Mengenal Lebih Dekat Alat CT Scan Berserta Fungsinya


Alat CT Scan mungkin masih asing bagi sebagian besar orang tetapi bagi seseorang yang bergelut di dunia kesehatan mungkin sudah tidak asing dengan alat yang satu ini. Alat ini sendiri bisa ditemukan dengan mudah di rumah sakit besar di Indonesia. Keberadaannya memang sangat penting untuk membantu masyarakat mengetahui kondisi kesehatan tubuh masing-masing.

CT scan sendiri merupakan salah satu jenis pemeriksaan yang menunjang dunia medis dengan memanfaatkan bantuan sinarX. Alat ini juga tidak boleh dioperasikan oleh sembarangan orang. Hanya seseorang yang sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman saja yang bisa menggunakan alat ini.

Alat yang mempunyai ukuran cukup besar bahkan bisa melampau ukuran orang dewasa ini sudah dibekali dengan berbagai macam teknologi canggih didalamnya. Seseorang yang akan melakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat ini maka akan masuk ke dalamnya. Agar bisa memahami bagaimana fungsi dari alat ini, dibawah ini pengertiannya.

Mengenal Lebih Dalam CT Scan

Alat ct scan merupakan sebuah alat yang sudah dirancang untuk bisa menghasilkan foto bagian-bagian dalam tubuh seseorang, hasilnya tentu lebih akurat dan lengkap. Pasalnya hasil dari alat ini sendiri akan ditunjukkan dalam bentuk foto atau gambar irisan, sehingga akan memudahkan untuk dibaca. Bukan hanya itu saja, alat ini jjuga bisa digunakan untuk mendetekti kondisi kesehatan.

Dibandingkan dengan alat yang lainnya, CT Scan ini memang mampu menghasilkan pencitraan yang lebih bagus dan jelas. Pencintraan tersebut bisa meliputi berbagai macam area tubuh seperti tulang, kepala, pembuluh darah, hati, ginjal dan masih banyak lagi. Ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan oleh alat yang satu ini.


Dimana alat ini mampu mendiagonis adanya kelainan tulang ataupun otot seperti terdapatnya tumor pada tulang, hingga kelainan tulang. Bukan hanya itu saja, alat ini juga akan menentukkan dimana lokasi yang pasti terdapatnya sel kanker, bekuan darah ataupun infeksi sehingga bisa melakukan pengobatan lebih dini.

Tidak sampai disitu saja, alat ini ternyata juga memiliki kemampuan, untuk memantau bagaimana perjalanan sebuah penyakit atau bagaimanakan efektivitas sebuah terapi pengobatan. Bahkan alat ini juga mampu memberitahukan ada atau tidaknya pendarahan yang terdapat dalam organ tubuh seperti adanya pendarahan otak.

Produser Penggunaan CT Scan

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya apabila penggunaan alat CT scan ini memang tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang, wajib dilakukan oleh ahlinya. Proses pemeriksaan dengan menggunakan ct scan ini, biasanya hanya membutuhkan waktu 30 menit saja dan hasilnya juga akan mudah didapatkan.

Pasien juga tidak perlu mendapatkan perawatan inap di rumah sakit. Ketika dilakukan pemeriksaan, biasanya para pasien akan diberikan obat sedative yang berfungsi agar pasien tidak bergerak ketika tengah diobati. Jika pasien lebih banyak gerak maka hasilnya bisa tidak akurat.

Pasien yang akan menjalankan test ini sediri akan diminta untuk mengganti baju yang telah disediakan oleh pihak rumah sakit, serta diwajibkan untuk melepas semua logam yang ada didalam tubuh. Pasien langsung bisa berbaring di sebuah Rajang bergerak yang bisa melewati mesin besar berongga secara otomatis. Saat pemeriksaan berlangsung, pasien juga akan mendengar adanya suara gemuruh dari mesin.

Alat ini sendiri tenyata juga memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan alat lainnya, seperti mampu menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih akurat. Tidak adanya tindakan invasive untuk mengetahui bagaimana kondisi didalam tubuh, hingga waktu perekaman yang cukup cepat. Selain itu, alat CT Scan ini bisa di temukan dengan mudah di rumah sakit besar.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel