Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Analisa Untung Rugi Bisnis Teknologi Ikan Aquaponik Skala Rumahan (2015)

Bagi Beberapa Orang. Memelihara Ikan adalah Hobi yg Mengasikkan. Ada 2 Kategori orang dalam memelihara Ikan. Yaitu Untuk Bisnis di Jual ke Pasar. Dan satunya lagi adalah orang yg memelihara untuk sekedar untuk hobi aja.

Nah, Kalau untuk Kategori Hobi. Ada 2 Kategori. Yaitu 1). Ikan Hias dan 2). Ikan Konsumsi. Biasanya banyak orang dalam Skala Rumah banyak yg memelihara versi IKAN-HIAS. Namun, saya Percaya dari beberapa Anda. Pasti ada juga yg pernah memelihara yg berjenis ‘IKAN-KONSUMSI”.

Teknik Aquaponik
ANALISA UNTUNG RUGI PELIHARA IKAN-HIAS
Saya sudah memelihara ‘Ikan” Sejak Kelas 4 SD Hingga masih Aktiv saat ini. Kesimpulan saya, memelihara Ikan-Hias Termasuk Berkategori Rugi. Soalnya ngga bisa kita makan sih. He he…, Terus tu biaya pakan, listrik, alat, Lampu Aquarium, Gelembung Udara, dll Termasuk menguras kantong juga ya.

Jika Anda Pecinta hewan dan berdompet tebal. Ngga ada salahnya hobi ini terus dipelihara. Walaupun menguras dompet tiap bulannya. Soalnya melihat ikan-ikan hias berenang. Ternyata bisa menghilangkan Stress. Dan Tentu saja TUHAN Senang dgn Anda. Karena Anda sayang ama Ikan-Ikan. He he… 


ANALISA UNTUNG RUGI PELIHARA IKAN-KONSUMSI
Untuk Ikan-Konsumsi ada 2 Kategori : 1) Ikan-Konsumsi Menggunakan Teknologi Aquaponik dan 2) Yg Biasa saja. 


Umumnya Pada Poin ke 2. Orang-Orang Memeliharanya di Kolam atau Terpal, dan entah mengapa 1 Minggu kemudian air kolamnya keruh banget. berwarna biru. Jika air ngga diganti. Maka Air menjadi Super Kotor dan banyak ikan-ikan yg mati. Hal ini menyebabkan kerugian.

Di Poin 1. Menggunakan Teknologi Aquaponik. Sehingga air-nya selalu bersih jernih bagaikan kristal. Bahkan hingga 100 Tahun Airnya ngga di ganti juga tetap Jernih. Kecuali kadang-kadang ada daun yg jatuh yg mesti diambil dan dibersihin dikit. Dibawah ini adalah Video Milik Saya (Dokument Pribadi)


Cuman yg perlu kita perhatiin adalah masalah penguapan matahari juga. diketahui matahari menyebabkan air berkurang 1% Tiap hari karena Penguapan di Kolam. Makanya Tiap bulan mesti nambah air-nya 30%/Bulan.

Oh ya, Kalau bicara Untung Rugi ya.

Yang Pastinya sih Asik aja kalau kita bisa memelihara, menangkap dan memasaknya sendiri langsung dari kolam milik kita sendiri.

Saya udah menganalisa hal ini. Ternyata rugi Memiliki Kolam sendiri. Karena di pasar harga-ikan bisa jauh lebih murah. Dibandingin kita memeliharanya sendiri. Saya juga heran kok bisa kayak gini ya.


Mengapa di Pasar bisa lebih murah ya. Jadi Kesimpulan saya bagi Anda yg baru memulai dan ingin memulai Memelihara-Ikan-di-Kolam-Sendiri. Mending ngga usah aja deh. karena Beli Ikan di Pasar Jauh lebih murah dibandingin memiliki Kolamnya sendiri.

Baca Juga :

PENYEBABNYA

Saya rasa Penyebabnya adalah adanya Permainan Harga-Pakan-Ikan. Saya beramsumsi. Peternak atau Petani-Ikan membeli Pakan dengan harga Istimewa dari Penjual Pakan. Dengan jauh lebih murah.

Sedangkan saya (Kita (Yg Bukan Petani/Petambak-Ikan) ngga dapat hak Istimewa tersebut. Jadi kalau saya (kita) membeli Pakan Tersebut. Harga “PAKAN” jauh lebih mahal.

Inilah yg Nyebapin Ikan-dikolam-sendiri’ bisa Lebih Mahal daripada Ikan-di-Pasar. Dan juga ada beberapa Faktor Penyebab lainnya. Seperti Persaingan Harga dgn Tangkapan Nelayan di Laut. GBU