Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu agama Zionisme Kristen ( 2022 )

Selama ini banyak orang orang di seluruh dunia mengkaitkan bahwa zionisme selalu identik dengan orang orang Yahudi. 

Apakah benar seperti itu...?

Bapak Theodor herzl telah kental dikenal sebagai pemimpin Yahudi dalam gerakan mempelopori Zionisme, beliau memang berasal dari keagamaan Yahudi. 

Namun, tak selalu Zionisme dikaitkan dengan orang orang Yahudi saja. 

Zionisme ada 2 jenis. Yaitu :

1]. Yahudi Zionist. 

2]. Kristen Zionist. 

Yahudi zionist dan Kristen zionist memiliki prinsip yang hampir sama menyatakan bahwa Israel adalah tanah kelahiran mereka, tapi secara keagamaan, kedua gerakan zionist ini berbeda secara doktrin, teologi, budaya dan ajarannya. 

Pada intinya, Kristen Zionist adalah orang orang ( non-keagamaan Yahudi ) yang mempercayai bahwa tanah kelahiran mereka di Israel berdasarkan sejarah Alkitab dari janji yang terikat dengan Abraham dan mengklaim bahwa Yesus Kristus yang ada di kitab perjanjiaan baru adalah Tuhan & Messiah, Sedangkan agama Yahudi Zionist menolak Yesus Kristus. Itulah yang menjadi perbedaan paling signifikan. 

Di Israel, kehadiran agama Kristen Zionist merupakan minoritas sedangkan Yahudi Zionis merupakan golongan mayoritas yang membentuk arus utama. 

Pada ajaran kristen protestan umumnya mengutuk dan mengklaim bahwa gerakan keagamaan kristen zionist ini adalah sebuah aliran sesat. Iman kristen Anglikan melalui pendeta John stott menyatakan bahwa zionisme kristen dikutuk. Teologi Zionis kristen mendistrosi kekristenan. 

Perkumpulan gereja kristen protestan kharismatik pentakosta di Amerika Serikat turut pula menyatakan bahwa ajaran teologi Christian Zionisme memiliki dampak buruk.  

Termasuk dari denominasi Kristen protestan aliran cabang calvin reformed turut menyatakan bahwa ideologi keagamaan Zionisme Kristen adalah bentuk ekstrim dari dispensasionalisme yang mendasari sebagai distrosi dari pesan alkitabiah. 

Gereja Katolik sebagai universal keagamaan Kristen terbesar #1 di dunia dengan jumlah pemeluk 1,3 miliar. Secara tegas, Katolik tidak mendukung teologis keagamanan Kristen Zionisme dalam segala bentuk yang mendasarinya. 

Pemimpin dari gereja Ortodoks di Timur Tengah mengatakan bahwa umat kristen ortodoks menentang keberadaan Zionisme Kristen sebagai 'ajaran palsu' yang menyebabkan siklus kekerasan tanpa akhir yang merusak keamanan semua orang orang di Timur Tengah dan seluruh dunia. 

Yaakov ariel mengatakan :

Orang orang Yahudi sebagai orang orang gagal untuk mengenali dan menerima Mesiass sejati dan dengan demikian menghilangkan kehidupan abadi dan pedoman terhadap moral yang sehat. Sahutnya. 

Foto : Gedung kantor pusat keagamaan Zionisme Kristen di Yerusalem, Israel. 

Berikut profile agama Zionisme Kristen atau disebut juga Christian Zionisme. 

~ Nama : Zionisme kristen

~ Kantor pusat : Yerusalem, Israel

~ Tahun berdiri : 1969

~ Jumlah pemeluk : 800.000 ribu orang. ( mayoritas berada di Israel dan Amerika Serikat ). 

Di Israel, Kristen Zionisme walaupun hanya minoritas namun hadir dalam bentuk militer, bisnis, ekonomi, teknologi dan berpengaruh di politik walaupun tak terlihat secara aktif, tetapi melalui versi bentuk aktivitas lobi. Aliran ini terkoneksi pula ke jaringan Kristen Zionisme yang ada di Amerika Serikat. 

Mereka menyatakan bahwa kehadiran orang orang Palestina harus di usir sepenuhnya ( seluruhnya ) dari wilayah Israel karena hanya menghambat kedatangan Tuhan Messias ke 2 kali untuk kembali datang turun ke bumi dan demi memuluskan perencanaan pembangunan Bait Suci ke 3 sebagai awal dari penyambutan sang Messias dari sorga.

Nampak bahwa sesama aliran cabang denominasi umat kristen lainnya menghadirkan kontra ketidaksetujuan terhadap kehadiran 'zionisme kristen' tersebut.  

Jumlah terbesar keberadaan Zionis Kristen ada di Amerika Serikat, bagian kecil terdapat di Israel. Gedung kantor pusat utama ada di kota Yerusalem, Israel. 

Zionis Kristen tak beribadah pada hari minggu, melainkan di hari sabtu. Pada komunitasnya, mereka saling menggalang dana untuk meningkatan kesehatan, pendidikan, teknologi, infrastruktur, politik, finansial, mendanai pemukiman rumah di Israel, dll.   

Zionisme kristen adalah sistem keagamaan tanpa struktur formal fisik kelembagaan, namun terhimpun secara matang melalui persatuan ikatan non-fisik yang menggabungkan satu suara antara koneksi kekuatan pemikiran teologi, ideologi dan politik dalam himpunan kebersamaan dan keterikatan jiwa yang telah menganggap dirinya lahir baru di dalam tubuh dan darah Yesus Kristus.

Shari dari Zionisme Kristen di Amerika Serikat mengatakan : 

Kita tidak boleh berhenti sampai antisemitisme diberantas dan sampai Israel aman dan rakyatnya aman. Sampai saat itu, kami tidak akan tinggal diam, kami tidak akan pernah diam. Sahutnya. 

Youtube : Apa itu agama Zionisme Kristen

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.