Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hatsune Miku : Robot Paling Canggih Jepang Bisa Bernyanyi Merdu (2015)

Bagi beberapa Orang. Ngebayangi Robot Bisa Bernyanyi. Mungkin kedengarannya agak aneh ya, Penyanyi Grup asal Amerika Black Eyed Peas mengatakan bahwa Robot ngga mungkin bisa bernyanyi. Robot ngga mungkin bisa berekspresi dan tak mungkin bisa berkreasi. 

Disisi Lain : Ilmuwan seperti Elon Musk dan Stephen Hawking mengatakan bahwa hal tersebut sangat mungkin bisa dilakukan oleh Robot.


Benarkan Robot Bisa Bernyanyi :
Penyanyi asal Amerika Serikat Black Eyed Peas (Will. I Am) mungkin belum tahu nih. Jika Jepang adalah Pemimpin Teknologi Virtual Anime (AMV) Nomor 1 di Dunia dan Pemimpin Teknologi Nomor 1 di Dunia untuk Perangkat Lunak yang berhubungan dengan Suara dan Musik Anime.

Beberapa waktu yang lalu ya, Afrid udah menulis artikel yang berhubungan dengan Software Aplikasi yang mampu mengubah Tablet Android menjadi alat musik tanpa perlu kita membeli alat musik konvensional.

Di Negara Jepang. Memainkan Musik dengan System Digital udah biasa terjadi. Di Negara Jepang bahkan artis pemain Film atau Pemain Sinetron juga udah mulai tergantikan dengan Anime. Bagi Teman Teman yg belum Tahu. Anime adalah Animasi Khas Jepang yang biasanya berupa Gambar Gambar Tokoh yg Bisa Bergerak Selayaknya Manusia. Tokoh Anime Paling Terkenal dari Jepang adalah Doraemon, OnePiece dan Naruto.

Nah, Salah Satu yg Terkenal Lainnya adalah HATSUNE MIKU

Tentang HATSUNE MIKU
Foto : Miku
HATSUNE MIKU adalah Sebuah Animasi Wanita berusia 16 Tahun yg Pintar Bernyanyi. Ia di Ciptakan Pada Tanggal 31 Agustus 2007 oleh Perusahaan CRYPTO FUTURE MEDIA. JEPANG.

HATSUNE MIKU sebenarnya adalah sebuah system digital VOCALOID. Yaitu Sebuah Perangkat canggih yang bisa merekam dan menyimpan daftar Basis Data Pustaka Suara Manusia dari Internet, Streaming Youtube, dan Merekam dari Suara Asli Manusia di Studio dari Perekaman Suara-suaranya yg Terdahulu.

Kemudian di Perangkat Aplikasi ini. jika kita masukkan komposisi lirik dan not not musik. Maka HATSUNE MIKU bisa bernyanyi mengikuti aliran Komposisi Nada yg di Inginkan.

Hatsune miku memiliki suara asli dari rekaman suara SAKI FUJITA yg udah direkam di Basis Data pertiap kata-kata dan juga dari Perekaman dari MP3, Streaming Video Youtube, dan Streaming Video Nico Nico Douga.  

Foto : Saki Fujita
Pihak dari Perusahaan Crypton saat artikel ini saya tulis bagi Anda. Udah merilis Hatsune Miku Gerenasi Append. Sebelumnya Perusahaan ini juga udah menciptakan Meiko, Kaito, Len, Kagamine, Megurine, dan daftar ini akan semakin terus bertambah dari hari ke hari.

Oh ya, untuk Hatsune Miku. Dia udah pernah konser lho. He he.., Lucu ya. Yuk Kita Dengerin suaranya yuk.



Baca juga

Lirik Lagu dan Penciptaan Melodi masih Manual :
Untuk Menciptakan Lirik Lagu dan Komposisi Musik. Robot Virtual buatan System Volacoid ini masih melakukannya dengan manual yaitu dengan bantuan dari Pencipta Lagu dari manusia. He he..,

Tapi untuk ia bisa bernyanyi udah bisa otomatis berkat kecanggihan Teknik yg disebut Frequency Domain Singing Articulation Splicing and Shaping. Semoga Bermanfaat ya.


Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU