Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Teknologi Monitor LCD yg Gelap (2013)

Mumpung hari ini kota saya lagi “Puanasss banget”. rasanya cocok banget ya kalau hari ini saya bahas buat anda tentang cara memperbaiki Monitor LCD yg tiba tiba gelap (Blank), terus juga ada bunyi teeeet (beep)……… 

Yupz, langsung aja ya Anda Simak..!

Mengapa MONItor Laptop Tiba Tiba GELAP…??

Biasanya masalah ini jarang banget terjadi ya…, 



Tapi saya percaya pasti ada aja orang yg pernah mengalami kerusakan kayak gini. Monitor tiba tiba Gelap, Ada bunyi Beep dan ngga mau ngerespon sama sekali padahal Monitornya ngga rusak lho ya. Nah, kemungkinan besar Komponen Hardware didalamnya yg rusak.
Cara Memperbaikinya : Kapalcinta.gif (94×34)
Jujur aja saya sendiri sih udah pernah ngalamin Pengalaman kerusakan yg kayak gini. Tapi ngga pernah nyoba sih tuk baikinnya sendiri, walaupun saya anak Jurusan Sistem Komputer tapi tetap aja Pengalaman Tukang Servis Laptop adalah Solusi Terakhir. makanpopcorn.gif (37×24)

Tapi buat anda yg pengen memperbaikinya sendiri. Dibawah ini ada solusinya yg saya ambil dari TNTKompu Teknologi ya :



#Langkah 1 : Bedah Laptop anda dan cabut Motherboard-nya, lalu cari jumper clear CmOS, posis normal jumper pada umumnya ada 1 dan 2, silahkan Anda pindahkan ke posisi 2 dan 3 lalu nyalakan komputer sebentar, lalu matikan lagi, lalu pindah lagi ke Posisi awal 1 dan 2 semangka.gif (17×10)

#Langkah 2 : Coba juga periksa Motherboard apakah ada error apa ngga pada Baterei CMOS-nya. Jika emang rusak/error. Belilah Motherboard yg baru atau baterai CMOS yg baru.

#Langkah3 : Periksa ulang pemasangan Hardware baru seperti DVD external, Sound Card Internal, VGA card, USB Drive, dan lainnya apakah terpasang secara baik apa ada yg lepas karena tergoncang apa ngga. Jika ada yg terlepas ya dipasangin lagi dong ya.

#Langkah4 : Kemungkinan ada Hardware baru yg baru dipasang oleh anda yg ngga kompatibel ama sistem laptop/komputer anda. Periksa juga spesifikasi lebih detail mungkin emang ngga cocok ama spesifikasi laptop anda sehingga nyebapin dia tiba tiba Blank



#Langkah5 : Coba Cek Power Supply apakah gelombang aliran listriknya stabil ataukah terganggu

Dll

Sebelumnya saya mohon maaf karena Pengalaman saya akan Teknologi Bedah laptop ama kurang ya jadi ngga bisa ngasih tahu banyak buat anda. Tapi setidaknya saya percaya artikel Langkah 1 dan langkah 5 yg saya dapat dari TNTKomputek ini mungkin bermanfaat buat anda yg juga mengalami masalah yg sama ya. pusing.gif (26×18)

Baca juga :

Jika Anda memang berani membedah Laptop sendiri, silahkan ikuti langkah diatas ya. Tapi jika emang ngga punya pengalaman seperti saya. Saya saranin ya ke ahli servisnya aja ya takutnya malah makin rusak gitu. He he…

Semoga bermanfaat ya. Makasih. GBU “-“