Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Carl Gustaf M4, Sistem Cerdas Penghancur Tank Terbaru Swedia (2015)

Pada Tahun 1948. Negara Swedia melalui Perusahaan Teknologi Pertahanan Negara SAAB BOFORS DYNAMICS. Telah Terkenal ahli dalam Pembuatan Senjata Amunisi Taktis Genggam dengan Fleksibilitas yg Semakin Canggih ya.

Nah, Indonesia merupakan Salah Satu Negara yg Telah Bekerjasama dengan Negara ini Swedia. Dan juga Indonesia Telah Memborong Alat ini untuk Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Kelompok Pasukan Khusus (Kopassus) demi Kedaulatan Bangsa RI.

Oh ya, Salah Satu Produk Senjata Terbaru Swedia Pada Tahun 2014 yg Lalu di Ajang AUSA adalah Produk yg kita sebut dengan nama “CARL GUSTAF M4

Perkembangan Teknologi Militer Swedia
Tiap Hari Terus Berkembang, Melalui Inovasi Ilmuwan Swedia yg ngga Pernah Berhenti. Kami (Swedia.red) Menawarkan Suatu Persenjataan Mutakhir CARL GUSTAF M4.

Ini adalah Sistem Lebih Cerdas, Lebih Ringan, Lebih Cepat, dan Presisi Kemampuannya sangat di Jamin. Kami menjamin, Tentara-Tentara atau Infantry darat akan memiliki Teknologi Maju di ujung jari mereka untuk menghadapi ancaman Armada-Armada Tank, Kendaraan Lapis Baja, Gedung-Gedung, Perang Perkotaan, atau menghancurkan Bunker.


Carl Gustaf telah melalui Proses Inovasi yg Panjang. Pada Awalnya, Pada Tahun 1948. M1 CARL GUSTAF di buat oleh Swedia melalui Ilmuwan Perancang SAAB dari Hugo Abramson, Sigfrid Akselson dan Harald Jentzen. Namun kala itu beratnya hingga 16 Kg. Karena Swedia belum menemukan Material Komposit dan Material Aluminium Alloys.

Nah Setelah di Temukannya Material Tersebut. Pada Tahun 1964. M2 Tercipta dengan Bobot Berat Badan Hingga 14 Kg. Pada Tahun  1991 di Temukan Komponen Polymer dan Fiberglass. Sehingga Model Terbaru jenis M3 Terciptakan dengan Bobot yg Lebih Ringan Lagi hingga 9 Kg.


Pada Tahun 2014. SAAB akhirnya memperkenalkan lagi, M4 Jenis Terbaru yg Lebih Ringan Lagi hingga 7 Kg. Ini Berkat Komponen Material Fiber dan Titanium. Alhasil, saat Artikel ini saya Tulis bagi Anda. Ini adalah Salah Satu Versi Tercanggih, Teringan dan Tercepat.

M1 Berat 16 Kg

M2 Berat 14 Kg

M3 Berat 10 Kg

M4 Berat 7 Kg

Spesifikasi M4
Walaupun Ukurannya Ringan hanya seberat 7 Kg dengan Panjang 1.000mm. Tetapi M4 Mampu Menembak Hingga Jarak 1.000 meter (1 Km). Ia juga mampu menghancurkan Kendaraan Lapis Baja dengan add-on Armor perlindungan, Mampu menghancurkan Kapal yg berlayar di Tepi Pantai dan mampu menghancurkan Bunker dari Jarak 1 Km.

M4 mudah di bawa kemana-mana karena sifatnya yg ringan dan Fleksibel. Ia juga didukung dengan Sistem Bidik yg Telah di Perbaharui.

Teknologi Bidik Tersebut dinamakan CLIP-ON. Yaitu Standar Teleskop Pada Rel Picatinny untuk memungkinakan sang Tentara melihat Pemandangan yg Lebih Akurat dan Jelas. Ia juga jika di Perlukan, Bisa di Bongkar Pasang dengan Pembidik REDDOT. Yaitu Suatu Penglihatan Pemandangan dalam Menguatkan Penglihatan disaat Pertempuran malam atau sebagai Penguat Gambar Jarak Jauh. 

Tetapi, Apabila Sang Tentara Tak Menginginkan. Ia Bisa di Lepas dan Mengandalkan Penglihatan Mata Terbuka dari Insting sang Tentara.

Untuk Menggunakan M4 membutuhkan 2 Tentara. (1 Tentara untuk Menembak dan 1 Tentara untuk Mengisi Peluru Amunisi Bom (Loader). Sang Tentara bahkan Bisa Mengisinya Berkali-kali.


Artikel Lainnya :

Ujicoba Sukses
M4 Telah di Gunakan dan di Uji di Perusahaan Test Center Bofors Karlskoga, Swedia Pada Bulan September 2014 yg Lalu. Sistem Senjata Genggam Bahu ini di Nyatakan Sukses. Dalam Demonstrasi Ujicoba. M4 berhasil menghancurkan Bunker dan Tank.

Swedia berharap Pada Tahun 2016. M4 Telah di Gunakan untuk Menjaga Kedaulatan Negara Swedia dan Juga untuk Penjualan ke EKonomi Internasional. 

Semoga bermanfaat ya. GBU