Israel MetoMotion : Robot Pertanian Berbasis AI Pemanen Otomatis Tomat, Mentimun, Pare, dll


Hingga saat ini masih banyak petani memanen dengan cara di panjat dan di petik satu per satu dari satu tanaman ke tanaman lainnya.

Untuk beberapa kalangan kelompok petani skala menengah & skala besar yang menggunakan sistem rumah kaca greenhouse terkadang membutuhkan kerjasama dengan buruh pekerja untuk dibayar memetik buah.

Tapi mencari buruh yang mau dibayar murah untuk melakukan tugas tersebut sangat sulit.

Tentu ada banyak buruh bersedia bekerja. Tetapi buruh ingin dibayar mahal. Sedangkan kelompok tani tak sanggup membayar upah-nya yang tak sebanding dengan hasil panen.

ISRAEL ROBOT METOMOTION 

Pada tahun 2019. Diperkirakan ada sekitar 1.150.000 juta hektar lahan yang digunakan oleh petani untuk menanam tanaman sayuran dan buah-buahan produksi konsumsi untuk masyarakat.

Biaya tenaga kerja diketahui terdiri dari 30%-50%.

Itu cukup memberatkan bagi kebanyakan petani dan kelompok tani.

Ada cara sederhana mengatasi problem tersebut, yaitu melakukan semua tugas tani secara sendiri tanpa menyewa buruh/pekerja lainnya.

Ya, memang bisa. Tetapi tubuh, pikiran, jiwa dan raga terkuras habis. Akibat fatal yaitu petani bisa sakit-sakitan karena bekerja terlalu keras hanya untuk mendapatkan uang tak sebanding dengan usaha membanting tulang.   

Memenuhi permintaan peningkatan jumlah penduduk yang semakin meningkat. Tentu banyak orang mesti diberi makan.

Manusia tentu tak sanggup bekerja 24 jam. Maka serahkan saja tugas pertanian tersebut kepada robot.


METOMOTION adalah perusahaan teknologi robot asal Israel. Bekerja membantu petani dan pengusaha pertanian agar mengambil alih sebagian tugas buruh/pekerja padat karya.

Dengan cara ini mampu mempercepat kinerja. (Ya, robot bekerja 24 jam tanpa mengenal lelah) dan terbukti mengurangi biaya upah dimana artinya meningkatkan pendapatan sehingga petani dapat tersenyum.

ROBOT GROW 
Foto : Adi Nir
Metomotion didirikan oleh founder dari professor doktor Adi Nir dan didampingi oleh seorang anak muda bersemangat bernama Omer nir.

Foto : Omer Nir
Omer berasal dari lulusan Technion Israel Institute of Technology di bidang teknik pertanian. Sedangkan Adi Nir berasal dari lulusan teknik mesin, manajemen proyek & teknologi rekayasa sistem dari Technion Israel.

Produk robot Metomotion disebut GRoW (Greenhouse Robotic Worker).

Robot Grow menggabungkan kemampuan robotika canggih, 3D sistem visi, algoritma, artificial intelligence dan teknologi otomatis.

Sistem AI dan visi 3D mampu mendeteksi buah matang.

Youtube : Israel Metomotion

Adi Nir mengatakan :

Dengan robot GROW, kami telah memecahkan masalah paling rumit dengan cara cerdas, sederhana dan efektif. Sahutnya.

Sistem GROW dirancang terintegrasi ke dalam infrastruktur pertanian. 

Saat memanen, robot menghitung data pada tanaman. Menginformasikan kepada petani dan meramalkan hasil, membantu membuat laporan otomatis, peningkatan kontrol, secara keseluruhan menghemat 50% biaya tenaga kerja dengan ROI 2 tahun pengembalian.

PEMASARAN ROBOT 

Robot GROW telah digunakan di Israel untuk memetik berbagai macam buah. Seperti tomat, pare, paprika, mentimun, dll.

Rencana Metomotion kedepan memasarkan robot ini ke berbagai negara seperti China dan Uni Eropa. Harapan di tahun-tahun mendatang terjual 19.000 unit robot.

Robot GROW dapat pula dengan mudah diadaptasi untuk tugas padat karya lainnya seperti penyerbukan, pemangkasan daun, pemotongan batang dan pemantauan 24 jam sepenuhnya otomatis.

Nama : Metomotion

Produk : GROW

Kantor pusat : Israel

Alamat investasi & kerjasama bisnis : Metomotion.com

Youtube : Israel Metomotion

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel