Inilah 6 Tips Mengatasi Touchscreen Error yang Sering Terjadi Pada Smartphone


Permasalahan tentang touchscreen error memang sudah biasa terjadi pada hampir semua jenis smartphone. Apalagi saat ini hampir semua jenis smartphone sudah berbasis layar sentuh. Dimana sistem pengoperasiannya sudah tidak perlu lagi menggunakan keypad, namun langsung menyentuh di layar. Tentunya sistem pengoperasian berbasis touchscreen ini memang sangat memudahkan semua penggunanya.

Namun dibalik semua kecanggihan yang dimunculkan pada smartphone saat ini, tidak lepas dari berbagai permasalahan dan keluhan. Para pengguna smartphone tidak sedikit yang mengeluhkan tentang touchscreen error, mungkin kamu adalah salah satunya. Kejadian seperti itu bukan berarti smartphone kamu sudah rusak ya, bisa saja hanya terjadi beberapa error yang masih bisa diatasi. Berikut adalah tips dan trik untuk mengatasi masalah touchscreen hp yang error.


Periksa RAM Pada Ponsel Android
Ketika tiba-tiba touchscreen kamu sedang error, maka tidak perlu langsung panik. Karena tidak semua penyebab touchscreen eror itu dikarenakan hardwarenya rusak. Bisa jadi itu hanyalah error yang terjadi pada antarmukanya saja. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah periksa bagian RAM nya. Jika RAM kamu penuh dengan aplikasi-aplikasi, maka hapus saja beberapa yang dianggap tidak penting. Bisa jadi eror tersebut dikarenakan ruang RAM hp kamu penuh.

Lakukan Restart Pada Smartphone
Ketika tiba-tiba terjadi error pada bagian touchscreen hp kamu, maka tips paling mudah untuk membuatnya normal kembali adalah dengan cara melakukan restart dengan segera. Itu adalah cara paling mudah, karena bisa saja sistem hp kamu sudah terlalu lelah atau banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sehingga memunculkan tindakan-tindakan touchscreen yang ngaco alias error.


Mengaktifkan GPU 2 Rendering
Tips dan trik mengatasi touchscreen eror yang selanjutnya adalah dengan mengaktifkan mode GPU 2 Rendering. Bisa jadi penyebab terjadi eror pada touchscreen smartphone kamu adalah karena adanya masalah pada sektor transisi. Dengan mengaktifkan GPU 2 Rendering akan membuat elemen antar muka terlihat jauh lebih ringan dari sebelumnya. Cara memasangnya yaitu dengan masuk ke settings, kemudian developer option, dan klik Force GPU 2 Rendering, selesai.

Masuk Ke Safe Mode
Apabila touchscreen kamu belum juga benar, maka sudah saatnya masuk ke tips yang keempat, yaitu masuk ke safe mode. Mode dimana smartphone kamu hanya akan menjalankan menjalankan aplikasi bawaan saja. Sehingga sistem operasi juga akan terasa jauh lebih ringan. Caranya juga sangat mudah. Tinggal tekan tombol power saja, kemudian pilih dan tekan yang lama opsi pada power off, nanti akan muncul reboot safe mode lalu tekan OK. Dijamin setelah masuk ke safe mode touchscreen eror bisa segera teratasi.


Melakukan Factory Reset
Langkah terakhir adalah dengan melakukan factory riset. Memang diperlukan beberapa persiapan sebelum melakukan factory reset, seperti halnya mencadangkan semua file-file di smartphone yang kamu anggap penting, dan memperhatikan jaringan internet yang ada. Karena dengan melakukan factory riset berarti menghapus semua data di hp kamu, dan kembali lagi ke setelan pabrik awal. Jadi hp kamu akan terlihat seperti baru lagi dan pastikan sudah tersambung wifi. Karena akan kacau jika proses tersebut tidak berjalan dengan lancar.

Jangan Sembarangan Pakai Charger
Jika kalian pernah mengalami eror di bagian touchscreen pada saat hp discharge, maka hal tersebut bukan karena touchscreennya rusak. Namun bisa jadi hal tersebut terjadi, karena charger tersebut tidak cocok dengan sistem pengisian di android kamu. Maka dari itu, sebaiknya jangan saling meminjam charger, dan pakailah yang bawaan hp langsung. Sehingga tidak lagi terjadi touchscreen eror pada berbagai jenis smartphone.

Semoga bermanfaat ya. GBU

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel