Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Telemetry, Teknologi Perpanjangan Signal Pesawat Drone dan Rudal Jelajah Israel (2015)

Telemetry adalah Sebuah Unit Komunikasi System yg di Buat oleh Angkatan Bersenjata Israel. Tujuan utamanya adalah untuk mengakhiri era Komunikasi Satelit OFEQ di Luar Angkasa. Yang Terkesan Bagi Bangsa Yahudi ini, Program Tersebut agak Boros banget, Membutuhkan Biaya Mahal dan Kemampuan Signal & Penglihatannya juga Terbatas Pada Lengkungan Bumi.

Bagi Rakyat Bangsa Indonesia. Telemetry Bukanlah Sesuatu yg Asing ya. Ahli-Ahli Indonesia yg berada di Telkomsel atau lain-lainnya. juga piawai dalam Teknologi Tele-komunikasi ini. Jika diumpamakan di Indonesia. ini mirip banget seperti pada System Base Transceiver Station. Itu lho, Menara BTS yg sering kita lihat sehari-hari di Pinggir Jalan.

Jika Menara BTS milik Indonesia digunakan sebagai Konversi Sinyal Jaringan GSM, CDMA, HSDPA, LTE, 3G , 4G, Internet, dan untuk Radio yg dipergunakan untuk Sipil. Maka berbeda dengan Tele-metry milik Yahudi yg diperuntungkan Khusus untuk Sinyal Radio Militer, Komunikasi Intelijen IDF, Internet Militer, Pendeteksi Sinyal Lawan, Pertukaran Data, dan juga untuk memperpanjang Signal Penerbangan Pesawat Robot Drone.

Foto : Tentara IDF dan Telemetry

TELEMETRY PERPANJANGAN PENERBANGAN DRONE
Membahas “TELEMETRY” sebenarnya agak rumit ya. Karena Berbasis System Digital dan juga ngga lepas dengan Sistem Perlindungan Cyber-nya. Apabila Terkena Serangan JAMMING dan Serangan CYBER lainnya.

Tapi Terlepas dari masalah Tersebut. Sinyal Komunikasi atau Pertukaran Data merupakan hal Penting. TELEMETRY diperuntukan sebagai hal Tersebut. Juga di gunakan untuk memperpanjang basis Sinyal-Sinyal untuk Penerbangan Pesawat Robot Drone atau untuk Penerbangan arah Rudal Jelajah milik Bangsa Yahudi ini. Seperti David Sling, Arrow, Barak8, atau Popeye Turbo.

Tanpa System TELEMETRY. Rudal atau Pesawat Robot Drone milik Bangsa Yahudi ini akan Kehilangan Signal atau Hilang Kontak dengan GCS (Ground Control Station). Sehingga ia ngga bisa terbang lebih jauh. Walaupun sebenarnya Pesawat Drone sangat memungkinkan untuk Terbang Lama hingga 1-3 Hari Tanpa Isi Bahan Bakar. Namun apabila ngga ada signal-signal Telemetry maka Pesawat Drone ngga bisa terbang semakin jauh. ia hanya bisa Terbang berdasarkan Lokasi yg memiliki Cakupan Sinyal Telemetry Tersebut.

SOLUSI PERANGKAT :
Telemetry Terdiri dari berbagai Perangkat. Biasanya Perangkatnya Berbentuk seperti ukuran Kotak Persegi Panjang tapi ada juga yg berbentuk seperti berbentuk Wajan. Ukurannya ada yg Kecil. Tapi ada juga yg Besar. Semakin Besar Perangkatnya Maka Kemampuannya semakin besar pula.

Dibawah ini ada berbagai macam Solusi dari Perangkat-Perangkat Telemetry. Sekilas Jika kita melihat Kemampuannya mirip seperti Radar. Memang Telemetry adalah Bagian Sistem dan Perangkat-Perangkat Komponen dari Radar itu sendiri.


Ini dia daftar Perangkat Komponennya :

FTS : Perangkat FTS digunakan untuk Pertukaran Data dan Komunikasi Sistem Terminal Penerbangan Pesawat Israel untuk mengetahui Keberadaan Pesawat.  

AFTS : Memiliki Kemampuan dalam Sistem Menargetkan Ancaman dari Rudal atau Artileri.

ETRAX : Untuk Telemetry Menerima Pertukaran Data Komunikasi Digital Penerbangan atau Keberadaan Infantry.

TLM : Sistem Penyelaras

TSTAR : Afrid ngga Tahu yang ini. Sulit saya Pahami..?? &^$^%#&&$

QUICKVIEW : Sistem untuk Analisis Matematika.

TAC202 : Afrid ngga Tahu juga yang ini. Sulit saya Pahami..?? &^$^%#&&%. Tapi katanya untuk mengetahui Sistem Waktu atau Pengolahan Waktu.

ADS : Ngga tahu juga yg ini sulitnya minta ampun untuk dipahami…? Tapi katanya untuk Transmisi Aliran Data Telemetry.

PERLINDUNGAN : Untuk Saat ini, Perlindungan Jaringan dari Serangan Cyber meliputi System buatan ELTA. Yaitu EL/M2160 MAWS, EL/M2160F , EL/L-8212/22, EL/L8247/8RWJS, EL/L-8260/2, dan ARC-840.

MIL STD 1553 / SIMULATOR :  Memiliki 2 Fungsi Sebagai Jaringan untuk Latihan Tentara IDF Israel dan digunakan juga untuk Kepentingan Sipil dan Pemantauan Komunikasi Sipil.

BASIS DARAT, LAUT dan UDARA :
System TELEMETRY mampu Berkomunikasi antara satu Platfrom yg lain ke Platfrom yg Lainnya. Ia juga mampu di Tempatkan di Darat Berbasis Mobil Perang, Truck Radar atau Bahkan hingga ke Tentara IDF itu sendiri di bawa Pada Punggungnya.



Untuk Lautan, Ia bisa di Aplikasikan Pada Kapal Perang Jenis SAAR. Kemudian untuk Basis Udara. Ia juga Bisa di Aplikasi Kepada Pesawat Berjenis G550. Yang telah ditanam berbagai macam Perangkat untuk membantu memperpanjang Sinyal-Sinyal Penerbangan Pesawat Tak Berawak Drone agar Terbang Bisa Lebih Jauh ke Depan. Atau untuk mentransfer data ke Ground Control Station yg Berbasis di Darat secara Real Time.


Artikel Lainnya :

Selain itu, Perangkat ini juga Israel aplikasikan Pada Balon Terbang.


Semua Basis saling Terintegrasi Bekerjasama ke dalam 1 Ground Control Station ke 1 Ground Control Station yg Lainnya dan Ke Ground Control Station yg lainnya lagi dan ke Ground Control Station lainnya lagi ke Ground Control Station yg Lainnya Lagi.

Semuanya nanti akan Bekerjasama dan Terhimpun ke dalam 1 PUSAT KONTROL COMMANDO CYBER YG TERBESAR PUSAT DARI SEGALA PUSAT.


Di Tempat PUSAT CONTROL CENTRAL ini juga akan di Tempati oleh Orang-Orang Paling Penting di Dalam Pemerintahan Israel. Seperti Panglima Perang atau juga dapat di Akses oleh Presiden dan Perdana Menteri Israel.

Video TELEMETRY

Semoga Bermanfaat. GBU