Israel Tel Aviv dan MIT Technion Masuk Peringkat 8 Universitas Terbaik Dunia untuk Kategori Pemimpin Founder Teknologi & Startup (2019)

3000 ribu tahun yang lalu. Bangsa Israel telah berdiri tegak di Timur Tengah.

Namun karena kesalahan & kelalaian pemerintahannya. Mereka hidup dalam penindasan bangsa Romawi. Pemerintahan Israel waktu itu akhirnya hilang tanpa kekuasaan selama ribuan tahun.

Menyebabkan banyak penduduk nenek moyang dari suku Yahudi mengungsi eksodus ke seluruh penjuru dunia akibat kekejaman bangsa Romawi mengusir mereka dari kampung halaman.

Di berbagai tempat pengungsian. Orang-orang Yahudi imigran mengalami penindasan, penganiayaan, antisemit, kekejaman, dan progrom.

Suatu ketika tahun 1900, dipelopori oleh Theodor Herzl dan Rothschild berinisiatif mendirikan gerakan politik Zionist dengan tujuan utama mengembalikan rakyat yang telah terdiaspora dan membangkitkan kembali pasukan pelindung IDF (Israel Defense Force) yang telah lama tertidur pulas. Termasuk membangun ulang sebuah negara bintang Daud Israel.

Pada saat pembantaian Holocaust 6.000.000 juta orang Yahudi oleh presiden Hitler, NAZI Jerman.

Memaksa orang-orang Yahudi bertekad bulat mendirikan negara Israel di tanggal 14 Mei 1948 dengan menyogok dan melobi kerajaan United Kingdom (Inggris) melalui deklarasi Balfaour.

Tel Aviv Universitas dan MIT Technion

Sebuah pondasi langkah pertama untuk menciptakan sebuah negara Israel yaitu melalui jalur peningkatan skill SDM pendidikan & ilmu pengetahuan.

MIT Technion adalah institute riset pertama Israel yang didirikan oleh gerakan Zionist melalui Albert Einsten pada tahun 1912 selama kekaisaran Ottoman.

Jurusan ditawarkan meliputi teknologi, kedokteran, ekonomi, sains, arsitektur, komputer, bioteknologi, molekuler, listrik, mesin, teknik, matematika, dan banyak lagi. Termasuk ilmu persenjataan.  


Foto : Israel Technion
Hanya di Technion. Terdapat catatan ilmu pengetahuan rahasia milik ilmuwan Albert Einsten yang dijaga ketat oleh pemerintah Israel. 

Bagi teman-teman belum tahu. 

Albert Einstein adalah tokoh ilmuwan fisika Yahudi penemu teori relativitas, mekanika kuantum, efek fotolistrik, kesetaraan massa energi  E = m c2, Big bang, senjata bom atom, dan banyak lagi.  

Foto : Albert Einstein
Di Technion pula terdapat berbagai catatan penting ilmu pengetahuan dari ilmuwan-ilmuwan Yahudi lulusan Technion yang meraih gelar pemenang hadiah Nobel. Melalui arsip rahasia terlindungi dari ilmuwan-ilmuwan Yahudi menjadi panduan penuntun bagi anak-anak bangsa Israel berakselarasi mengembangkan pengembangan pedoman rumus ilmu pengetahuan lebih mutakhir nan canggih dari sebelumnya. Dimana banyak negara kebingungan, tertinggal atau bahkan terhenti ilmunya berputar-putar disitu saja akibat tak adanya kehadiran akses rumus rahasia ini.

Berbagai rumus buatan ilmuwan Yahudi hanya ada di Israel. Mereka menggunakan kode, bilangan, angka dan huruf unik tersendiri terpisah dari informasi dunia luar. 

Sejak pendiriannya. Technion berhasil menghasilkan lebih dari 100.000 professor doktor.

Menurut Pitchbook, banyak pemimpin perusahaan industri dan founder startup sukses bertaraf internasional ternyata muncul dari lulusan sarjana Tel Aviv, Technion, Hebrew Jerusalem dan Ben Gurion asal Israel.

Youtube : Israel  Technion

Ada 4 universitas terbesar di Israel menduduki top 50 besar dunia untuk kategori lulusan entrepreneur wiraswasta sukses meraup jutaan dolar sampai miliar dolar.

Yaitu :

Universitas Tel Aviv menduduki peringkat 8 terbaik di dunia.  

Technion menduduki peringkat 14.

Universitas Hebrew Jerusalem menduduki peringkat 34.

Universitas Ben Gurion menduduki peringkat 49.

Jika dipandang dari segi ukuran, jumlah mahasiswa pendaftar baru terbanyak, dan pendapatan income universitas. Universitas-universitas Israel selalu menduduki posisi peringkat buncit dibanding universitas bergengsi lainnya.

Namun untuk kategori universitas pencipta banyak ilmu baru, pemegang banyak paten baru, dan penghasil banyak lulusan sarjana pebisnis handal. Universitas-universitas Israel dikenal terbukti unggul pencetak miliarder dan pencipta perusahaan handal nan sukses.


Foto : Technion Israel
Pada tahun 2019. Israel memiliki 633 perusahan besar bertaraf global, 26 startup unicorn, 6.402 startup, 458.162 UKM mikro, 63.791 UKM small dan 16.821 UKM medium.

Universitas Tel Aviv adalah tempat pendidikan terbesar di Israel, menawarkan 9 fakultas, 17 pusat pendidikan medis, 18 pusat seni, 340 pusat penelitian R&D, 106 departemen, dan 400 laboratorium. 


Foto : Technion Israel
Pendidikan Israel terus bergerak maju

Posisi teratas peringkat #1 masih ditempati oleh universitas Stanford Amerika Serikat.

#2 universitas of California, Berkeley Amerika Serikat. 

#3 Massashusetts Institute of Technology Amerika Serikat.

#4 universitas Harvard Amerika Serikat.

#5 universitas Pennsylvania Amerika Serikat.

Dominasi negara Amerika Serikat masih merajai universitas top dunia untuk kategori serupa.

Namun perlu ditekankan bahwa tiap tahun peringkat universitas-universitas di Israel terus meningkat menggeser dominasi universitas Amerika Serikat secara perlahan-lahan.

Prestasi mengagumkan untuk sebuah negara padang pasir di Timur Tengah yang masih baru berusia 71 tahun sejak kemerdekaannya. Telah sanggup menggeser banyak universitas-universitas bergensi di Amerika Serikat yang telah lama berdiri sejak 243 tahun.

Youtube : Israel Tel Aviv University

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel