Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Ternyata Pernah Menyerang Kapal Perang Amerika Serikat USS Liberty (2015)

Pada Saat Artikel ini Saya Tulis Bagi Anda. Negara Turki Kembali mengingat dan mengenang Peristiwa Penting Menyedihkan Tentang Tragedi Mavi Marmara. Pada Tahun 2010 yg Lalu. Negara Turki mengirimkan 6 Kapal yang di Peruntukkan untuk Bantuan Kemanusiaan untuk membantu negara Palestina dalam misi Freedom Frotilla. Namun entah mengapa Tentara Israel menyerang 6 Kapal ini dan Menyebabkan 19 Warga Turki meninggal dunia dan 50 Orang Terluka.

Saya Percaya. hampir semua warga Indonesia mengetahui Tentang Peristiwa Tragedi MAVI MARMARA ini ya. Karena Pada Saat Tersebut. Hampir semua Stasiun Berita di Indonesia menayangkan Tragedi ini. Namun Tahukah Anda. Kapal Mavi Marmara sebenarnya bukanlah satu-satunya Korban dari Kesalahan Israel ini. masih banyak juga Korban yg lainnya. Salah Satunya adalah Kapal milik Sahabatnya Sendiri dari Amerika Serikat USS LIBERTY.

Kisah Nyata USS LIBERTY di Serang Jet Israel

Kisah ini Bermula Pada Tanggal 8 Juni 1967.

Kala itu, Kapal Perang USS LIBERTY milik Amerika Serikat berlayar di Sepanjang Lautan di Mesir.

Sebelumnya, Negara Israel udah memberlakukan Larangan Keras. Siapa Saja yg Masuk Lautan Israel. Pasti di Tembak oleh Pasukan Israel.

USS Liberty milik Amerika Serikat memang saat itu ngga masuk wilayah lautan Israel. Dia hanya berada di Lautan Lepas di Sepanjang Negara Mesir di Sinai. Namun Radar dan Radio Komunikasi Israel bisa menjangkau lebih jauh hingga ke Lautan negara Lain. Sehingga Israel pun mendeteksi Kapal USS LIBERTY.

Yang Mengherankan Israel adalah Kapal USS LIBERTY ini Berjalan Terlalu Cepat melebihi 56 Km/Jam. Data Armada Pusat Pengendalian Operasi Israel Langsung merespon dengan mengirimkan 2 Jet Tempur yg Pada saat itu juga sedang Patroli.

Di Serang 2 Jet Tempur Israel
Pada Tanggal 8 Juni 1967 Jam 02.00 Siang.

2 Jet Tempur Israel yg Berlambang Bintang Daud. Tiba ke Lokasi,

Jet Tempur Israel ini di Pimpin oleh Kapten Iftach. melihat dari Jauh dan mengatakan memang benar Kapal ini Kapal Perang diidentifikasi jenis Perusak dengan 1 Cerobong Asap dan 1 Tiang. Dan Juga Memiliki bendera Amerika Serikat.

Namun, Israel ngga mudah percaya. Mereka menyangka itu Bendera Palsu.

Sontak Saja, 2 Pesawat tempur ini menembakkan Peluru ke Kapal USS LIBERTY. Banyak Tiang-Tiang dari Kapal akhirnya roboh, beberapa ada juga Dinding-Dinding Kapal yg Terbakar.

Foto Kenangan tragedi Serbuan Jet Israel-ke-AS
Kapten Iftach sebagai Pemimpin yg mengendalikan Pesawat Israel ini, Saat itu juga ingin melepaskan Bom Rudal Penghancur ke arah USS LIBERTY untuk menghancurkannya secara Total. Namun Kapten Iftach mencoba menahannya karena bingung. Mengapa Kapal ini ngga membalas…

Kapten Iftach pun memilih untuk Diam dan berputar-putar di Langit untuk mengindetifikasi lebih lanjut tentang Kapal Berbendera Amerika Serikat ini.

Pada Jam 02.20
Gelombang ke 2 Pasukan Israel datang lagi dengan menggunakan Kapal Speedboat Cepat.


Kapal ini datang dengan Langsung menembakkan Meriam dan Senapan Mesin 30-mm dari Jarak Jauh. yang membuat USS LIBERTY semakin Terbakar. Dan Speedboat Cepat dari Israel ini juga sudah melepaskan 1 Torpedo yg menghantam Lambung Kapal USS LIBERTY.

Foto Kenangan : Dampak-Torpedo-Israel
Speedboat dari Israel ini ingin melepaskan lagi 5 Torpedo untuk menghancurkan USS LIBERTY secara Total. Namun, Kebingungan Terjadi antar Terntara Israel. karena Kapal USS LIBERTY ini ngga membalas Tembakan.

Pada Jam 02.20 – 03.30. Semua Aktivitas Terhenti. Speedboat Cepat dari Israel ini memutuskan untuk berhenti menembak dan mengindentifikasi USS LIBERTY dari Jauh sesembari berhati-hati.

Namun, disisi Lain. Beberapa Pasukan Amerika Serikat yg ada di USS LIBERTY juga memegang Senjata masing-masing namun memilih untuk ngga menembak ke arah Israel. Beberapa Tentara di USS LIBERTY pun berteriak-teriak dari jauh bahwa mereka adalah Amerika Serikat dan Melambaikan Bendera Amerika Serikat yg Lebih besar.

Baca juga

Akhir
Akhirnya Pada Jam 03.30 Semua Ketegangan ini Berakhir.

Saat itu datanglah 8 Pesawat Tempur Amerika Serikat yg menegaskan bahwa Kami adalah Amerika Serikat. Beberapa Jam Kemudian datang lagi Kapal Induk Amerika Serikat USS SARATOGA Bersama Rombongan Kapal-Kapal Perang AS yg Lainnya dari USS LITTLE ROCK, USS DAVIS dan USS MASSEY.


Ketegangan ini pun berakhir.

Israel mengaku minta maaf atas insiden kesalahan ini.


Atas Peristiwa Tersebut, 34 Tentara Amerika Serikat Tewas, dan 171 Tentara AS mengalami Luka Parah, Sedangkan Kapal USS LIBERTY mengalami rusak parah dan nyaris aja hancur berkeping-keping. 




GBU