Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Pesawat Sipil yg Pernah Jatuh karena Rudal Salah Sasaran (2014)

Akhir-akhir ini, banya berita di Televisi yg mengabarkan tentang Jatuhnya Pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370. Saat tulisan ini saya ketik, MH370 belum ditemukan. 

Byk orang beranggapan. MH370 Jatuh Karena Pihak Militer. Dikarenakan, Pilot tak ada memberikan sinyal SOS dan Radar pun hilang dalam sekejap. Menarik banget kita simak, karena dari Sejarah yg ada. Memang Pernah, Pesawat Sipil Jatuh karena Pihak Militer.

Ini dia, Daftar Pesawaat Sipil : Yg Jatuh karena Militer 

pesawat.jpg (527×351)

Yg Pertama adalah : berdukacita.gif (30×18)
Korea Air Lines

Peristiwa ini terjadi pada tgl 1 September 1983 pusing.gif (26×18)

Ketika itu, Pesawat ini terbang menuju Seoul. Korea Selatan. Tapi, Entah mengapa. Kru Pilot lupa menyetel Autopilot ke Mode HEADING. Seharusnya Mode INS. Akibatnya, Pesawaat memasuki jalur Zona Terlarang Pangkalan Rusia. Tanpa disadari oleh Pilot

Tak Pelak, Pilot sangat panik ketika mengetahui ada kesalahan mode INS. Sehingga Pilot tersebut mencoba mengembalikan jalur dgn benar dan mengontak Tokyo Control Tower. Sayang, semua Komunikasi terlambat. Jet Tempur SUKHOI SU-15 telah membelahnya menjadi 2 bagian. Menurut ATC, 240 penumpang dan 29 awak tewas saat itu juga.

Iran Air IR655

Kalau yg ini terjadi tgl 3 Juli 1988 akutakut.gif (20×18)

Hampir sama seperti diatas, Ini Karena Iran Air IR655 yg seharusnya menuju Tehran-Dubai. memasuki Zona Terlarang Perairan Kapal Tempur USS Vinceness milik Amerika Serikat.


Baca juga :

290 Penumpang meninggal saat itu juga karena Missile Attack Shootdown dari USS Vinceness. Terhitung hingga hari ini, AS meminta maaf dan menyesal atas Kesalahan Insiden Tersebut. USS Vinceness mengira, IR655 adalah Jet Tempur. Namun, Ternyata Penerbangan Sipil. GBU