Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelemahan SEO Platfrom Blogger di Sisi Perbandingan dengan Wordpress (2015)

Kemaren, Saya sempat Menulis Artikel Tentang Kelemahan Blogger dan Wordpress.org di Sisi Penggunaan. Saat ini, Kedua Platform untuk Pembuatan Blog ini adalah yg Terbaik di Seluruh Dunia. Emang ya, Kedua-duanya Punya Kelemahan dan Kelebihan Masing Masing.

Tapi, di Artikel ini saya Pengen membahas bagi Anda. Dari Sisi Kacamata SEO (Search Engine Optimatization). Hem.., Penasarankan. Yuk Kita Simak Artikel ini ya. Siapa tahu Bermanfaat bagi Anda.


1]. Blogger Semakin Mengejar
Pada Tahun 2015 ini, perkembangan Platfrom Blogger/Blogspot milik Google. Udah Masuk Tahap SUPER SEMPURNA. Jika Platfrom Wordpress.org di Kerjakan secara Keroyokan oleh Berbagai Macam Developer dari Seluruh Dunia. karena menganut Sistem Open Source.

Di Blogger Cuma di Kerjakan oleh Google Seorang Diri. Tapi semakin hari Blogger.com sudah semakin matang. Beberapa Kode-kode dan Setelan SEO yg Tertinggal dari Wordpress.org kini udah bisa dikejar oleh Google Seorang diri. Ini Menurut Saya Luar Biasa banget ya. Apalagi Baru Baru ini Pada Tahun 2015, Google juga Sedang menciptakan Project Polymer.

Bagi Anda yg Belum Tahu, Project Polymer saat ini Sedang di Kembangkan Google. Ini Lebih dari yg Bisa Kita Bayangkan. Suatu saat nanti dengan Layanan Google. Kita bisa membuat Website Berbasis Aplikasi Android yg Lebih Canggih dengan Lebih Mudah dan Tentu Saja GRATIS seperti Ciri Khas Google Biasanya. Google berjanji memperkenalkan Project Polymer Tahun 2016 nanti. Jadi di Tunggu aja Kejutannya.  

Nah kembali ke Topik Tentang Perbandingan SEO Blogger dan Wordpress. Siapa yang Paling Bagus dari Sisi SEO (Search Engine Optimatization).

Wordpress.org Tetap Masih Juara #1
Jika saya lihat dari Sisi Pemprograman SEO. Blogger dan Wordpress.org. Mereka Berdua Sama Sama Kuat di Sisi SEO.

Emang ya, Wordpress.org di dukung oleh Plugin. Sedangkan Blogger.com ngga mendukung. Cuma ini aja Kelemahan Blogger.com. Tapi kalau Cuma pengen ngeblog Tanpa embel-embel Plugin. Blogger.com udah bisa melayani.

Kalau di Wordpress.org, Keamanan adalah Tanggung Jawab Anda Sendiri, Di Wordpress.org Penyimpanan juga mesti bayar.

Kalau di Blogger/Blogspot.com, Keamanan Security di Tanggung Google, Update atau Upgrade akan Otomatis di Lakukan Google. dan Penyimpanan adalah GRATIS. (NB : Dengan Syarat Foto/Gambar ngga melebihi 16 MP dan Video ngga melebihi durasi 15 Menit. Jika Melebihi Angka Tersebut, Penyimpanan Blogger.com di Batasi Hingga 15 GB. Lebih dari itu biasanya Google meminta Bayaran. Tapi Kalau Kurang dari Ketentuan Tersebut. Kita bisa menyimpan data di Blogger sebanyak-banyaknya tanpa dipungut biaya).  

Blogger.com Mengalami Masalah Server Panas
Server+Google.jpg (605×404)

Blogger.com memang semakin baik. Tapi Kelemahan SEO Blogger ada Tinggal 1 aja Lagi di Bandingin ama Wordpress.org. Yaitu Masalah SERVER yg PANAS.

Coba deh ya kita bayangi, Ada berapa banyak orang yg menggunakan Layanan Blogger.com yg Gratisan Tersebut. Terus ada Berapa banyak orang yg mengakses ke Blogspot untuk mencari informasi di seluruh dunia.

Afrid akui Google emang ahli dalam urusan Penyimpanan Data (Cloud Computing). Karena dari Data Tersebut-lah Google mendapatkan Uang. Sehingga Seluruh Data dan Dokument di Seluruh Dunia Bisa Google Kumpulkan Seorang Diri di Dalam Server-nya. Walaupun Google memberikan Penyimpanan Data Cloud Hosting Gratis Kepada Kita.

Tapi yg Jadi Pertanyaannya. Bagaimana dengan Akses SERVER. Apakah Google sanggup menanganinya Seorang diri. Padahal Tiap Hari, Ada Miliaran orang dari Seluruh Dunia yg Mengakses Blogger/Blogspot.

Afrid bisa menebak. Server Komputer Blogger/Blogspot pasti Panas Banget.

Tadi, Coba Iseng Iseng Browsing. Nyoba ngeliat Ruangan Server Google. Ternyata Dugaan Afrid Benar Banget. Ruangan Server Blogger Ternyata Di Penuhi Pipa Air. Pipa Air ini ada yg Berwarna Biru yg Artinya Air Dingin, Warna Kuning artinya Air Hangat, dan Pipa Warna Merah adalah Air Panas. Tujuan Pipa ini adalah untuk Mendinginkan Server. 

google-data-centers-servers-8.jpg (605×404)

Bayangin deh, Miliaran orang Setiap Hari. Mengakses Layanan Blogger/Blogspot. Apa ngga panas ya itu Server Komputernya. Yang Pastinya sih Panas. He he…,

Selain dengan Menggunakan Pipa Pendingin. Untuk Meredakan Tingkat Kepanasan Akses Tersebut. Saya juga menduga Google Menggunakan Cara yg disebut Dengan “Bagi-Bagi”.

Apa itu maksudnya ya..? Maksudnya adalah untuk meredakan Server. Google akan membagi bagikan Traffik Blog Anda dengan Traffik Blog Orang Lain. Berdasarkan Peringkat di Google Webmaster (Sekarang Namanya Google Search Console).

Jadi Artinya Kayak Gini. Si Blog A akan mendapat Jatah Akses Gratis Sebesar 20 Gigabyte Perbulan. Si Blog B berdasarkan Peringkat Search Consolenya akan dapat Jatah Akses Gratis 100 Gigabyte Perbulan. Si Blog C karena Rajin Mencari Backlink Berkualitas dan Mengikuti Pedoman Mutu Google yg Baik dan karena Rajin Menulis maka di beri Jatah Akses Gratis oleh Google Sebesar 160 Gigabyte Perbulan.

Jadi, Tiap Blog. Masing Masing Orang akan Punya Data Akses Sendiri Sendiri Berdasarkan peringkat SEO masing masing. Ini Ngga Bisa di Lihat oleh Kita karena hanya bisa di Lihat oleh Karyawan Google Sendiri. Jadi Karyawan Google punya Tampilan Google-Search-Console yg berbeda dengan Tampilan Search-Console yg Anda miliki.

Kesimpulan

Semakin banyak orang yg menggunakan Platfrom Blogger/Blogspot. Berarti Artinya Semakin panas server Google. Akibatnya, Google pun membatasi Traffik Anda dan Membagi-bagikan Traffik Anda dengan Traffik Blog yg lainnya. Sehingga untuk mendapatkan Pengunjung yg banyak dari Blogspot/Blogger. Membutuhkan usaha yg lebih keras.

Oh ya, Terkadang. Karena Semakin Panasnya Server Google. Kadang Blog Anda Bisa mengalami Kesalahan Server karena Keberatan dan Kepanasan. Sehingga ini ngga baik buat SEO. Imbasnya. Bisa menghasilkan Galat dengan Kode Tanggapan 503.

Wordpress.org Pilihan SEO Paling Tepat
Agar Pengunjung Blog Anda Bisa Ramai dengan Usaha yg Ringan.  

Sebaiknya. Gunakan Wordpress.org. Dengan Menggunakan Wordpress.org ngga ada lagi deh yg namanya Server kepanasan dan Bagi Bagi Traffik Akses seperti yg Terjadi di Blogger. Ibaratkan Jalan Raya, di Blogger/Blogspot itu kayak Macet Total.

Sedangkan di Wordpress.org. Anda bisa memiliki Jalan Raya yg hanya ada Anda Seorang Diri. Jadi Anda bisa mengebut dengan Kencang. Dan Tentu saja Server Anda Dingin Banget. Karena yg Punya Server Anda beli Sendiri dan Punya Anda Sendiri.  

Untuk Menggunakan Wordpress.org : Anda di Tuntun untuk Membeli Domain dan Hosting. Saran Afrid, Belilah di Tempat yg Anda Percaya. Untuk Hosting Ada Baiknya Kita Memilih Kategori VPS. Bukan yg Standar Hosting.

Karena Kalau Milih yg Standar Hosting ya sama aja Bohong. Mending juga pakai Blogger/Blogspot.com malah dapat Penyimpanan Cloud Gratis lagi ya. Nah, di Standar Hosting Wordpress.org, Selain bayar Akses Hosting. Anda malah disuruh bayar Penyimpanan juga, malah rugi deh karena Kebanyakan Bayar. he he..

Kalau kita ngga bisa Pakai VPS (Karena Manajemennya Sulit). Pihak Penyedia juga menawarkan Alternatif VPS yg disebut CORPORATE HOSTING. Ada baiknya, Kita memilih Jumlah Akses Gigabytenya yg Paling besar. Sekitar 260 GB Per Bulan.


Artinya Dengan 260 GB. Server Wordpress.org anda bisa menjamin Jumlah Akses Pengunjung yg Lebih banyak dan ngga dibatasi seperti yg terjadi di Blogger/Blogspot.com. Di Wordpress.org, Jumlah Akses yg Membatasinya cuma Seberapa sanggup Anda membayar ke Pihak Hosting ya.

Baca juga

Kritik dan Saran untuk Blogger.com
Blogger.com juga udah bagus SEO-nya menurut saya. Pihak Blogger.com juga memberikan Penyimpanan Cloud yg Gratis.

Tapi Kelemahan Blogger/Blogspot.com adalah Cuma tinggal 1 aja yaitu masalah SERVER-nya yg di gunakan banyak Orang. Memang dengan Menggunakan Blogger.com Anda juga bisa mendapatkan Pengunjung yg banyak. Tapi Butuh Perjuangan yg Extra Keras agar Google mau memberikan Akses Gigabyte yg Besar untuk Blog Anda berdasarkan Pedoman Mutu Search Console. Semoga Bermanfaat. GBU