Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Altay Tank Tercanggih Roda Rantai Baja MBT Pertama Buatan 100% Turki (2015)

Semakin hari, Angkatan Bersenjata Turki Semakin Maju dan Pesat. Ngga Salah Memang Jika Negara ini Menempati Posisi Peringkat Wahid Nomor #1 Terkuat di Timur Tengah dan masuk dalam Daftar Peringkat #10 Terkuat di Seluruh Dunia. Versi GlobalFirePower.com

Untuk Angkatan Bersenjata MBT Tank Utama untuk Pasukan Darat saja ya. Bangsa Turki ini memiliki 751 unit Tank Berjenis Leopard dari Jerman. Dan Juga Memiliki 3.023 unit Tank Berjenis M48 Patton yang dibeli Turki dari Amerika Serikat. Tak ayal, Jumlah Tank yg Fantastis banyaknya ini membuat Bangsa ini Bertengger di Posisi #10 Terkuat Militer di Dunia.


Ingin Lepas Ketergantungan dgn TANK ALTAY
Pada Tahun 1990. Negara Turki emang udah berniat ingin lepas dan berinisiatif untuk secepat mungkin keluar dari Ketergantungan Bangsa Jerman dan Amerika Serikat Tersebut dalam Pengadaan Tank Kelas Berat. Ini lah mengapa dalam Sebuah Proyek Pada Tahun 1990 Tersebut. 

Seluruh Perusahaan dan BUMN Turki Bersatu Padu dalam membangun Infrastruktur Independen.
Walaupun Perusahaan-Perusahaan ini berdiri sendiri sendiri. Tapi Sebenarnya mereka semua bersatu padu bekerjasama dalam Proyek Pembangunan Tank Roda Rantai ALTAY.

Inisiatif yg dimulai Tahun 1990 ini. Memang Terjadi Perlahan-lahan secara Marathon. Sedikit demi sedikit, Perusahaan Turki memang memulainnya dari yg kecil-kecil dulu, yaitu membangun Mobil, Kemudian Membangun Beberapa Persenjataan Kecil-kecilan, lalu kemudian sedikit-demi-sedikit sudah bisa membangun Tank Lapis Baja ukuran Ringan.

Proyek Ilmu Pengetahuan ini Terus Berlanjut Perlahan-lahan Tetapi Pasti. Tank-Tank Kelas Ringan pun sudah bisa berhasil di bangun oleh Bangsa Turki. Walaupun memang saat itu masih belum mampu menciptakan Tank Baja Kelas Berat dengan Sistem Roda Rantai.

Tapi Perlahan-lahan sedikit demi sedikit dikerjakan. Bangsa yg Mayoritas Rakyatnya adalah Muslim ini ya. Akhirnya Berhasil Mengembangan Mobil Perang Sendiri, Rudal Sendiri, Sistem Pertahanan Sendiri, Satelit, Helikopter Tempur, Sistem Computer Pertahanan, Bahkan Sampai ke Pesawat Drone Tanpa Awak.

Video di Bawah ini Menunjukkan Kepada Anda. Betapa Gesitnya Bangsa Turki dgn Seluruh Segenap Komponen Ilmuwan dalam Negeri yg Terdiri dari Ilmuan Kimia, Ilmuwan Mesin, Ilmuwan Komputer, Ilmuwan Sistem, dll. Bekerjasama dalam Proyek Kemandirian Alustista.


Lanjut ke Proyek TANK KELAS BERAT
Pada Tanggal 30 Maret 2007. Republik Turki melalui Undersecretariat untuk Industri Pertahanan. Menganggarkan Keuangan Sebesar kira-kira Rp 13 Triliun jika kita Konversi ke Rupiah ya.


Uang Tersebut di Gunakan untuk Penelitian, Research, R & D, dan untuk Pembangunan Proyek yg Lebih Canggih Lagi. Yaitu Menciptakan TANK KELAS BERAT RODA RANTAI. Dengan Kemampuan Ilmuwan Turki yg Terus Maju dan di Asah. Proyek di Terima. Namun, Ilmuwan-Ilmuwan Turki Terkendala dengan 3 Masalah Ilmu Teknologi Utama Yaitu :

1]. Di Bidang Mesin

2]. Di Bidang Tembakan Meriam

3]. Di Bidang Lapis Baja Armor

Ke 3 Masalah di Bidang tersebut. Belum sanggup Ilmu Pengetahuannya dikuasai dan dipecahkan oleh Bangsa Turki. Alhasil, Uang pun Berbicara. Turki membeli Lisensi untuk mendapatkan akses Ilmu Pengetahuan di 3 Bidang Transfer Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Tersebut. Di Bidang Mesin dan Tembakan Meriam. Turki membeli Lisensi dari Jerman. Dan di Bidang Lapis Baja Armor membeli Lisensi Ilmu Pengetahuan dari Korea Selatan.

7 APRIL 2010 :
Pada Tanggal 7 April 2010. Gambaran 3D Desain Tank yg diberinama kode ALTAY dirilis ke Publik. Pembangunan pun mulai dikerjakan. Ada banyak Perusahaan Turki yg Bekerjasama membangunnya.

Yaitu dari Perusahaan ASELSAN yg dipercayakan untuk menciptakan Sub-Sistem, Pengendali Kebakaran, Sistem Navigasi, Laser Sistem Peringatan, Sistem Vision Pengemudian, Sistem Control System dan IFF. Perusahaan BUMN MKEK yang Terdiri dari Ilmuwan Teknik dan Kimia. Di Percayakan untuk mengerjakan pada Senjata Utama Tembakan meriam.

Perusahaan ROKETSAN dipercayakan untuk mengerjakan Paket Perlindungan Armor Lapis Baja Komposit. Perusahaan ROTEM untuk dukungan Teknis Enabler, Perusahaan Otokar dipercayakan untuk mengerjakan dibidang Rangka Utama dan Mesin Termasuk Mesin Listrik di Dalamnya.  

TAHUN 2015 :
Tahun 2015. Tank milik buatan Turki dari Proyek berkode Milli Tank Uretimi Projesi di nyatakan sudah selesai. Dan sudah beberapa kali masuk dalam Tahap Ujicoba dan Tes di Lapangan dengan Suhu Ekstrim. Di Rencanakan Pada Tahun 2018 nanti ya. TANK ALTAY yg dibuat 100% oleh Ilmuwan Turki akan siap di gunakan dan di Produksi secara massal hingga 1.000 Unit.

Tank ini diberinama ALTAY. Dengan maksud dan Tujuan untuk menghormati Jenderal Fahrettin Altay. ALTAY akan digunakan untuk Kedaulatan Turki dan juga untuk dijual ke Negara-Negara Lainnya. ALTAY adalah Tank Pertama Buatan Turki dalam jajaran Kelas Berat Roda Rantai.

Spesifikasi Kehebatan :

Nama : Tank ALTAY

Kategori : Tank Kelas Berat Pertempur Utama. (MBT)

Asal : Turki

Harga 1 Unit : Rp 7.000.000.000 - Rp 8.000.000.000 Miliar Rupiah

Berat : 72 Ton

Panjang : 10,3 Meter

Lebar : 3,9 Meter

Tinggi : 2,6 Meter

Tentara : 4 (1 Komando, 1 Penembak, 1 Pengisi Meriam, 1 Pengemudi Driver)

Mesin : 1.500 hp MTU Multi Fuel + Di Lengkapi Juga dengan Mesin Listrik yg Bersuara Sunyi

Kecepatan : 70 Km/jam

Jarak Operasional : 500 Kilometer Sekali isi Bahan Bakar.

Perlindungan Baja : Tahan Terhadap Kimia, Biologi dan Radiasi Nuklir.

Perlindungan lainnya : Sensor Deteksi ELectronic Radiasi Nuklir, Biologi dan Kimia.

Senjata : 1 meriam Ukuran 120 mm dan Senjata Mesin Penembak 12,7 mm dikendalikan secara remote kontrol.

Jarak Tembak Meriam : 4 Km 


Artikel Lainnya :

GBU