13 perusahaan terbesar dan terkaya di Israel 2018


Pada tahun 2018. Terdapat sekitar 6.092 perusahaan, industri dan startup di Israel. 500 diantaranya terdaftar di bursa saham Tel Aviv, Israel, 200 diantaranya terdaftar di bursa saham NASDAQ, Amerika Serikat.

Memang apabila kita bandingkan dengan negara Amerika Serikat, China, Uni Eropa, Rusia, Jepang, India, dan  Indonesia.

Jumlah kuantitas perusahaan dan startup Israel tentu saja kalah telak.

Hal ini dapat dimaklumi karena jumlah penduduk Israel hanya berkisar diangka 8.907.000 juta orang.

Mari kita bandingkan dengan jumlah total perusahaan di Indonesia yg mencapai hampir lebih dari 900.000 ribu perusahaan dan startup dengan jumlah penduduk 264.000.000 juta orang.

Namun ada hal unik terjadi di Israel. Walaupun jumlah perusahaan & startup-nya sedikit.

Perusahaan-perusahaan dan startup Israel pada umumnya berorientasi internasional yg mampu menghasilkan pundi-pundi pendapatan yg besar.  
Produk Israel diketahui kesulitan masuk karena di embargo dan di boikot oleh 57 negara mayoritas muslim yg tergabung dalam organisasi OKI.

Pun gitu, tak menjadi alasan negara kecil ini berkecil hati karena masih memiliki banyak negara kawan.

Israel mengekspor produk-produknya ke seluruh dunia. Biasanya berjualan ke negara-negara mayoritas Kristen. seperti (AS, Uni Eropa, Brazil, Meksiko, Kanada, dll), Hindu. seperti (India) dan Ateis, seperti (China, Jepang, Korea Selatan).

Dari tahun 2013-2018. Bangsa Israel telah memiliki 18 startup Unicorn,

20 startup lainnya segera menyusul menjadi Unicorn pada tahun 2020-2022. Ini cukup membuat banyak orang diseluruh dunia kagum terhadap Israel, karena hanya sedikit saja negara yg mampu mencapai prestasi sehebat ini.

Perkembangan industri revolution 4.0 di Israel terus berkembang. Memberikan sumbangsih bagi devisa negara berbintang Daud tersebut.

Pada tahun 2018. CADEV (Dompet Cadangan Devisa negara Israel mencapai $ 114 miliar dolar atau sekitar 1.675 triliun rupiah yg dikendalikan oleh lembaga dinas rahasia agen intelijen MOSSAD.

Artinya, ini hampir setara mendekati dompet CADEV yg dimiliki oleh pemerintah Indonesia yg dikendalikan oleh menteri keuangan Sri Mulyani yg berkisar diangka $ 115 miliar dolar.

Berikut adalah 13 perusahaan terbesar & terkaya di Israel dari antara 6.092 perusahaan, industri dan startup yang ada di Israel.

Penasaran, yuk mari kita simak ya…?

NB : Kurs dolar = Rp 14.700 Rupiah.

1]. Teva Pharmaceutical
Teva Pharmaceutical adalah perusahaan multinasional yang bergerak dibidang produsen obat-obatan generik, antibiotik, obat Parkinson, obat diabetes, dan berbagai macam obat-obatan kesehatan lainnya. Teva memperkerjakan 40.000 karyawan. Pendapatan kotor Rp 308 triliun rupiah per tahun.

2]. Check Point Software
Check Point Software adalah perusahaan cyber yg menyediakan perangkat lunak, keamanan cyber attack, software, keamanan jaringan, manajemen keamanan dari serangan hacker, cracker dan malware. Pendapatan kotor Rp 27 triliun rupiah per tahun.

3]. Gilat Satellite Networks
Gilat Satellite Networks adalah perusahaan yg menjual dan menciptakan stasiun satelit VSAT dan peralatan-peralatan satelit terkait. Produk terkenalnya adalah SkyEdge.

4]. Israel Aerospace Industries (IAI)
IAI adalah perusahaan yg menciptakan pesawat tempur drone, rudal, avionic, sistem pengintai mata-mata dari luar angkasa, perisai, robot UGV, dan berbagai alat-alat persenjataan modern berteknologi tinggi. 100% saham IAI dikuasai oleh pemerintah Israel. Pendapatan kotor Rp 40 triliun rupiah per tahun.

5]. Al EL Airlines
AL EL Airlines adalah perusahaan maskapai penerbangan. Operasinya menghubungkan 36 negara. Mulai dari Africa, Asia, Amerika, Eropa dan sebagian Timur Tengah seperti Mesir dan Yordanian yg telah menjalin perdamaian dengan Israel.

6]. Strauss Elite
Strauss Elite adalah perusahaan yang bergerak dibidang makmin (makanan minuman). Strauss berjualan minuman kopi, susu, cokelat, snack kering, salad, ice krim dan makanan sehat lainnya.  

7]. Delek Group
Delek group adalah konglomerat yang bergerak dibanyak bidang seperti menyediakan teknologi air, desalinasi air, real estate, infrastruktur, otomotif, kimia, pembangkit energi listrik, dll. Pendapatan kotor Rp 22 triliun rupiah per tahun.

8]. Delta Galil
Delta galil adalah perusahaan produsen pakaian pria, baju wanita, anak-anak, bra, kaos kaki, pakaian bayi, pakaian santai, pakaian tidur, kain rajutan, pita, hiasan, dll. Delta galil memperkerjakan sekitar 10.000 karyawan menggunakan mesin tekstil otomatis.

9]. Elbit Systems
Elbit system adalah perusahan persenjataan yg bergerak dibidang C4ISR, pesawat tanpa awak, elektro optic, artileri, peperangan elektronik, sinyal intelijen, robot tempur, data link militer, bom, tank, Meriam tank, amunisi pemboman, dll. 49% saham Elbit System dikuasai pemerintah Israel. Pendapatan kotor Rp 44-45 triliun rupiah per tahun.

10]. Bank Leumi
Bank Leumi bergerak dibidang jasa perbankan. Memiliki kantor cabang di Amerika Serikat, Meksiko, Uruguay, Rumania, China, Kanada, United Kingdom, dan Uni Eropa. Pendapatan kotor Bank Leumi Rp 70 triliun rupiah per tahun.

11]. FIBI Holding
Fibi Holding adalah perusahaan yg menyediakan jasa perbankan korporasi, perbankan pasar menengah, perbankan swasta, pinjaman, transaksi valas, instrument keuangan, sekuritas, layanan perdagangan, investasi untuk investor, dll. Pendapatan kotor FIBI Holding Rp 19 triliun per tahun.

12]. Harel Insurance Investments & Financial Services
Harel Insurance adalah perusahaan jasa asuransi. Pendapatan kotor Rp 74 triliun rupiah per tahun.

13]. Intel Corporation
Intel Corporation adalah perusahaan yg berpusat di Amerika Serikat dan Israel. Intel pertama kali didirikan oleh founder seorang berdarah Yahudi. Intel menciptakan teknologi mikroprosessor, kartu jaringan, chip, sirkuit terpadu, dan produk semikonduktor. 10% bagian Intel telah pindah ke Israel. Hanya menunggu masalah waktu bagi Intel untuk pulang kampung sepenuhnya dari Amerika Serikat ke lokasi asalnya di Israel. Pendapatan kotor Intel sebesar Rp 940 triliun rupiah per tahun.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU

0 Response to "13 perusahaan terbesar dan terkaya di Israel 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel