5 Denominasi Agama Kristen Protestan Terbesar di Dunia (2019) Kharismatik, Pentakosta, Evangelis, Calvins, Lutheran


Agama Kristen secara keseluruhan merupakan kepercayaan terbesar #1 di dunia dengan jumlah pemeluk mencapai 2.390.708.000 miliar orang.

Kemudian disusul peringkat #2 oleh agama Islam dengan jumlah 1.824.259.000 miliar orang.

Lalu disusul oleh agama Hindu peringkat #3 sebanyak 1.166.936.000 miliar orang dan pemeluk atheis berada diperingkat #4 sebanyak 1.000.912.000 miliar orang.

Agama Kristen dibedakan lagi menjadi beberapa golongan. Yaitu Kristen Katolik, Kristen Ortodoks, Kristen Protestan, Kristen Koptik, Kristen Mormon, Kristen Saksi Yehuwa, Kristen Restorasionis, Kristen Pentakostal Keesaan, dll.

Kita tentu sudah paham bahwa gereja katolik adalah ‘Universal’.

Ajaran 1 katolik untuk seluruh dunia berlandaskan tafsiran magisterium berpusat di Roma, Vatikan.

1]. Kitab Suci 

2]. Tradisi suci seperti tanda salib

3]. Magisterium dan Katekismus.

Jadi Katolik ngga boleh sembarangan menafsirkan Alkitab karena terdapat otoritas berwenang yang dipimpin oleh Paus Benediktus.

Jumlah pemeluk umat Katolik diseluruh dunia menurut Agenzia (kantor berita resmi dari Vatikan) pada tanggal 21 Oktober 2018 berjumlah populasi sebanyak 1.299.059.000 miliar orang.


Agama+Kristen.jpg (560×420)

TOTAL JUMLAH PEMELUK AGAMA KRISTEN PROTESTAN

Ajaran Kristen Protestan pertama kali dicetuskan oleh bapak pendeta Martin Luther pada tahun 31 Oktober 1517.

Ini merupakan awal dari adanya reformasi Kristen Protestan.

Agama Katolik dan Protestan walaupun nampak terlihat sama dan punya Tuhan Yesus Kristus yang sama dan kitab hampir sama walaupun ngga mirip-mirip. Tetapi jika diamati ajaran mereka berbeda banget. Ya, berbeda sekali. Anda tak dapat menyamakan dan juga sulit membedakan antara Katolik dan Protestan.

Sejak bermula dari Martin Luther. Ajaran Kristen Protestan terus berkembang pesat dari tahun ke tahun di seluruh dunia. Pemeluk Kristen Protestan terus bertambah bahkan hingga merambah ke Indonesia.

Di dunia internasional. Kristen Protestan terpecah belah kembali terbagi-bagi menjadi 33.000 cabang denominasi aliran yang berbeda-beda. Tak dipungkiri. Kejadian terjadi pula di Indonesia saling bercabang-cabang.

Denominasi artinya adalah suatu kelompok dalam Kristen protestan yang diidentifikasi memiliki struktur, ajaran, ideologi, teologi dan doktrin berbeda sehingga menjadi titik balik mengapa terjadinya perpecahan di antara Kristen protestan hingga mencapai 33.000 cabang denominasi di seluruh dunia.

Pada umumnya sudah tak dipungkiri motivasi pandangan mereka saling berbeda-beda. Ada yang puas dan ada yang tak puas terhadap gereja yang satu dengan gereja yang lainnya. Sehingga memicu terjadinya perselisihan & pemisahan denominasi gereja hingga saat ini.

Dapat disimpulkan bahwa denominasi-denominasi yang ada di Kristen Protestan tercipta atas dasar pemikiran manusia. Yesus Kristus tak pernah merencanakan gerejaNya terpecah-pecah terbagi-bagi hingga bercabang-cabang aliran kepercayaan.

Terlepas dari pandangan dan kesimpulan diatas. Tujuan artikel ini hanya ingin memetakan sebuah informasi tentang pertumbuhan populasi Kristen protestan secara lebih mendetail.

Karena selama ini data internasional yang banyak digunakan oleh media sering menyatukan seluruh agama Kristen antara Kristen Katolik, Kristen Protestan, Kristen Ortodoks, Kristen Koptik, Kristen Anglika, dll dalam 1 data.

Jadi terkhusus data detail untuk agama Kristen Protestan berserta seluruh cabangnya yang terdiri dari 33.000 denominasi. Sesungguhnya ada berapa sebenarnya total penganut kepercayaan Kristen Protestan ini berdasarkan denominasi.


Kristen.jpg (736×494)

Berdasarkan dari berbagai sumber laporan.

Pada tahun 2018. Jumlah pemeluk dari total perhitungan seluruh denominasi agama Kristen Protestan mencapai 900.000.000 juta orang dari seluruh dunia.

Sebuah studi demografis yang komprehensif dari lebih 200 negara berdasarkan sensus dan survei populasi yang representatif. Menemukan indikasi dan analisa bahwa hanya ada beberapa aliran denominasi Kristen Protestan saja yang berjumlah pemeluk terbesar. Sisanya merupakan denominasi-denominasi skala kecil dengan jumlah anggota jemaat sedikit.

Data yang dipakai dibawah ini masih keluaran tahun 2011. Namun Beberapa ada data diperbaharui seperti dari Evangelis di tahun 2018. 

Berikut informasi 5 Denominasi Agama Kristen Protestan Terbesar di Dunia (2019)

1]. Kristen Protestan Kharismatik

Jumlah pemeluk : 305 juta orang

Total jumlah pemeluk Kristen Protestan di Indonesia pada tahun 2018 berada di angka kisaran 24.341.000 juta orang. Hampir sebagian besar denominasi dikuasai oleh Kharismatik dan Pentakosta.

Pendeta Kharismatik pada umumnya berkharisma, berwibawa, mereka aktif di media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube. Dll.

Orang-orang Kharismatik terlibat dalam pengalaman spiritual pribadi bersama Tuhan, berbicara dalam bahasa roh, pengurapan roh kudus, mujizat penyembuhan kesembuhan dan pengusiran setan.  

Pendeta paling berpengaruh di Kharismatik adalah Benny Hinn.

Allah Mahabesar, kaya, penuh berkat dan orang-orang Kharismatik yang beriman seharusnya juga akan mengalami kehidupan yang penuh berkat pula, kaya, sukses dan berkelimpahan uang & investasi. Bukan miskin namun berkemakmuran dan sukses.

Kharismatik percaya bahwa Allah adalah Bapa yang disembah sebagai Mahabesar.  Orang-orang Kharismatik menyembah Bapa dalam nama Yesus. Sedangkan Yesus cuman Tuhan. Yesus cuman anak Allah.

dan Allah Bapa Maha Besar lah yang patut disembah.  

Pusat terbesar Kharismatik ada di Amerika Serikat. 


Youtube : Kristen Protestan Kharismatik

2]. Kristen Protestan Pentakosta

Jumlah pemeluk : 279 juta orang

Agak sulit membedakan Pentakosta dan Kharismatik karena hampir mirip-mirip. Saya sebagai penulis juga masih kebingungan.

Bahkan karena semakin sulit dibedakan. Pusat studi Pewforum memasukkan denominasi ini secara bersamaan apabila ditotal keduanya (Kharismatik + Pentakosta) mencapai 584 juta orang pemeluk kepercayaan ini berdasarkan tahun 2011. 

Pentakosta menggunakan minyak urapan dalam penyembuhan ilahi, baptisan roh kudus, ibadah bersifat kekeluargaan, sering melakukan nubuat, pengusiran setan, pendeta sanggup mendengar suara Tuhan melalui bisikan secara langsung, dan musik menggunakan lagu modern dengan cara menari-nari, bertepuk tangan & melompat-lompat, nyanyian praise & worship sampai 2 jam, muzijat kesembuhan, berbahasa lidah.

Berdasarkan sejarah. Pentakosta berasal pertama kali dari Amerika Serikat pada abad ke 19. Percaya bahwa akhir zaman sudah dekat. Oleh sebab itu, Gereja membutuhkan pembaharuan dengan penyembuhan iman. 

Di Indonesia. Pendeta paling berpengaruh di aliran Kristen Protestan Pentakosta adalah Gilbert Lumoindong, Yesaya pariadji, Philip Mantofa, Niko Njotorahardjo, dll.  

Denominasi pentakosta pertama kali hadir di Indonesia dibawakan oleh 2 keluarga asal Amerika Serikat yang menumpang di kapal Suamaru menuju Jakarta pada tanggal 4 Januari 1921. 

Menurut PEW. Perkembangan pertumbuhan Kharismatik & Pentakosta berkembang sangat sangat cepat sekali. 

Banyak orang-orang Kristen dari denominasi lainnya pindah ke denominasi ini yang terkesan begitu modern dan pencahayaan lightining yg mewah. 

1 Korintus 14 : 2

Siapa yang berkata kata dengan bahasa roh tidak berkata-kata kepada manusia. Tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya oleh roh ia mengucapkan hal hal yang rahasia.


Youtube : Kristen Protestan Pentakosta


Youtube : Kristen Protestan Pentakosta


Youtube : Ibadah Kristen Protestan Pentakosta

3]. Kristen Protestan Evangelis

Jumlah pemeluk : 166 JUTA ORANG

Evangelis atau Evangelical. Secara eksklusif evangelis artinya menjadi Kristen, kelahiran kembali dan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan Kristus Mesias.

Evangelis menitikberatkan Alkitab dan keselamatan oleh kasih karunia hanya melalui iman di dalam YESUS KRISTUS dalam Tritunggal.

Di Indonesia. Jumlah pemeluk Kristen Protestan Evangelis berkisar diangka perkiraan 1.094.000 ribu orang saja. Tersebar terbanyak di pulau Kalimantan, Jakarta, Surabaya dan Maluku. Membentuk angka 3% saja di Indonesia. Selebihnya dikuasai oleh Pentakosta & Kharismatik. 

Membedakan antara Evangelis dengan Kharismatik + Pentakosta sebenarnya agak sulit juga karena hampir mirip-mirip. Namun baru terlihat dalam tindakan seperti berbahasa lidah roh dan mujizat kesembuhan.

Pendeta Evangelis tak pernah sekalipun melakukan mujizat kesembuhan, tak pernah berbahasa roh, tak pernah menggunakan minyak urapan, tak pernah mengadakan KKR, tak pernah mengusir iblis. Kecuali mendoakan orang-orang atau saling berdoa dan memberitakan kabar baik Alkitab atau melaksanakan konser puji-pujian (paduan suara).  

Di dunia internasional. Pemeluk Evangelis membentuk sekitar 7% dari total Kristen protestan.

Evangelis kebanyakan berasal dari Amerika Serikat, Australia, Guatemala, Honduras, Jamaika, Selandia Baru, Nigeria, Finlandia, Papua Nugini, dll.

Pusat terbesar Evangelis ada di Amerika Serikat. 

Penulis artikel ini Afrid Fransisco adalah seorang Kristen Protestan Evangelis.

Pendeta paling berpengaruh di Evangelis adalah Billy Graham.

Youtube : Gereja aliran Kristen Protestan Evangelis

Youtube : Denominasi aliran Kristen Protestan Evangelis


Youtube : Denominasi aliran Kristen Protestan Evangelis

5]. Kristen Protestan Calvins

Jumlah pemeluk : 100 JUTA ORANG

Calvinist adalah aliran denominasi gereja yang berakar dari ajaran John Calvin yang berasal dari Ferancis. Negara sebelah Jerman dimana reformator gereja Martin Luther berasal.

Pada hakekatnya ajaran Calvins dan Lutheran hampir mirip. Hanya saja liturgi dan sistem organisasi saja yang berbeda.

Ajaran Calvins berkembang pesat di benua Eropa dan Uni Eropa.

Karena Indonesia dijajah oleh Belanda. Secara praktis banyak gereja di Indonesia menganut Calvinst.

Pendeta terkenal di Indonesia aliran Calvins adalah Stephen Tong.

Youtube : Gereja aliran denominasi Calvins

5]. Kristen Protestan Lutheran

Jumlah pemeluk : 75 JUTA ORANG

Lutheran adalah aliran denominasi gereja yang berakar pada ajaran Martin Luther pada abad ke 16 yang berasal dari Jerman.

Denominasi ini menolak ajaran hasil perbuatan amal baik manusia, menolak keberadaan Paus, menolak tradisi diluar Alkitab dan menolak tata ibadah sakramen tertentu.

Agama Kristen Protestan Lutheran terbanyak ada di Jerman, Swedia, Norwegia, Denmark, Finlandia, Eslandia, Latvia, Namibia dan Australia.

Di Indonesia. Contoh aliran Lutheran seperti Gereja Banua Niha Keriso Protestan, Gereja HKI Huria Kristen Indonesia, Gereja Kristen Protestan Simalungu, dll.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel