Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hidup Sehat (2015)

Hidup Sehat Menjadi Dambaan Bagi Banyak Keluarga di Indonesia. Umumnya, Hidup Sehat di Tandai dengan Berat dan Tinggi Badan yang Sesuai Umur, Postur Tubuh Kuat dan Kencang, Kulit dan Rambut yg Sehat, Mata Jernih, Nafsu Makan yang Baik, Buang Air Besar Teratur, Bisa Tidur Nyenyak dan Wajah yg Terlihat Bersih Bersinar Ceria Berseri-seri.

Sayangnya nih, Bagi Banyak Orang di Indonesia. Ada Beberapa yg Memang Hidup Panjang Umur. Namun Semasa Hidupnya Selalu Sakit Sakitan. Seperti Batuk, Nyeri Badan, Terkena Diabetes, Sering Pegal, Susah Tidur, Sulit Berpikir, Sering Terkena Flu Pilek, Rambut Rontok, Sering Lupa Ingatan, Wajah Terlihat Cepat Tua, Keriput, Kusam, Sering Ngantuk, dan Lain-Lain Sebagainya.

Hari ini Saya Rindu Berbagi Artikel Rahasia HIDUP SEHAT. Berdasarkan Data dari PUGS (Pedoman Umum Gizi Seimbang) yg saya kutib dari Konferensi NUTRITIONAL GUIDELINES. (Tahun 1992, Italia) dan juga dari Beberapa Sumber Penulisan Dokter Ilmiah Lainnya. Semoga Bermanfaat bagi Kita Semua ya :


1]. MAKANAN BERGIZI BERAGAM DAN SEIMBANG
Makanan Seimbang adalah Makan yg Sesuai dengan Kebutuhan Berat dan Tinggi Badan Kita. Ada Orang yg Biasanya Makannya Kelebihan. Inilah yg disebut ‘Ngga Seimbang’. Yang Bisa Menyebabkan Berbagai Penyakit Seperti Obesitas, Diabetes, Kegemukan, dll. Namun, Terkadang ada juga orang yg kurang makan. Hal ini juga disebut ngga Seimbang.

Agar Sehat, Maka Kita di Anjurkan oleh Ibu atau Pak Dokter. Untuk Makan yg Seimbang dan Juga Beragam. Beragam artinya disini adalah Bervariasi dan Berbeda-beda Menu Setiap Hari. FAO 1997 : Semua Bahan Makanan Mengandung Jumlah Zat Gizi Berbeda. Untuk Itulah Keanekaragaman Makanan Sangat Baik untuk Kesehatan, Sebab Kekurangan Zat Gizi Pada 1 Jenis Makanan. Bisa di Tutupi oleh Zat Gizi Pada Makanan yg Lainnya.

2]. BUAH-BUAHAN

Buah-Buahan mengandung Berbagai Macam Vitamin. Salah Satunya adalah Vitamic C. Vitamic C sangat Baik untuk Tubuh Sebagai Antioksidan, Anti-Tua, Anti-Kanker dan Menetralisir Radikal Bebas. Menurut Liputan6.com (3/7/2015). Orang Indonesia Ternyata di Ketahui Jarang Makan Buah-Buahan. Padahal, Seluruh Dokter di Alam Semesta ini ya. he he.., Menyarankan Manusia Mengkomsumsi 500-700 mg Setiap Hari.

500-700 mg Artinya ya, Jika di Takarkan dalam Dosis. Yaitu Sekitar 3-4 Buah Jeruk Setiap Hari, atau 3-4 Buah Pisang Setiap Hari, atau 3-4 Buah Alpukat setiap hari, atau Setengah Buah Semangka Setiap Hari. Dan ini Mesti di Konsumsi Sepanjang Hidup Setiap Harinya. Dengan Buah-Buahan yg Berbeda-beda Keanekaragaman. Seperti Nenas, Rambutan, Melon, Apel, Strawberry, Nangka, dll. Namun mengkomsumsi Buah juga ngga boleh Kekurangan dan Kebanyakan Per Harinya. Sesuai Batas Keseimbangan Ideal 500-700 Mg. Celetusnya.

3]. SUSU

CALSIUM IS IMPORTANT. Begitulah Data yang Saya dapat dari Institute of Medicine. Dalam Tajuk Estimated Average Requiremenent Food and Nutrition Board. Kalsium Pada Susu dapat Memperkuat Jantung, Gigi, Tulang dan Mampu Memperbaiki Tekanan Darah.

Bagi Para Remaja dan Anak Muda. Diwajibkan Meminum Susu Tanpa Gula dengan Dosis 1.100 Mg Perhari. Atau 1 Gelas Setiap Hari Seumur Hidup. (3 Takaran Sendok) Susu yg digunakan ada baiknya yg berwarna Putih ya.

4]. Air Putih

Dalam PUGS (Pedoman Umum Gizi Seimbang). Kita di Wajibkan untuk Meminum 8 Gelas Air Putih Bersih (Bukan Air Kopi, Teh, Coca-Coca, Air Berkarbonat, dll) Namun Air Putih Bersih Bening ya.

Air Minum yg Sehat dan Aman. Ngga Mengandung Kuman Penyakit, Ngga Berbau, Ngga Berasa, Ngga Terasa Pahit, Ngga Terasa Asin, dan Mesti di Masak dengan Mendidih. Tubuh Manusia Sebagian Besar Mengandung Air. Nah dari Seluruh Berat Badan Kita. Kehilangan 20% saja bisa menyebabkan Kematian. Penting minum 8 Gelas Air Putih Seumur Hidup untuk Menjaga Metabolisme Sel. Di Anjurkan, Setelah Bangun Pagi. Sesegaralah Meminum 2 Gelas Air Putih Hangat untuk Memulai Hari.

5]. MINYAK ZAITUN

Ingin Lebih Sehat…? Gantilah Minyak Goreng Anda dengan Minyak ZAITUN. Begitu lah Tulisan Pada Artikel Alodokter.com. Minyak Zaitun adalah Minyak Tersehat di Seluruh Dunia dari Segi Medis. Karena mengandung Campuran Antioksidan yg mampu menurunkan Kadar Kolesterol Buruk (LDL) Namun Mampu Mempertahankan Kadar Kolestrol Baik (HDL).

Hanya ada 14% saja dari Zaitun yg Mengandung Lemak Jenuh. Sisanya Mengandung Vitamin E, Vitamin K, Omega-3 dan Omega-6. Namun Dokter Menyarankan. Zaitun Memang Sehat, Tapi Asupan Penggunaannya mesti di batasi karena Kalori Zaitun 100 Gram adalah 885 Kilokalori. Sehingga ngga baik apabila di Konsumsi Terlalu Banyak ya.

5]. GAYA HIDUP OLAHRAGA (FITNESS)

David Atkinson. Direktur Cooper Venture Development Program. Mengatakan Olahraga Bisa Menyehatkan Tubuh Kita Karena Mempelancar Peredaran Darah dan Aktivitas Jantung. Olahraga juga bisa mencerdaskan Otak. Karena Olahraga dapat menambah Hormon Serotonin yang bisa berfungsi Sebagai Modulator Kapasitas Kerja Otak dalam Pemahaman dan Relaksasi.    

Di Sarankan Olahraga Setiap Hari. Minimal 30 Menit – 60 Menit. Olahraga Seperti Berlari, Senam, Jogging, angkat barbel, berkebun, dll mampu menyehatkan Tubuh kita. Sayangnya, Orang Indonesia di Ketahui Juga Jarang Berolahraga. Dan Pola Gaya Hidup yg Buruk. Seperti Jarang Bergerak, dll Bisa Menyebabkan Berbagai Penyakit Seperti Stroke, Hipertensi, Jantung, Tekanan Darah, dll.

6]. SINAR MATAHARI PAGI

Sinar Matahari Pagi Hari Mulai dari Jam 6 Pagi adalah Insulin Alami Bagi Tubuh karena mampu Memberikan Kemudahan Penyerapan Glukosa ke dalam Sel-Sel Tubuh. Selain itu juga mengandung Vitamin D (400 Unit Vitamin D selama 5 Menit). Sinar Matahari juga mampu memberikan Antibodi, Pembentukan Tulang, Penawar Infeksi, Pembunuh Bakteri, Meredam Kolestol Darah dan Mengurangi Gula Darah.

Namun, Dokter menyarankan untuk menghindari Sinar Matahari Pada Siang Hari. Karena Terbukti Bisa Menyebabkan Kanker.  

7]. MAKANAN INSTAN, KUE BERPENGAWET, MSG,



Hindarilah Makanan Instan yang Cepat Saji, JUNK FOOD, Mie Instant, Minyak Gorengan yg Berlebih, Penyedap MSG, Berpengawet, dan Berbagai jenis minuman jus berbotol buah-buahan. Yang Katanya di Klaim Aman untuk di Konsumsi Setiap hari. Namun ternyata di Tambah dengan Zat Kimia dan Zat Pewarna Berbahaya.

8]. VITAMIN, & SUPLEMEN BERBAHAN KIMIA

Vitamin Kimia, Minuman Berenergi dan Suplemen-Suplemen berbahan Kimia. Atau minuman botol berkarbon kimia. Terbukti ngga baik bagi Kesehatan. Hindari Produk ini dari Keluarga Anda karena Sangat Memungkinkan Merusak Ginjal, Hati, Melemahkan Kekebalan Tubuh dan Mampu Mengundang Kedatangan Penyakit Kanker.  

9]. ALKOHOL, NARKOBA dan ROKOK

Di Dalam PUGS : Alkohol, Narkoba dan Rokok adalah Produk Berbahaya Apabila di Konsumsi Secara terus menerus. Dalam Jangka Panjang Mampu Menyebabkan Kanker Ganas.

10]. Batasi Konsumsi Gula, Minyak dan Lemak

Gula, Minyak dan Lemak. Sebenarnya Baik untuk Kesehatan. Karena Sebagai Sumber dan Cadangan Energi. Namun, Dokter menganjurkan untuk membatasi konsumsinya karena bisa menyebabkan Diabetes, Penyakit Jantung, dan Penyempitan Pembuluh Darah Artileri.

11]. Garam Beryodium

Garam Yodium memiliki Gizi yg Penting dalam Pembentukan Hormon TIROKSIN dari Kelenjar THYROID untuk membantu Pertumbuhan dan Kecerdasan. Kekurangan Yodium bisa menyebabkan Penyakit Gondok. Batas Konsumsi Perhari adalah 150 n g atau setara 1 sendok kecil. Namun juga Dokter menganjurkan untuk membatasi penggunaannya ngga melebihi 6 gram. Karena mampu menyebabkan Tekanan Darah Tinggi.

12]. Makanan HARAM

Makanan Haram contohnya seperti : Babi, Anjing, Kekelawar, Tikus, Ikan Patin, Ikan Baung, Unta, Kepiting, Udang, Lele, Belut, Elang, Gagak, Burung Hantu, Burung Rajawali, Bangau, Ular, Cumi-Cumi, Cecak, Marmot, Kelinci, dll. Memakan Makanan Haram bisa menyebabkan kita sering mengalami sakit-sakitan.

Contoh Makanan Halal adalah Ayam, Bebek, Merpati, Burung Puyuh, Sapi, Ikan Mas, Ikan Nila, Ikan Bandeng, Kambing, Kerbau, Rusa, Belalang, Ikan Gabus, dll

13]. Setengah Karbohidrat

Makanlah Makanan Karbohidrat (Contohnya Seperti Nasi). Dengan Setengah dari Kebutuhan Energi kita dan Perbanyak Sayur-Sayuran dan Lauk Pauk. Namun orang Indonesia biasanya terbalik. Sayurnya yg sedikit tapi nasinya yg kebanyakan. Menurut Para Ahli GIZI (PUGS). Hal Tersebut kurang baik.

14]. SARAPAN PAGI

Menurut Para Ahli lagi nih, Karena saya bukan Ahli Kesehatan he he…, Katanya ya. Kita dianjurkan untuk makan 3 kali sehari. Yaitu Pagi, Siang, dan Malam Hari. Sarapan Pagi di Anjurkan Pada Jam 6 - 9 Pagi. Terus tu ya. Pada Malam Hari Sebelum Jam 7 Malam. Celetusnya.

Mengapa Sarapan Pagi Penting. Karena Pas 1 Malam Selama Berjam-Jam ketika Tidur. Tubuh kita ngga ada lagi Pasokan makanan yg masuk. Padahal semua zat-zat tersebut sudah di edarkan ke seluruh tubuh. Sehingga jika kita ngga Sarapan Pagi. Maka Mengganggu Kadar Gula dalam Darah.

Efeknya, Tubuh bisa Mengambil Cadangan Hidrat Arang dan Lemak Pada Tubuh kita. dan jika hal Tersebut juga ngga ada Masukan Makanan Baru Bagi Tubuh. Maka Tubuh akhirnya Merusak Jantung. Dan Menyebabkan Jantung Koroner yg berdenyut-denyut. Denyut-Denyut yg Sakit di Dada ini diakibatkan Tubuh ingin Menyerap Makanan dalam Zat Darah apa yg bisa ia makan yg ia temui dalam Tubuh. Tapi ngga ada Makanan yg Masuk. Akhirnya, Jantung pun diserapnya.

Temuan Penelitian ini saya dapat dari Harvard School Of Public Health (HSPH). (Sumber Forum Detik 13/4/2015). Ini adalah Temuan dari Amerika Serikat yg Sangat Mengegerkan. Bayangkan ya, Hanya Karena Salah Gaya Hidup Lifestyle saja dan ngga Sarapan Pagi Sebelum Jam 9 Pagi. Bisa Menyebabkan Orang Tewas Mendadak Karena “Sakit Jantung”.

15]. MADU

Cairan Madu Asli 100% dari Lebah yg diambil dari Hutan. Di Laboratorium Teruji Secara Klinis sangat Baik untuk Menjaga Kesehatan. Di Anjurkan untuk Minum Madu Rutin Setiap Hari 1 Sendok Sampai Seumur Hidup. Di Ketahui, Madu juga Terbukti Dahsyat dalam Memperpanjang Usia dan Awet Muda. Namun, Berhati-hatilah dengan Madu yg dijual di Pasaran Karena banyak yg Palsu dan di Tambah bahan Kimia Berbahaya.

16]. LINGKUNGAN RUMAH BERSIH DAN ADA POHON.

Rumah atau Tempat Tinggal yg Ideal bagi Kesehatan adalah Yang Memiliki Lingkungan Bersih. Dan juga disekitarnya ada Tanaman Hijau, Rumput Hijau, dan Pepohonan Hijau. Lalu Jauh dari Hiruk Pikuk Polusi Kendaraan Asap Bermotor.

Sebuah Studi yang di Terbitkan oleh Jurnal NATURE (9/7/2015). Peneliti Meneliti dan Melakukan Survei Pada 31.000 Rumah Penduduk di Kanada. Hasilnya di Dapat Bahwa Orang-Orang yg Tinggal di Rumah Tanpa ada Pohon atau Tanaman Hijau. Cenderung Sakit Sakitan dan Terkena Stroke. Ketimbang Orang yg Rumahnya ada Pohon. Umumnya Ia Lebih Sehat.

17]. MEMILIKI PASANGAN CINTA HIDUP SETIA

Bagi orang Indonesia. Artikel Pada Poin #7 ini ya di Anggap “TABU”. Padahal ini justru Menyehatkan dan baik bagi Tubuh, Jiwa dan Raga. Poin #7 ini saya Tujukan Bagi Suami dan Istri yang membina rumah tangga.

Namun, Ilmuwan menyarankan agar ngga berganti-ganti Pasangan. Karena justru bisa berbahaya bagi Kesehatan. menularkan Penyakit Kanker Serviks dan AIDS. AIDS Sampai Saat ini Belum di Temukan Obatnya. Jadi Pastikanlah Kekasih Anda memiliki Kesetiaan dan ngga selingkuh kepada Pihak yg Lain. Namun zaman sekarang di Indonesia, mencari Kekasih yg Setia. Sulitnya ya minta ampun…?    

18]. TIDUR

Menurut Hariansehat.com : Tidur yang Ideal bagi Usia 18-65 Tahun adalah 9 Jam Perhari. Sesuai dengan Irama Jam Tidur. Dan katanya kudu mesti dilakukan Rutin Setiap Hari. Jika Melebihi hal tersebut atau kurang dari jam tersebut bisa menimbulkan berbagai macam Penyakit.  

Jika kita Kemarin hari Begadang tengah Malam dan Hanya Tidur 3 Jam. Namun besoknya pengen utang tidur ini dibalas 17 Jam misalnya. Menurut UNIVERSITAS OF ARKANSAS FOR MEDIAL SCIENCES. Hal ini ngga bisa. ini berbeda. dan berdampak buruk bagi Kesehatan. Ada Baiknya Tidur 9 Jam Setiap Hari Teratur dan juga mesti Bangun Pagi. Celetusnya.

Artikel Lainnya :

19]. MANAJEMEN STRESS

Hindarilah bertemu dengan orang-orang yg membuat Anda Stress, Luangkan juga waktu tidur yg tepat untuk meredam stress. Jika Pekerjaan Menumpuk, Cobalah Sekali-kali menghibur diri atau Bertamasya bersama keluarga untuk menghilangkan Penat dan Stress. Hilangkan juga rasa Dendam, Kebencian, Kecemburuan, Iri Hati, Kemarahan, Pikiran Keras Hati, dll. Karena hal tersebut bisa mendatangkan Penyakit yg Berawal dari Stress.

Cara Paling Ampuh untuk menghilangkan Stress adalah dengan Berdoa dan Mendekatkan diri kepada TUHAN YESUS.;-). Semoga Bermanfaat ya. GBU