Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 TOP Negara Teknologi Inovatif Paling Maju di Seluruh Dunia (Update 2015)

Waktu Silih Berganti. Tahun Berganti Tahun. Banyak yg datang banyak juga yg Pergi. Begitu juga Kehidupan ini. Semua Silih Berganti dan ngga ada yg sama seperti Tahun yg sebelumnya ya.

Di Artikel hari ini. Ijinkan Blog Sederhana ini mendendangkan Kepada Anda. 6 Negara Paling Berteknologi Maju di Dunia. Berdasarkan Peringkat Data dari Bloomberg 2015. Data ini diambil berdasarkan 6 Metrik Metodologi. Dan disusun oleh Para Ahli Bloomberg yg Berpengalaman dari Keith Collins, Wei Lui, Peter Coy, Braulio Amando, Cindy Hoffman, Adam Pearce. dll

Sebagai Informasi Sederhana. Bloomberg menyusun hingga Peringkat 50. Namun di Artikel ini saya menyajikan sampai Peringkat 6 aja ya. Soalnya ke 6 Negara ini lah yg Paling menguasai Dunia saat ini.

#1 Korea Selatan
Peringkat 1 di Tempati oleh Negara “Korea Selatan”. Negara yang berjumlah Penduduk 51.000.000 Juta orang ini. yang kita tahu hampir nyaris 43% Penduduknya memilih untuk hidup “Ateis” atau Ngga Percaya ama Tuhan ini atau ngga Peduli ama Agama ini ya. Ternyata Juara Peringkat #1 di dunia untuk Tahun 2015.


Korea Selatan memiliki Kemampuan dalam Kecanggihan Hardware Komputer, Televisi, Peralatan Electronic Perabotan Rumah Tangga Seperti AC, Penanak Nasi, Kompor, Mesin Cuci, Kulkas, Televisi, Tablet, Mobil Hyundai, Galangan Kapal, Kereta, Smartphone, Bahkan Sampai Program Peluncur Luar Angkasa NARO-1 dan STSTAT-2A.

Korsel juga menguasai Kemampuan mengolah Robot Humanoid HUBO. Dan juga mampu membuat Peralatan Senjata Militer Mandiri dengan menciptakan Helikopter SURION, Tank K-2 Black Panther, dan Pesawat Tempur. Salah Satu Pesawat Tempur yg Pernah dibeli Indonesia dari Korsel adalah T-50i GOLDEN EAGLE.    

Menurut Bloomberg : Untuk Patens dan Penelitian R & D Technology. Negara yg Nyaris Hampir Setengah Penduduknya yg ngga Peduli Agama ini Ternyata Sangat Maju. Samsung adalah Pemimpin Perusahaan yg Paling Terkenal di Negara Korea Selatan dan Dunia.

#2 JEPANG

Posisi Peringkat #2 di Tempati oleh Jepang. Sebuah Negara Matahari Terbit yg Berpenduduk 126.000.000 Juta Orang. Jepang adalah Pemimpin dalam Bidang Animasi Anime Manga, Kereta Cepat, Mesin Perkakas, Elektronika, Perkapalan, Otomotif, Industri Pengolahan Makanan, Kamera, Baterei, Laptop, Smartphone, Startup Internet, Printer, Pompa Air, Manajemn Air, Mesin Listrik, Televisi, Mesin Cuci, AC, Penanak Nasi, Hardware, Software Audio, Permainan Game, Kendaraan Bermotor, Super Komputer, Alat Musik, Penjelajahan Antariksa Luar Angkasa JAXA, dll.

Negara yg Mayoritas 94% Beragama Buddha ini juga diketahui Piawai dalam membuat Robot. Robot yg Paling Terkenal adalah ASIMO. Namun masih ada Lagi Robot-Robot Canggih Lainnya yaitu Pepper, Chapit, Kirobo, Kuratas, Q-Rio, Evolta, dll

Nama Perusahaan Teknologi yg Terkenal di Negara ini adalah : Mitsubisi, Honda, Canon, Nintendo, Toyota, Hitachi, Sony, Fujitsu, Softbank, Yamaha, Kawasaki, Suzuki, Toshiba, dan Panasonic. Hampir Produk-Produk ini nyaris menguasai Indonesia. Karena Kualitasnya yg Handal.

#3 JERMAN

Kualitas Teknologi dari Jerman udah ngga perlu kita ragukan lagi ya. Mereka Memiliki Kecanggihan Dalam Bidang Mobil BMW dan MERCEDES BENZ dengan Kualitas Paling Unggul di Dunia. Dari Sisi Militer. Mereka juga memiliki Tank Leopard dengan Kualitas Terbaik di Dunia.

Keunggulan Jerman menduduki Posisi #3 adalah Karena mereka ahli dalam Bidang Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan (Terbarukan), Ahli dalam Penanganan Limbah Daur Ulang, Manajemen Air, Peralatan Sinar X, Technology Transportasi Penerbangan Udara, Pembuatan Kapal Selam, Konservasi Energi, Generator, Kompresor, Turbi Kincir Angin, Transmisi Tegangan Tinggi, Power Transformer, Lampu, Pemindai (SPECT/CT SCAN), Rotor, Kereta Cepat Lokomotif dan Sistem Lalu Lintas. Salah Satu Perusahaan yg Paling Terkenal di Jerman adalah SIEMENS.

#4 FINLANDIA
Yang ke #4 adalah FINDLANDIA. Dulu Negara ini Pada Benchmarking IT Industry Competitiveness Pada Tahun 2011 yg lalu menduduki Posisi #2 Setelah Amerika Serikat.

Namun saat ini, Posisinya Melorot ke Peringkat #4. Negara yg Identik dengan Sejuta Ponsel ini. Tapi untuk Tahun 2015 ya, Negara yg berjumlah Penduduk 5.000.000 juta orang ini, Namun Merupakan Salah Satu Pemilik Negara dengan Luas Wilayah yg Terbesar di Eropa. Tetap Masih Menguasai Pasar Dunia. Sektor Utama dan Kekayaan Negara Findlandia umumnya Berasal dari Perusahaan “TEKNOLOGI NOKIA”.

#5 ISRAEL
Peringkat ke 5 di Tempati oleh Bangsa Israel. Satu-satunya Kandidat yg berasal dari Negara Padang Pasir yg Gersang.

Negara Israel yg Baru Berdiri & Berumur 68 Tahun ini. Umumnya yg menjadi Kebanggaan mereka adalah alat alat Pertanian, alat Peternakan, Startup Internet, NanoTeknologi, alat Tekstil, Mikroprosesor, Alat Medis Kesehatan, Solar Panel Matahari, Robot Drone, BioMedis, Infrastruktur Luar Angkasa, Satelit, Komunikasi Radar, alat Rumah Kaca Greenhouse Pemanipulasi Cuaca Iklim, Pupuk ICL, BioChip, Baterei Penyimpanan, Peralatan Maskapai Penerbangan, Industri Pesawat Sipil, Konversi Air, Energi Terbarukan,

Keamanan Cyber Security Komputer, Serat Optik, Elektro Optik, Technology Ilmu Kehidupan, Semikonduktor, Robot Manufaktur Industri, Rekayasa Hidrolik, Pemotong Berlian, Scanner MRI, Laser Bedah Kesehatan, Software Marvell Ferfileman, Scanner Ultrasound, Software Kecerdasan Buatan, dan Persenjataan Militer.

#6 AMERIKA SERIKAT


Amerika Serikat Menduduki Posisi #6. Turun Peringkat dari Posisi #1. Banyak Perusahaan Smartphone dan IT dari negara adidaya ini gulung tikar. Hal ini dikarena sengitnya Persaingan.

Namun, AS masih memiliki Perusahaan Technology yg masih menguasai Pasar Dunia. Yaitu Facebook, Google, Apple, Yahoo, Twitter, General Electric, IMD, Dell, Amazon, HP, Microsoft, Tesla, Intel, Oracle, Uber, Paypal, Ford, Ebay, Qualcomm, SpaceX, dll

Amerika Serikat juga menguasai dalam Bidang Pesawat Luar Angkasa, Ilmu planet, Mobil Listrik, Nuklir, Robot, Galangan Kapal, Satelit, Teleskop, Cyber Internet, Search Engine, Email, Mesin Listrik, Pesawat Terbang, Jaringan Infrastruktur, Jejaring Sosial, Maps, Alat Bangunan, Kamera Perekam Olahraga, Software, Aplikasi, Helikopter, Alat Kedokteran, Server, Cloud Computing, Super Komputer, alat Film, alat Music, Instrument Navigasi, Alat Musik, Laptop, Smartphone, Tablet, Chip, Prosessor, Alat Tambang, Pembayaran Digital, dan Persenjataan Militer.

***********

Nah, ini dia. Ke 6 Negara Tersebut yg masih Bertahan hingga saat ini. Untuk Tahun 2016. Mungkin Peringkat ini bisa berubah lagi ya. ada yg naik dan ada yg turun.  Data ini saya Ambil dari Bloomberg.com berdasarkan Komposisi 6 Metologi Gabungan. Yaitu R&D, Hi-Tech Companies, Manufacturing, Education, Research, dan Patents.

Lihat juga

Jika di Pisah-Pisahkan. Posisinya bisa Berubah Jadi Kayak gini :  

R&D : 1]. Korsel, 2]. Israel. 3]. Finlandia, 4]. Swedia, 5]. Jepang

Teknologi Hi-Tech : 1]. Amerika 2]. China 3]. Jepang 4]. Korsel 5]. Kanada

Pendidikan : 1]. Korsel 2]. Rusia 3]. Finlandia 4]. Israel 5]. Ukraina

Research : 1]. Finlandia 2]. Iceland 3]. Denmark 4]. Israel 5. Singapura

Paten : 1]. Korsel 2]. Jepang 3]. China 4]. Amerika Serikat 5]. Jerman

Manufacturing : 1]. Switzerland 2].Irlandia 3]. Singapura 4]. Jerman 5]. Austria

Jika di Gabung : 1]. Korsel 2]. Jepang 3]. Jerman 4]. Finlandia 5]. Israel

Semoga Bermanfaat. GBU