Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memahami Ilustrasi Luas Luar Angkasa (2015)

Menurut Scienceworld Jika Planet Bumi Tempat Tinggal kita ini di Garis dengan Pengaris. Maka ia memiliki Diameter 12.756 Km. Hem.., Lumayan jauh juga ya. Nah Jika Teman Teman Naik Mobil dari Surabaya ke Bali. rasanya udah Lumayan jauh juga ya. he he.., 

Tapi pernahkah teman-teman bertanya dalam hati. Seberapa jauh sih Luar Angkasa itu. Ilmuwan dari NASA, Sudah Pernah berpikir Tentang hal ini. Mereka bahkan sudah menciptakan berbagai perangkat Teknologi, Teleskop, bahkan hingga Pesawat luar angkasa untuk mencari tahu jawaban ini ya. 

Menurut Wikipedia.com : Pada Tanggal 20 Agustus 1977 atau Tepatnya 38 Tahun yg Lalu saat Artikel ini saya Tulis bagi Anda. Ilmuwan dari NASA dan Bekerjasama dengan Caltech dan Jet Propulsion Laboratory. Telah menciptakan Pesawat VOYAGER 1 dan VOYAGER 2.


VOYAGER adalah Pesawat Luar Angkasa Terjauh saat ini dari bumi. Pada Tahun 1979 ia sudah melewati Jupiter, Pada Tahun 1980 ia pernah melewati Saturnus, Pesawat ini juga sudah berkunjung ke Planet Terjauh yaitu PLUTO, lalu ke Planet yg lebih jauh lagi yaitu HAUMEA, lalu berkunjung ke MAKEMAKE dan juga telah melewati Planet yg Lebih jauh lagi yaitu Planet ERIS.

Sebagai Informasi, VOYAGER mengirimkan data dan Sinyal ke bumi di pusat kontrol membutuhkan waktu 36 Jam. VOYAGER memiliki kecepatan tempuh 72.000 Km/Jam. Saat ini ia berada di tempat yg ilmuwan sebut sebagai Kawasan Heliosheath. Tahun 2020 nanti ia akan Mati, kehabisan sinyal dan Tenaga Utama dari Generator Termal Radioisotop juga akan mati.

Secara Resmi, Ilmuwan NASA telah menyatakan VOYAGER telah Keluar dari Tata Surya kita dan Kini sudah ada di Heliosheat dan siap untuk menuju ke Bow Shock, dan menuju awan awan surya dan Partikel Partikel debu.


Ilmuwan dari NASA berharap dan sangat berharap. VOYAGER bisa lebih keluar Lagi dari BOW SHOCK. Dan Berharap semoga VOYAGER adalah Pesawat Pertama yg bisa mengunjungi dan memasuki ruang antarbintang (BIMA SAKTI).

BIMA SAKTI
Bima Sakti adalah Kumpulan Ruang Tata Surya, dari Tata Surya satu ke Tata Surya yg lainnya. 

Bagi Teman Teman yg Belum Tahu, Tata Surya adalah Kumpulan benda langit yg terdiri dari 1 Bintang Matahari, dan Beberapa Planet Lainnya seperti Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Ceres, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto, Haumea, Makemake, Eris, juga terdiri dari Berbagai Macam Bulan, Meteor, Asteroid, Komet, dll.

Foto : Tata Surya
Sebaliknya, Bima Sakti seperti yg diuraikan diatas adalah Kumpulan dari Tata Surya dengan Tata Surya Lainnya. Jika di Total. Ilmuwan memperkirakan di dalam Lingkaran Bima Sakti terdapat 400.000.000.000 Miliar Bintang Matahari dan Triliunan Planet.

Foto : Bima Sakti
Jika Bima Sakti yg satu dengan yg lainnya juga akan Terkumpul dalam 1 Lingkaran Lagi yg yg disebut GALAKSI.

GALAKSI
Galaksi adalah Kumpulan Tiap Bima Sakti yg satu dengan Bima Sakti yg Lainnya. Ilmuwan NASA memperkirakan di Galaksi terkumpul 100.000.000.000.000.000 Bintang Matahari dan Triliunan Triliunan Triliunan Planet.

Foto : Galaksi
Lalu..? ada Berapa jumlah Galaksi.
Sampai saat ini, Batas Kemampuan Ilmuwan hanya baru sebatas mengetahui Galaksi. Pesawat VOYAGER adalah yg Pertama Kali keluar dari Tata Surya kita, dan masih belum bisa mencapai BIMA SAKTI. Perjalanan VOYAGER masih sangat panjang. Wow.., Keagungan Karya Tuhan sangat Luar Biasa banget.

Baca juga

Video Trailer Ilustrasi Luas Luar Angkasa


NB : Mohon Maaf, 

Pembahasan di Artikel ini salah. Terutama Tentang Pembahasan Galaksi dan Bimasakti.

Saya meminta maaf yg sebesar besarnya. Terima Kasih ;-)

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU