Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Daftar Senjata Alustista Bekas dan Uzur Milik Indonesia (2015)

Baru Baru ini, Bangsa Indonesia Berduka Cita dengan Peristiwa Jatuhnya Pesawat Militer C-130 Hercules di Medan Pada Tanggal 30 Juni 2015 dan Meregut Korban Jiwa Sebanyak 122 Orang. Termasuk Kita Kehilangan Putra Putri Terbaik Indonesia.

Sebenarnya, Peristiwa Jatuhnya Alustista Indonesia, bukan Kali ini saja Terdengar ya. Pada Juni 2012, Pesawat Fokker milik TNI AU juga Jatuh di Lanud Halim PK, Lalu Pada Tahun 2015, Pesawat Tempur F-16 Falcon Fighting juga mengalami 2 Kali Kecelakaan. Rentetan Peristiwa ini yg Paling Terbesar adalah Peristiwa C-130 Hercules. Usut Punya Usut, Penyebabnya adalah Karena Alustista Tersebut Sudah Tua, Uzur dan Merupakan Produk Bekas Sejak 50 Tahun yg Lalu. 


Polemik Alustista Bekas
Membeli Pesawat Baru atau Alustista Teknologi Baru yg Biasanya Kita Sebut dengan “BRAND NEW”. Pada Pemerintahan Sebelumnya, Sebenarnya Indonesia juga Pengen Beli yg BRAND NEW. Tapi Karena Harganya Kelewat Mahal. Anggaran atau Duit ngga cukup. Indonesia Lebih Memilih yg Bekas. Karena Demi Mengejar Kuantitas MEF (Minimum Esential Force).

Pada Tanggal 3 Juli 2015. Presiden Jokowi memutuskan Kepada Calon Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk Berhenti Membeli Senjata Bekas Lagi. Jokowi ngga pengen ada Alustista Bekas atau Hibah. Semua Pembelian Senjata Alustista Harus Baru. Celetus Jokowi kepada Gatot. Selain itu, Jokowi berpesan agar Indonesia Tercinta ini harus bisa mengembangkan Industri Pertahanannya sendiri.

Terlepas dari Masalah Tersebut. Kita Sebenarnya, udah Membeli Alustista Bekas Tersebut Pada Masa Lalu Biarlah Masa Lalu. Di Bawah ini adalah Sebagian Daftarnya ya. 

1]. HERCULES

Yang Pertama adalah HERCULES. Ia adalah Jenis Pesawat Angkut Militer Bekas yg di Beli dari Amerika Serikat. Usia-nya di Klaim Telah Mencapai 50 Tahun. Tapi Hingga saat ini Masih di Gunakan oleh Indonesia. Amerika Serikat saat ini sendiri sudah menggunakan Teknologi yg Lebih Canggih yg disebut C-17 GLOBEMASTER.

2]. A4 SKYHAWK

Yang Kedua adalah Pesawat Tempur A4 SKYHAWK Bekas Israel. Indonesia membeli 31 Unit untuk Pesawat tempur Tua Bekas Israel ini. Tapi Karena Indonesia ngga punya Hubungan Diplomatik yg Baik dengan Israel. Pengiriman Alustista dilakukan secara Rahasia oleh Israel. Seolah-olah Milik Amerika Serikat.

3]. KAPAL PERANG INDONESIA

Di Lansir dari Jejaktapak.com : Total ada 39 Kapal Perang Tua Bekas Jerman yg Indonesia Miliki. Ia Terdiri dari 16 Kapal Perang Korvet, 14 Kapal LST Kelas Frosch dan 9 Kapal Perang Penyapu Ranjau.

4]. F-16 FALCON FIGHTING

Di Amerika Serikat. F-16 memang masih di Gunakan. Tapi Mulai dipensiunkan dan di Ganti dengan F-35 LIGHTINING dan F-22 RAPTOR. Indonesia diketahui membeli 24 Pesawat tempur Tua dan bekas Amerika Serikat ini. Karena Kalau Beli yg Bekas, Beli 1 Dapat 4. Padahal, F-16 ini sudah di Simpan oleh Amerika di Kuburan Pesawat Boneyard.

5]. APACHE

Apache adalah Helikopter Penyerang buatan Amerika Serikat. Di Lansir dari Tempo.co Kementerian Pertahanan Indonesia membeli 8 Unit Helikopter Penyerang ini. Menurut Tempo.co : Apache Termasuk dalam Kondisi Bekas. Tapi di Retrovit (Rekondisi Perbaikan dan Upgrade). 

Baca juga

6]. TANK LEOPARD

Dan yang Terakhir adalah Tank Leopard dan Beberapa Tank Lapis Baja Jerman yang sudah di Retrovit dan di Modernisasi Upgrate. Tapi Tetap Bekas Pakai juga. Indonesia membeli sebanyak 103 Unit. 1 Unit Tank Harganya Rp 16,4 Miliar Rupiah. GBU