dari Racun Bakteria. Dari Akibat Mengkomsumsi Air Kotor yg Belum di Masak atau Air Kotor Selokan yg Terminum Secara ngga Sengaja.



Mengkonsumsi Buah-Buahan yg Telah Membusuk Tapi Justru di Makan, Kelebihan Vitamin C, Kelebihan Konsumsi Alkohol,

dan untuk Beberapa Kasus Penyebab Lainnya adalah Karena Memakan Makanan Asam, Pedas, dan Bersantan secara Bersamaan. Sehingga membuat Usus menjadi Kaget.

Efek Kesakitan :

1]. Sakit Kepala Nyut Nyut Seperti di Tusuk Tusuk

2]. Perut Begitu Mual

3]. Selalu ke Toilet Tiap Beberapa Jam

4]. Terasa Haus

5]. Tubuh Terasa Lemas, Lesu dan Lunglai

6]. Perut Sering Berbunyi

7]. Punggung dan Tulang Kaki Terasa Sakit Pegal Nyut Nyut

8]. Tubuh Terasa Mulas dan ngga Nyaman secara Berkepanjangan

9]. Deman, Kadang Terasa Dingin Kadang Terasa Panas.

PERHATIAN :
Untuk Beberapa Kasus yg disertai dengan ‘Muntah’, ‘Kehilangan Berat Badan’ dan Bercampur dengan ‘Darah’. atau Sakit ngga Kunjung-Kunjung Sembuh sampai 2 minggu. Atau Apabila Diare menyerang kepada Bayi. Ada Baiknya Sesegera mungkin pergi ke Rumah Sakit.

Karena Menurut Wikipedia.com : Diare adalah Penyebab Kematiaan 2.600.000 Bayi Per Tahun.

Untuk orang Dewasa. Diare yg disertai Darah dan Kehilangan Berat Badan. Apalagi ditambah dengan Kekurangan Gizi mampu memparah Pasien ke Jenjang Penyakit yg Lebih Berbahaya. Seperti Radang USUS BUNTU, DISENTRI, KOLERA, CROHN dan BOTULISME. Apabila ngga di tangani oleh Dokter yg Tepat. maka bisa mengancam Jiwa.

Foto : Kasus Diare yg Parah
Apabila Seseorang yg Berumur Dewasa. Diare Tanpa disertai dengan ‘Muntah’ dan ‘Darah’. Maka, Pertolongan Pertama ORALIT bisa untuk mengobati Penyakit Anda. Tanpa Perawatan ke Dokter hanya dengan ORaLIT saja sebenarnya bisa sembuh.

Cara Membuat ORALIT

Untuk Membuat ORALIT Sederhana Caranya Sangat Mudah. Hanya 3 Bahan yg dibutuhkan. Yaitu

1]. 200 ml Air Putih Bersih yang Telah di Masak

2]. 2 Sendok Gula Pasir

2]. Setengah Sendok Garam

Tuangkan ke 3 Bahan ini dan Aduk Sampai Rata.

Artikel Lainnya :

Ketentuan Perawatan :


1] Minumlah Air ORALIT secara Rutin

2]. Saat masih Terserang DIARE. Ada baiknya Terus Konsumsi Air ORALIT. Meminum Air tanpa Zat Oralit saat Diare. justru dapat menyebabkan keadaan yg makin berbahaya.

3]. Cobalah Makan dalam Porsi Sedikit Tapi Sering. Contohnya Tiap 4 Jam Makan Nasi. Tapi Sedikit Sedikit Tapi Sering. Waktu Bisa di Tentukan oleh Masing Masing Pasien.

4]. Terus Minum ORALIT secara Rutin sampai Diarenya Sembuh. ORALIT selain bermanfaat sebagai Perawatan juga bisa mencegah Dehidrasi.

5]. Menjaga Kebersihan.

Semoga Bermanfaat ya. GBU