Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SOM-J, Rudal Penghancur Kapal Perang buatan Turki Siap Operasional (2015)

Negara Turki Melalui Perusahaan Teknologi Militer “ROKETSAN dan TUBITAKSAGE”. Pada Beberapa Tahun yg Lalu Telah Membuat Portofolio dan Sebuah Perencanaan untuk Menciptakan Rudal Terbaru dari Pengembangan SOM ke SOM-J.

Oh ya nih, Bagi Anda yg Belum mengetahui Tentang Informasi Persenjataan ini. SOM atau (SathaArilan Orta MenziliMuhimmat) adalah Sebuah Senjata Rudal Jelajah yg Mampu Terbang Sejauh 250 Km untuk Menghancurkan Bangunan & Kubu Pertahanan Musuh, Menghancurkan Pesawat yg sedang di Parkir dan juga bisa menghancurkan Basis Kapal Perang Musuh. Senjata SOM adalah Buatan Bangsa Turki.


Pengembangan Generasi SOM-J Terbaru 2016
SOM-J, Sebenarnya adalah Pengembangan dari SOM. Seperti yg udah kita bahas di atas tadi ya. He he..,

Nah Menurut Angkatan Bersenjata Turki. Senjata SOM udah di Integrasikan kepada Seluruh Armada Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dan F-4E milik Turki.

Kalau Teman-Teman ngga Percaya ama Afrid. Nih, Afrid kasih Video Trailernya ya.

Video Trailer

Nah, Gimana. Udah Liatkan. SOM udah di Integrasikan ke Seluruh Armada Pesawat Tempur Turki. Menurut GlobalFirepower.com : Turki adalah Bangsa Terkuat Nomor #1 di Timur Tengah. Negara Turki juga Piawai dan Paling Jago di Negara-Negara Arab Timur Tengah dalam Membangun Industri Basis Teknologi Militer. Bersaing dengan Bangsa Iran dan Israel di Timur Tengah.

Senjata SOM buatan Turki. Memiliki Ledakan yg Sangat Besar. Anda bisa melihat Tadi di Video. Betapa mengerikan ya Ledakan besar dari Senjata SOM.

Seakan belum Puas dengan Kemampuan SOM. Turki mengembangkan Lagi Generasi Terbaru yg Lebih Canggih yg disebut dengan “SOM-J

Tentang SOM-J

SOM-J sebenarnya sama dengan senjata SOM. Namun, Beberapa Teknologi dari SOM-J Telah di Perbaharui oleh Negara Turki. Meliputi dari Teknologi Algoritma yg dipercanggih, Sistem Inertial Navigation System yg dipercanggih, System Geometri di Perbaharui, Sistem Aerodinamis yg dimodernisasikan, Payload di Rampingkan, System Imager Infrared Pendeteksi Target yg di Perbaharui, dan juga memperbaharui Sistem GPS + Datalink.

Sehingga dengan Pembaharuan ini. Membuat Rudal SOM-J. Lebih Ampuh dari Generasi Terdahulu. Ia juga Mampu Mendeteksi Target yg Bergerak, Mampu Mengambil Gambar Snapshot Secara Realtime dan Memperbaharuinya. Sehingga Arah Tembakannya Lebih Tepat Sasaran.

Dengan Bentuk Tubuh Kecil. Yang Hanya Memiliki Panjang 3,6 Meter. Dan Di Lengkapi dengan bahan Komponen Komposit yg Ringan. Rudal SOM-J juga diyakini bisa agak sedikit merepotkan Sistem Radar Musuh. Sehingga Bisa Menguntungkan Rudal ini untuk Menembus Sistem Pertahanan udara.

Foto : SOM-J di Pamerkan di Stand Roketsan
SOM-J di Tembakkan dengan Jumlah Banyak dalam Sekali Tembak. Dengan Ukuran Tubuh yg Kecil dan di Terbangkan dalam Skala Banyak. Bisa Membuat Sistem Radar dan Pertahanan Udara Musuh Bakalan Kerepotan dalam Mengantisipasi Serangan SOM-J.

Di Tambah Lagi, SOM-J mampu Terbang Cepat ke Arah Target Musuh Secara Tak Menentu dengan Menukik. (Berputar Putar, Menukik Ke Bawah atau Menukik ke Atas) Sehingga dengan Arah Terbang yg Tak Menentu. Mampu Merepotkan Sistem Pertahanan dan Perisai udara Musuh.

Perdebatan Senjata SOM-J
Perdebatan Pernah Muncul. Pada Tanggal 28 Desember 2011 yang Lalu. Di Mana Kala itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Waktu itu, Beliau masih Perdana Menteri). Beliau pernah meminta agar Rudal SOM-J di Kembangkan untuk Bisa Menembak hingga Jarak 2.500 Km.

Tetapi Nyatanya. Pada Tahun 2015 ini ya. Rudal SOM-J hanya dikembangkan untuk Jarak Tembak hingga 250 Km saja. Alih-alih mengembangkan Rudal Penghancur yg Bertubuh Besar. SOM-J malah diciptakan hanya memiliki ukuran tubuh kecil. Sekecil 3,6 meter saja.

SOM-J juga di Rancangan Khusus. agar bisa dibawa dan dimuat oleh Pesawat tempur F-35 Lightining di Tembakkan Melalui Udara.

Artikel Lainnya :

Siap Operasional 2016
Foto : F-35 Lightining Milik Amerika Serikat yg di Pesan oleh Turki 2018
Di Lansir dari Website Flightglobal.com (26/11/2015). Senjata SOM-J di Harapkan Telah Selesai di Kembangkan Pada Akhir Tahun 2016.

SOM-J nanti akan di Pasang Pada Pesawat tempur F-35 Lightining milik Turki yg akan Tiba Pada Tahun 2018 nanti. SOM-J diharapkan Pada Tahun 2017. udah Siap Masuk Dinas Militer Turki.

Untuk Tahun 2017. SOM-J akan di Ujicoba pada Pesawat tempur F-16 milik Turki. Namun, Barulah Pada Tahun 2018 akan Sangat Siap Operasional. 

Video Trailer

GBU