Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

EL/M2060P. Teknologi Search Pengintai Mandiri Pesawat Tempur Israel (2016)

EL/M2060P atau dengan Nama Lengkapnya ELTA ELM 2060P SAR POD adalah Sebuah Teknologi Radar Pengintai untuk Pesawat Tempur Israel.

Perusahaan Militer Israel Melalui Badan Lembaga anak Perusahaan milik Pemerintahan Israel IAI kini mampu menciutnya dalam ukuran Lebih Kecil dan Kompleks. Ibaratkan Menyiutkan ukuran Batu Raksasa menjadi seukuran Biji Kacang.  

Nah Sepintas, Jika Kita Melihat Bentuk Tampilan Fisiknya. Ia Mirip Seperti Tabung Rudal. Sekilas, Jauh Banget ya dari Kesan Tampilan Radar yg Umumnya Kita Ketahui Berbentuk Parabola Berputar Rotodome Raksasa. Radar milik Israel ini justru mirip Tabung. Tapi kita ngga boleh Terkecoh ya, Karena Sebenarnya Ia adalah Radar.


ELTA ELM 2060P SAR POD
Teknologi ELM 2060P. Special dirancang Khusus untuk Pesawat Tempur Fighter. Contohnya Seperti F-16 Falcon Fighting, F-15 Strike Eagle, dll.

Tujuannya untuk memberikan Kinerja Tinggi Sistem Pengintaian Reconnaissance yg Fleksibel dan Pendeteksian Dini secara Mandiri untuk Pesawat-Pesawat Penyerang.

Teknologi ELM 2060P. Biasanya di Pasang dan di Instal Pada Bagian Bawah Pesawat tempur.

Foto : ELM 2060P

Berkat Kemampuan Tambahan Synthetic Aperture Radar dan Ground Moving Target Indication GMTI. Ia mampu Mendeteksi Target Bergerak maupun yg Tak Bergerak. Ia juga mampu mendeteksi segala sesuatu yg ada di daratan, Laut atau udara.

Dalam keadaan Hujan, Siang, Malam, Kabut, Asap atau Tertutup Awan Kebal. Ngga Menjadi Halangan Baginya dalam Mendeteksi Target.

Sistem Radar Bekerja secara Otomatis 

Dalam melakukan pendeteksian Target. Pilot Pesawat Tempur sama sekali ngga melakukan lagi Kontrol secara Manual seperti pada Umumnya. Ia murni di Lakukan oleh Algoritma Komputer secara Otomatis.

Sistem Algoritma Komputer ini bahkan Mampu Mendeteksi Target yg Tak Mungkin Bisa di Lihat oleh Mata Pilot Manusia Pada Layar Komputer. Contohnya Target Tank yg Bersembunyi dengan Penyamaran Sama Seperti Warna Pohon. (Kamuflase).

Tetapi, Sistem Radar ini juga menyediakan Fasilitas Manual. Apabila Pilot menginginkan Melihat Target Secara Manual di Depan Layar Komputer.

Sistem ini juga menyediakan Kemampuan Pengiriman Data Informasi Komunikasi Link Secara Intranet ke Sebuah Stasiun Pengamatan Militer yg Berada di Darat. Sehingga Hasil Gambar dari Hasil Tangkapan Radar. Bisa Lebih Banyak di Lihat dan di Amati oleh Banyak Sekali Mata Tentara-Tentara Kontrol Pengamat Intelligence Data yg Berada di Daratan.

(3-6 Tentara yg Lainnya Bisa Mengawasi dengan Mata yg Tajam di daratan Sesembari Sang Pilot sedang Mengudara. Sistem Komunikasi dilakukan secara REALTIME dalam Hitungan Detik).  

Kelemahan dan Keterbatasan
Sistem ini memiliki Kelemahan dalam menambah Beban Berat pesawat tempur. 1 Unit ELM 2060P memiliki Berat Hingga 560 Kg. Ia juga Memotong Perlengkapan Persenjataan dan Menghambat Kecepatan Manuver Pesawat.

Bandingkan dengan Radar Pesawat Tempur AESA Pada Umumnya yg di Pasang Pada Bagian Moncong Pesawat yg Terkesan Lebih Ringan. ELM2060P Justru Lebih Berat.

ELM 2060P mampu mendeteksi Keberadaan Tank Musuh dari Jarak 463 Km. Tetapi, Teknologi ini juga memiliki Keterbatasan dalam Pendeteksian yg Tak Sekompleks Pesawat AEW&C Airborne Early Warning and Control. Sehingga Peran Pesawat Peringatan Dini Tetap Masih di Butuhkan untuk Pengawasan yg Lebih Superioritas di Udara.

ELTA-ELI3360_G5000-1021x483.jpg (606×295)

pesawat+tempur.png (606×396)
Foto : Pesawat AEW&C milik Israel didampingi Jet Tempur F-16 melakukan Patroli udara
Selain itu, ELM 2060P ngga dilengkapi dengan Keamanan Peperangan Elektronik. Sehingga dibutuhkan unit Tambahan Teknologi dari ELTA ELL 8251. Apabila Pesawat ingin Lebih aman dari Perang Elektronik.

Foto : ELTA ELL 8251 Sistem Peperangan Elektronik


Artinya, Jika Alat Tambahan Keamanan Elektronik di Install Pada Pesawat Tempur bakalan Tambah Payload Bikin Berat. Karena Mesti Menginstall 2 Alat Sekaligus dalam 1 Pesawat Tempur. Belum Lagi di Tambah Beban Persenjataan.

Artikel Lainnya :

SPESIFIKASI :
Nama : Radar ELM 2060P

Buatan : Israel

Keluaran Produksi : Tahun 2014

Jarak Deteksi Pengendusan : 463 Km

Berat : 590 Kg

Power Supply : 3.5 KW max

Video Output : RS 170 (05 CCIR)

Data Link : EL/K-1850, C, X, Ku Band, Fuul Duplex, LOS

Pemprosesan Data : Human ke Algortima Machine atau Machine ke Human. (Manusia).

Sistem Perlengkapan : IMINT Interpretation and Extraction of valuable Image Intelligence

Video Trailer

Semoga Bermanfaat. GBU