Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

X38 Combat, Kapal Tempur Kecil Cabe Rawit Milik Indonesia (2013)

Siapa bilang Pertahanan Laut Indonesia lemah., sekarang lihatlah..? Dengan baru buatan PT Lundin Industry Invest di Banyuwangi, Jawa Timur. Kita (Indonesia) kembali diperkuat lagi oleh… 

X38 : “Si Kapal Tempur Kecil Kecil Cabe Rawit”

Sebagai Informasi saja buat anda. 


X38 dimiliki oleh TNI Angkatan Laut atau Kopaska yg sering kita kenal sebagai Komando Pasukan Katak khususnya pada Detasemen 6 Satkopaska.

Jika Anda melihat Foto diatas desainnya terlihat kecil aja tapi coba perhatikan baik baik, desainnya mirip seperti siluman dan terlihat begitu cetarmembahana halilintar.


Ukuran Kecil Tak Berarti Kapalcinta.gif (94×34)

Jangan Remehkan ukurannya yg kecil…,
Tapi cobalah anda lihat kedahsayatannya. maingitar.gif (86×58)

Tahukah Anda dia bisa melesat hingga kecepatan 40 KNOT. Dan itu Artinya Kecepatannya begitu cepat banget dilaut. Hasil ini udah dicoba di Peragaan di Nusadua, Bali, pada KTT ASEAN ke 19.

Spesifikasi 

Tubuhnya dibuat dari Fiberglass Komposit yg sudah di Vakum melalui Resin Infus dan juga dilapisi dgn Balsa dan Divinicell dari Kerjasama dgn Swedia. Mesinnya menggunakan Marine Diesel VTG 400 PK yg juga berkerjasama dgn Swedia. mataharitersenyum.gif (19×19)

Baca juga :

Untuk Radarnya sendiri menggunakan Speed-log, echo Sounder, dan Chart Plotter

Orang Manado biasanya sering banget ngelihat sosok kapal ini dan sering menyebutnya dgn “BLACKSHIP” Disebut Blackship, Karena desainnya yg serba hitam dan persenjataannya yg dilengkapi dgn FN.M-60 GPMG berkaliber 7,62 mm. dan disisi lainnya terpasang 1 Unit Peluncur Granat Kaliber 40 MM yg terlihat sangat galak. Selain itu seluruh personilnya yg berjumlah 14 Tentara Black yg selalu menggunakan baju serba Hitam yg Siap Tempur siap Menjaga Kedaulatan Indonesia. GBU