Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

P-8A POSEIDON, Pesawat Khusus Pengejar dan Penghancur Kapal Selam (Amerika Serikat) (2016)

Kapal Selam merupakan Musuh yang Menakutkan Bagi Seluruh Penjuru Dunia. Ngga Berlebihan, Jika Negara Barrack Obama Amerika Serikat. Menganggap Kapal Selam adalah Monster Siluman Bawah Laut bagi Keamanan Negaranya.

Bagaimana ngga ya,  Kapal Selam Ibarat ‘Siluman’. Mereka Menyelam di Bawah Laut yg Dalam. Sehingga Sulit untuk Mendeteksi Keberadaannya.

Di Laut Perairan Internasional yg Luas. Kapal Selam musuh bisa aja Berlayar di Laut Internasional dekat dgn Perbatasan Laut Negara. Lalu, Tiba-Tiba Kapal Selam muncul menembakkan Rudal.

Bagaimana cara untuk menemukannya Lagi, Bagaimana cara mendeteksinya, Bagaimana cara untuk menghancurkan Kapal Selam Tersebut. Yg Kemudian Tenggelam hilang Sirna ke Laut Internasional bersama Nyi Roro Kidul. He he..,

P-8 POSEIDON, Pesawat Pengejar Kapal Selam
Foto : P-8 POSEIDON
Perusahaan ‘BOEING’ asal Amerika Serikat. Menawarkan Solusi Teknologi dalam Resep Obat untuk Mengatasi Penyakit Permasalahan Tersebut. Yaitu Menciptakan P-8 POSEIDON.  

P-8 POSEIDON Resmi di Ciptakan Pada November 2013 yg Lalu menggantikan Pesawat P-3 ORION yg udah Tua. dan dianggap ngga Energik Lagi di Tengah-Tengah Perkembangan Zaman Teknologi Kapal Selam Musuh-Musuh Amerika Serikat yg Semakin Maju.

Foto : P-3 ORION

Contohnya Seperti Kapal Selam milik Rusia dan China yg semakin canggih. Pesawat P-3 ORION dianggap udah ngga layak untuk meladeninnya lagi. Karena udah beda kelas deh. Masa kelas bulu lawan kelas berat ya. Bisa K.O di Ronde 1 dia. Maka, P-8 POSEIDON yg dianggap siap menjadi Lawan imbang bagi Kapal-Kapal Selam China dan Rusia.

Sistem Canggih Pada ‘P-8 POSEIDON’
Foto : P-8
P-8 POSEIDON. Sebenarnya dikembangkan dari Pesawat Sipil dari Jenis BOEING 737-800 Tetapi, ini Berbasis Militer. Sebagian Kecanggihan Sistem P-8 POSEIDON mengambil Kemampuan dari Pesawat P-3 ORION yg Telah di Upgrate Lebih Modern.

P-8 ditanami Fitur-Fitur Sistem Canggih. Seperti Sistem APY-10 untuk Radar Pencari Permukaan. LSR Littoral Surveillance Radar System, Airborne Sensor Radar, dan juga SONOBUOYS.

Foto : Kru P-8A Sedang Mengecek Sonobouys yg Berjumlah Puluhan Unit


Bagi Teman-Teman yg Belum Tahu. SONOBOUOYS adalah Alat Sonar yg Menjadi Andalan P-8 dalam Mendeteksi Kapal Selam Musuh di Laut Internasional. Dulu, Pernah pengen memasang Alat Sensor Hidrokarbon. Agar Mudah Mendeteksi Uap Bahan Bakar dari Kapal Selam. Tetapi, Amerika Serikat malah memutuskan untuk menghapus Sensor Berat dan Mahal Tersebut. Di Ganti saja dengan SONOBOUOYS yg Relatif Kecil, Efektif dan Murah.

SONOBOUOYS biasanya dijatuhkan dari Pesawat. Cara Kerjanya dengan Mendeteksi Permukaan Laut yg dianggap mencurigakan. Lalu SONOBOUYS di Jatuhkan dari Udara.


Ketika SONOBOUYS jatuh ke Laut. Ia akan menjadi Pelampung. Hal ini Bermaksud agar Pemancar radio tetap aktif di Permukaan Air untuk mempermudah Komunikasi ke Pesawat P-8 yg ada di udara.

Disisi Lain, di Bagian Bawah SONOBOUYS akan Turun Sebuah Peralatan Sensor yg dierat dengan Kabel. Nah, Peralatan yg Turun ke bawah laut ini lah yg memancarkan Relay Akustik Informasi Radio dan Radar Sensor Bawah Laut untuk Pola Pendeteksian Kapal Selam.

Jika Kapal Selam musuh ngga di temukan. Maka Pesawat P-8 bisa Terbang lagi ke Lautan yg Lain dan Kembali menjatuhkan SONOBOUYS.

Di Lengkapi Rudal-Rudal Berat
Jika Kapal Selam musuh Terdeteksi oleh Sensor SONOBOUYS. Maka, Alat Kecil ini Langsung Memberikan Komunikasi Radio Kepada Pesawat P-8 POSEIDON. Bahwa Telah di Temukan Kapal Selam dari Pihak Musuh.

Untuk Penyelesaian Masalah. P-8 di Lengkapi Rudal-Rudal Kelas Berat. Seperti HARPOON, MARK54 TORPEDO, dan RUDAL BOM-BOM Kelas Berat yg Tersimpan di Weapon Bay atau Sayap.

Harga P-8  
1 Unit P-8 Memiliki Harga Sekitar Rp 3,4 Trilun (Kurs 13.500).

Tahun 2015 Negara Amerika Serikat Membeli 28 Unit Alustista P-8 ini. Selain berburu Kapal Selam. P-8 juga berguna untuk berkomunikasi dengan Pesawat Drone MQ-4C Triton untuk Keamanan Intellijen Elektronik dan Patroli Maritim Lebih Lama.

Foto : Drone Patroli Maritim MQ-4C yg Mampu Terbang 24 Jam Tiap 1 Kali Isi Bahan Bakar

Spesifikasi
Nama : P-8 POSEIDON

Kecepatan : 907 Km/Jam

Kru : 7-9 Orang

Panjang : 39 meter

Lebar : 37 meter

Ketahanan : 6 Jam

Jelajah Radius Terbang : 2.222 Km

Artikel Lainnya :

Video Youtube

GBU