Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membulatkan Adonan Pentol Bakso agar menyerupai Bola dgn Tangan Manual (2015)

Hai Teman Teman di Seluruh ‘Nusantara’. Kembali lagi nih, bersama Afrid di Pembahasan kita Tentang : Cara Membulatkan Adonan Pentol Bakso agar bisa Menyerupai Bola dengan menggunakan Tangan secara Manual.

Semua Orang Pasti Suka ya makan ‘Pentol Bakso’. Rasanya yg Gurih dan Nikmat Membuat Semua Orang di Indonesia menyukai Makanan LEZAT ini. Saya Percaya. Anda yg membaca Artikel ini. Pasti Pernah makan Pentol bersama Keluarga Tercinta Anda.

Oh ya, Mungkin, Teman-Teman Bertanya. Bagaimana sih Cara Membulatkan Adonan agar bisa Membentuk Bola Pentol. Di Bawah ini adalah Tutorial Caranya. Semoga Bermanfaat ya.

Foto : Pentol Raksasa
Adonan Tersedia
Sebelumnya, Afrid minta maaf kepada Anda ya. Karena Artikel ini hanya mengupas tentang cara Membulatkan aja. Soalnya untuk membuat Adonan. Jujur aja Afrid ngga tahu banget. Bagi Anda yg udah Master dan Jago Banget masak dan Makan Bakso.

Mohon Artikel ini ngga diketawain ya. he he…,

OK, daripada berlama-lama. Nanti Lapar. Yuk. Langsung aja kita bekerja membulatkan Pentol. [NB : Catatan : Adonan Telah Tersedia].

Foto : Jadi Laper. Nyam Nyam...

Alat-Alat yg di Perlukan
Adapun Alat-alat dan Perlengkapan yg digunakan adalah Sebagai Berikut

~ Gelas

~ Panci

~ Kompor

~ Sendok

~ Sarung Tangan

~ Mangkok

Langkah – Langkah :  
Yaitu Berdoa dulu ama Tuhan. Kalau Anda beragama Islam. Berdoalah kepada Allah S.W.T. dan bagi Anda yg beragama Kristen. Berdoalah kepada Tuhan Yesus Kristus. Tujuan Berdoa adalah agar Bulatan Pentolnya nanti bisa berbentuk bagus.

Yuk, Langsung kita mulai ya.

Langkah 1 :
Cuci Tangan kita dengan Air Bersih yang Mengalir. Atau Bisa juga dengan Menggunakan Sarung Tangan agar bisa Lebih Steril.

Langkah 2 :
Siapkan Gelas yang Berisikan Air Es. Tujuan Air Es ini adalah Untuk Membersihkan Sendok dari Gumpalan-Gumpalan Adonan agar ngga Lengket di Sendok.


Langkah 3 :
Panaskan Air di Panci Kompor dengan Takaran Suhu yg Hangat. Kira-kira 55 Derajat Celsius.

Langkah 4 :
Ambil Adonan, dan mulai remaskan dengan Jari membentuk Bola. Untuk Melepas atau Memisahkannya. Anda bisa menggunakan Sendok yg Telah di Sediakan. Kalau Sendok Terasa Lengket banget, Celupkan Sendok Tersebut ke dalam Gelas yg berisi air Es.

Oh ya, Ukuran Besaran Bulatannya Tergantung Selera Anda masing-masing ya. Untuk Informasi Detailnya. Bisa Melihat Pada Tutorial Gambar di Bawah ini ya.


Langkah 5 :
Nah, Jika Langkah Pada Tahapan Nomor 4 Telah diikuti. Simpanlah atau Tuangkanlah Pentol yg sudah bulat tersebut ke air hangat di atas Kompor. Tujuannya agar bulatannya semakin mengeras dan juga biar bisa masak.




Artikel Lainnya :

Langkah 6 :
Jika Bulatan Pentol udah di masukan ke dalam Air Hangat. Apabila Anda melihat Tanda-Tanda Pentol mengambang di atas air. Ini Berarti Si Pentol sudah bisa di ambil untuk di santap bersama keluarga tercinta Anda.

Di Bawah ini adalah Foto Dokumentasi milik Keluarga saya yg sudah berhasil. Selamat Menikmati.

Foto : Pentol. Dokumentasi Pribadi







Info Lengkap + Video Tutorial
Bagi Teman Teman yg Kesulitan dalam memahami Artikel ini. Kita Bisa Melihat Video Youtube dari Ibu Kursustistar.com Yang Telah Menyajikan Langkah-Langkah ini Secara Lebih Detail.


Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU