Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

X-2 Shinshin, Pesawat Tempur Siluman Pertama Jepang (2016)

X-2 SHINSHIN dulu namanya adalah ATD-X. Yaitu Advanced Technology Demostraktor X. Merupakan Sebuah Usaha Semangat dari Ilmuwan-Ilmuwan dan Pemerintahan Jepang untuk menciptakan Pesawat Tempur Siluman Mandiri. Tanpa Melibatkan pihak Amerika Serikat.

Pada Tahun 1980 yang Lalu. Amerika Serikat Sudah Bisa Menciptakan Pesawat Siluman. Kemudian, Pada Tahun 2010. Negara Rusia juga Telah Bisa Menciptakan Prototype Pesawat Siluman. Kemudian Pada Tahun 2011. Giliran Negara Tetangga Jepang. Yaitu China. Yang juga mulai Piawai dalam membuat Jet yg Sulit di Deteksi oleh Radar. Kini, Pada Tahun 2016. Giliran Jepang yg Unjuk Gigi dengan Semangat Tinggi.  

Jepang ambil bagian Proyek “Semangat Jantung
Pada Tanggal 29 Januari 2016. Jepang memperkenalkan “X-2 SHINSHIN”. di Bandara Nagoya.

Ini adalah Pesawat Siluman Pertama milik Negara Jepang. Harapannya 100% Asli Milik Jepang Tanpa Campur Tangan Lagi dari Negara AS. X-2 SHINSHIN sepenuhnya dibuat oleh Perusahaan Mitsubishi Heavy Industries.

Mitsubishi Heavy Industries adalah Perusahaan Raksasa di Dunia yang berasal dari Jepang. Ia Terkenal Sebagai Perusahaan Pembuat Mobil, Pembuat Truck Angkut Pasir, Pembuat Komponen Otomotif, Pendingin Udara, Pembuat Komponen Pesawat Kedirgantaraan, Peralatan Pembangkit Listrik, Kendaraan Peluncur Luar Angkasa, Pembuat Rudal, Satelit, Kontraktor Perkapalan dan Militer, Pembuat Energi Tenaga Angin, Pembuat Baterei, Pembuat Komponen Kendaraan Tempur Lapis Baja, Pembuat Bus, Pembuat Satelit, Pembuat Kompresor, Torpedo, Kapal Perang, Kapal Pesiar, dll

Wow…, Besar Banget ya.

Oh ya, Hampir Lupa nih. Selain dibuat oleh Mitsubishi Heavy Industries sebagai Kontraktor Utama. X-2 SHINSHIN juga dikabarkan bekerjasama dengan Perusahaan Jepang yg Lainnya dari Ishikawa Heavy Industries atau disebut juga Perusahaan IHI Corporation. Sebuah Perusahaan yg ahli dalam menciptakan Mesin Jet, TurboCharge dan Pembangkit Listrik. Selain itu juga Bekerjasama dengan 220 Perusahaan Dalam Negeri Jepang yg Lainnya.

Mengejar Ketertinggalan
Pada Tahun 2011. Negara Tetangga Jepang, ‘China’. Telah Lebih Dulu Menciptakan Prototype Pesawat tempur Siluman Chengdu J-20. China juga Telah Melakukan Berbagai Uji Terbang.

Mantan Perdana Menteri Shinzon Abe. Jepang. Mengatakan Ingin Mengejar Ketertinggalan dan Ingin Menjadi Bangsa Negara ke 4 di Dunia yg Bisa Menciptakan Teknologi ini. Sekaligus memperkuat Peran Angkatan Bersenjata bela diri Jepang dengan Produk Pribumi. Sahutnya.

Pada Tahun 2009. Proyek ini di Luncurkan dan Mulai di Kerjakan. Di Perkirakan Uang yg di Gelontorkan Telah Habis Terpakai Hingga Tahun 2015 untuk Menciptakan Teknologi ini Mencapai Di atas Rp 4 Triliun, 500 Miliar (Jika di Kalkulasikan dengan Kurs Rupiah ya)


Tetapi Uang ini di Perkirakan Masih Terus Membengkak, Karena X-2 masih berupa bentuk Prototype. Jepang Tetap akan Terus Mengelontorkan Uangnya Hingga Tahun 2030 Hingga Proyek ini Sempurna dan Siap di Produksi Massal.  

Fitur Desain Rencana Masa Depan
Foto : X-2 atau Eksperimental X-2.

X-2 saat ini seperti pembahasan kita diatas ya masih dalam bentuk Penelitian. Rencananya Tahun 2016 akan Melaksanakan Uji Terbang. Pada Tahun 2018. Rencananya akan di Uji Lagi Berbagai Sistemnya.

Untuk Fitur Desain dan Rencana Masa Depan. Jepang yg Berharap Pada X-2. Ketika nanti menjadi F-3. Sangat Berharap Pesawat ini memiliki Fitur Kemampuan Self Repairing Flight Control Capability. Yang artinya. Mampu Mendeteksi Secara Otomatis apabila mengalami Kerusakan.

Ia juga di Percaya memiliki Fitur Komunikasi yg Canggih, Kebal Terhadap Elektromagnetik, dan Mampu Melakukan Aksi Siluman dengan Kemampuan Mobilitas yg Tinggi.

Takahiro Yoshida. Seorang Pejabat yg Bertanggung Jawab atas Proyek X-2 mengatakan : Aku Tidak bisa Menjelaskan Rinciannya Lebih Detail. Tapi Kami Berusaha Teknologi yg diciptakan ini Sangat Tinggi. Celetusnya. Seperti yg Saya Lansir dari Dailymail.co.uk. (29/1/2016)

Spesifikasi Prototype X-2 (RENCANA)
Foto : Ilustrasi Masa Depan
Kru : 1 Pilot

Panjang : 14 Meter, Lebar 9 Meter, Tinggi 4 Meter

Kecepatan : Mach 2,2 (atau 2.250 Km/Jam)

Jarak Tempur Perang : 3.200 Km

Mesin : 2X IHI XF5-1 Lowbypass Turbofans Dry, 49.03 kN (11.023 Lbf) dgn Afterburner.

Artikel Lainnya :

Video Trailer

Semoga Bermanfaat ya. GBU