Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesawat Drone ulang tahun ke 5 (2013)

Tadi abis baca artikel dari Mas Efran Syah di Artileri.org, yg ngeceritain tentang 5 Tahun Serangan Drone milik Barrack Obama

Saat tulisan ini saya bikin buat Anda. Pesawat Drone udah memasuki usia 5 tahun. Artinya umurnya masih anak kecil tapi walaupun gitu selama usia 5 tahun tersebut, Drone AS udah banyak mengalami Peristiwa dan Sejarah penting.

Predator+Avenger.jpg (530×349)

Usia 5 Tahun Tapi Sejarahnya Sudah ”Banyak

pengendali+predator.jpg (500×333)

Bagi anda yg belum tahu nih, DRONE adalah Pesawat tempur yg bisa terbang tanpa pilot, biasanya disebut sebagai UAV yg dikendaliin melalui remote kontrol komputer didarat. Bandara atau Pangkalan Militernya mungkin ada di Afghanistan, namun pesawatnya bisa terbang hingga ke Iran ya. Tapi Sang Operator Justru ada di Tengah Lautan yg dikelilingi Kapal Induk Atau di Pangkalan Arizona. akutakut.gif (20×18)

5 Tahun yg Lalu
Predator+as.jpg (354×252)

CIA dibawah kepemimpinan Barack Obama. Berhasil mengirimkan Pesawat Robot yg bernama “PREDATOR”. Saat itu juga sang Predator mulai bertugas di Afghanistan untuk menggantikan tugas tentara manusia AS

Hasilnya… pusing.gif (26×18)

Selama 5 Tahun tersebut, sudah 2.400 Jiwa yg Meninggal dunia. Seperti yg dikutib dari The Bureau of Investigative Journalism (TBIJ), Amerika Serikat mengaku pernah salah sasaran ke 14 orang warga sipil dan sudah diganti rugi. Tapi, TBIJ merilis justru ada sekitar 800-951 warga sipil yg sebenarnya salah sasaran.

Kritikan dari PBB
predator+pesawat+pengganti+manusia.jpg (512×384)

Dalam Laporan PBB, Cara Penggunaan Robot yg dilakukan oleh Amerika ini menyita perhatian dunia karena ternyata banyak salah sasarannya. Bahkan untuk mengatasi kesalahsasarannya. AS membuka Kongres yg membolehkan Keluarga yg menjadi target salah sasaran untuk hadir di Kongres AS.


Baca juga :

Dimasa depan menurut PBB. AS harus transparan mengenai Korban Sipil dan mesti mengganti rugi kerugian tersebut. GBU.