Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Teknologi Terbaru Google Mulai Nexus 5x Hingga Tablet Android Pixel C (2015)

Google adalah Salah Satu Perusahaan Amerika Serikat yg sangat Besar. Ngga Tanggung-Tanggung ya. Google memiliki Banyak Layanan. Mulai dari Hardware hingga Software yg Berbasis Aplikasi. Seperti Gmail, Youtube, Play Store, Express, Blogger, Android, dll.

Jika Kita Hitung Secara Total. Untuk Aplikasi saja. Product Google ditulis dengan Baris Kode Pemprograman Komputer hingga 2.000 Juta Code. Yg Tersimpan di dalam Harddisk Seluas 86 Terabyte. Sebagai Perbandingan. Sistem LINUX saja yg dikerjakan oleh Banyak Orang Secara OpenSource. hanya berisi 15 Juta Baris Kode. Ini jelas kalah jauh bagaikan Bumi dan Lautan. Hem.., Bayangkan Betapa Besarnya Perusahaan “Google” ya. He he…,

Oh ya nih. Di Bawah ini ada Daftar Product Terbaru ‘Google’ Sepanjang Januari 2015 – September 2015. Semoga Bermanfaat bagi Anda ya.

1]. NEXUS 5X dan NEXUS 6P
Yang Pertama kali kita Bahas adalah NEXUS 5X dan NEXUS 6P. Ini adalah Smartphone Terbaru 2015 Asli Milik Google dengan Kerjasama Mitra LG dan HUAWEI. Ia memiliki Kemampuan sebagai berikut :

NEXUS 5X : Memiliki ukuran 5,2 Inci dengan Kerapatan Layar 518 Pixel, Kamera depan berukuran 5MP, Kamera belakang 12.3MP yg mampu menangkap Foto di Malam Hari. (Diafragma f/2.o, Autofokus Infra Merah Laser + Dual Flash LED.

Kapasitas Baterei 2.700 mAh dengan Sistem Operasi Android Marshallow. NEXUS 5X juga dilengkapi dengan Sidik Jari dan Mampu Mengisi Baterei dengan Cepat (USB-C). NEXUS 5X Full Resolusi HD 1080p, Chipset dari Qualcomm Snapdragon 808 hexacore, RAM 2GB, Mendukung Video 4K dan Speaker Stereo.

Sedangkan NEXUS 6P. Sebenarnya Hampir ama dengan NEXUS 5X. Bedanya Terletak Pada Ukuran Layar yg Lebih Besar yaitu 5.7 Inci, Resolusi QHD, Chipset Qualcomm Snapdragon 810 Octacore, RAM 3GB dan Kapasitas Baterei 3.450 mAh. Untuk Penyimpanan bisa di Pilih TBC dengan Penyimpanan Internal 16 GB dan 32 GB.

Untuk Harga Smartphone NEXUS 5X (Pada Tanggal 29/9/2015) Sekitar US$ 375 atau Rp 5.600.000 Juta. Dan NEXUS 6P (Pada Tanggal 29/9/2015) Sekitar US$ 499 atau Rp 7.300.000 Juta.

2]. ANDROID MARSHALLOW
Android Marshallow adalah Sistem Operasi Generasi Lanjutan Terbaru 2015. Kemampuan Terhebat yang Ia Usung. Yaitu Mendukung USB Type C Sejenis Konektor Pengisian Baterei yg diklaim bisa 5X Sangat Cepat dalam Mengisi.

Android Marshallow juga bisa tahan lama dalam Penggunaannya Karena dilengkapi DOZE. Sejenis Kemampuan dalam memperkecil daya listrik Baterei dan mampu menjaga Kebutuhan Memori RAM Tetap Terjaga Baik. Karena ada Fitur APP PERMISSIONS.

Oh ya, Sistem Android ini juga sudah bisa menghandle Sensor Sidik Jari dan Android PAY untuk melakukan Pembayaran uang secara DIGITAL. Selain itu ada Fitur AUTO BACKUP juga. Seandainya Smartphone kita hilang dicuri orang. Ia ngga bisa digunakan oleh Sang Pencuri. Dan kita bisa membackup Data dari Jarak Jauh dengan Sign in ke Akun Google.

Sundar Pichai CEO GOOGLE mengatakan : Pengguna Android sudah tembus 1.400.000.000 milyar orang. Penggunanya mulai dari Kalangan Sipil, PebisnisPelajar, UKM, hingga Angkatan Darat Militer mempercayai Kepada Keamanan Sistem Android.

3]. DOCS BERBASIS SUARA

DOCS di Tujukan Bagi Anda Kalangan Pebisnis, Perkantoran, Pegawai Administrasi dan Kalangan Enterprise yg Suka Bekerja dalam Naskah Penulis. Pada Umumnya. untuk Menulis di Laptop atau Komputer. Kita membutuhkan Keyboard dengan Lafal QWERTY. Biasanya hal Tersebut melelahkan dan Memakan Waktu yg Lama ya.

Google kini menciptakan Fitur “VOICE TYPING”. Kali ini kita bisa menulis Naskah dengan Lebih Cepat Tanpa Mengetik Keyboard. Cukup dengan Berbicara saja. maka Tulisan Bisa Selesai dengan Cepat.

4]. ANDROID PAY

Sesuai dengan Namanya. Jika Di Terjemahkan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Ini Adalah Sebuah Sistem Pembayaran Keuangan mirip Transfer Bank yg sering kita lakukan.

Namun Bedanya Kali ini. Ini ngga mengharuskan kita ke Mesin ATM yg Terdekat di Rumah kita. Tapi bisa langsung Melakukan Pembayaran Keuangan Lewat Smartphone berbasis Android. Sayangnya, Fitur ini hanya bisa dinikmati bagi orang yg memiliki Kartu Kredit saja.

5]. CHROMECAST
Chromecast adalah sejenis Product Penghubung. Yang Mampu Mengubah Speaker dan Televisi Manual kita Bisa diubah Menjadi Televisi Internet dan Bisa Menjadikan Smartphone Sebagai Remotenya. Wah Keren ya.

Chromecast ada 3 Warna. Merah, Hitam, Kuning. Dan Memiliki 2 Fitur yang di Gunakan untuk Televisi dan Speaker. Harganya Sekitar US$ 35 atau Rp 575.000 ribu. Untuk Informasi Mendetail Teman-Teman Bisa Melihat Pada Video di Bawah ini ya.

6]. GOOGLE+ (KOLEKSI, HANGOUTS WEB dan PHOTO)

Google+ adalah Jejaring Sosial milik Google. Survei dari GlobalWebIndex Pada Januari 2015. Menempatkan Google+ pada Posisi Top 5 di Indonesia dari urutan Facebook, Whatsapps, Twitter, Facebook Messenger dan Google+.  

Seolah Terus Ingin Berinovasi Memperbaiki Product-nya. Google+ akhirnya di Pecah Menjadi 3 Bagian. Yaitu Google+ Stream, Google+ Hangouts, dan Google+ Photo. Ke 3 Fitur ini memiliki Kemampuan Masing-Masing. Google+ Photo di Gunakan untuk Menyimpan Foto dan Video. Sedangkan Google+ Hangouts di Gunakan untuk Chatting dan Video Tatap Muka. Hangouts juga udah bisa diakses via Website.

7]. GOOGLE WIFI GRATIS
Setahu saya, Perusahaan Google udah punya Layanan Akses Internet Sejak Tahun 2005. Namun anehnya ya. Pada Tahun 2015. Layanan WIFI yaitu Akses Internet ini diberikan GRATIS.

Di Amerika Serikat saja udah Terpasang lebih dari 7.000 Lokasi dan 10.000 Lokasi sedang dalam Pengerjaan. Rencananya juga siap menggunakan Balon Udara dan Pesawat Drone untuk menyebar Akses Internet Gratis ini ke Seluruh Dunia. Di Negara INDIA. Ada 400 Stasiun Kereta Api yg Memasang WIFI ala Google Gratis ini. Namun, Layanan WIFI ini Walaupun GRATIS tapi di pasangi dengan Iklan ya. he he….

8]. YOUTUBE GAMING 
Youtube Gaming adalah Tempat Pemain Game Berkumpul untuk Saling Berkomunikasi, Videoan dan Chatting. Layanan ini Hadir Pada Tahun 2015. Di Persembahkan Spesial bagi Pecinta Permainan GAME.

9]. PIXEL C

PIXEL C adalah Tablet ala Laptop dan Di Lengkapi dengan Keyboard yang bisa di Bongkar Pasang. Ukuran Tablet ini 10.2 Inci. Sehingga Cocok Bagi Anda Kalangan Pebisnis, Blogger, Pekerja dan juga Penggemar Game dan yg suka menonton Film. Ia juga Terhubung ke Sistem Android Marshmallow.

Untuk Harganya (30/9/2015) Sekitar $499 Rp 7.235.500. Jika di Tambah Keyboard. Maka ada Tambahan US$ 149 atau Rp 2.160.500. Bisa juga di Pasangin Mouse secara Nirkabel. Atau Bisa juga di Tambah Perangkat Stick Game Lainnya dengan Koneksi Nirkabel.

PIXEL C memiliki Kemampuan yg OK Punya. Bisa jadi Laptop, Bisa Jadi Tablet, Bisa buat Nonton Film, Bisa Buat Main Game, Bisa Buat Blogger, Bisa Buat Pebisnis, Bisa Buat Pedagang, Bisa Buat Foto-Foto deh ama Keluarga Tercinta Anda, dan masih banyak Lagi. Pixel C menggunakan Prosesor NVIDIA Tegra X1, RAM 3GB, 308 Piksel Per Inci, USB Type-C, 500 Nits Brightness. Memori Internal  32 GB dan 64GB.

Lihat Lainnya :

10]. POKEMON GAME DUNIA NYATA
Anak-Anak Zaman Sekarang Suka Bermain di Rumah menggunakan Tablet, Smartphone dan Laptop. Biasanya dalam keadaan Pasif dan Kaku. Yaitu Duduk Berjam-jam di Depan Layar. Dengan menekan pada Tombol-Tombol. Sesembari Mendownload Game di Play Store.

Google (Alphabet.Inc) melalui Anak Perusahaannya NIANTIC LABS dan Bekerjasama dengan NINTENDO. Merilis Game Dunia Nyata Android yaitu POKEMON GO. Kali ini Game yg diasung mengharuskan kita untuk Keluar rumah, Naik Sepeda, Menjelajah Kota, Berinteraksi dengan Banyak Orang, Menelusuri Sungai, Memanjat Bukit, dll untuk Menangkap Pokemon secara Virtual.   

Sayangnya, Untuk Informasi Detail Lainnya. Saya Masih Belum Tahu Cara Kerja Game ini. Apakah mengharuskan Kita hanya menggunakan Smartphone atau ada Perangkat Tambahan Lainnya. Seperti Kacamata Virtual GoogleGlass. Konon, Dengar-dengar. Perangkat Virtual ini sangat mahal hingga Rp 12.000.000 Per Unit.


Semoga Bermanfaat. GBU