Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9R333 Verba, Rudal Ringan Genggam Pertahanan Rusia dari Serangan Udara Jarak Paling Dekat (2016)

Pada Beberapa Tahun yg Lalu. Federasi Pertahanan Pemerintah Rusia Resmi Memperkenalkan Sistem Rudal Genggam yang Bernama ‘KORNET EM’. Ia Mampu Menembak Mobil, Kapal Boat, Rumah, dan Tank dari Jarak 10 Km.

Seakan ngga Pernah Puas dengan Hasil Kerjanya. Ilmuwan Rusia Terus menggenjot Kemampuan Alustistanya. Kali ini, Giliran Perusahaan BUMN milik Negara Russia KBM Mashinostroyeniya. Kembali memperkenalkan ke Publik Senjata Rudal Genggam MANPADS yg Lebih Canggih nan Terbaru.



Perkenalkan 9R333 VERBA Si Perisai Udara
9R333 VERBA adalah Senjata Rudal Genggam yang Bisa di Bawa oleh 1 Tentara Russia untuk Menembak Jatuh Segala Objek Terbang Apapun yang ada di Langit di Kisaran Jarak 6,5 Km (6.500 meter) atau Tinggi sekitar 3,5 Km (3.500 meter).

Jadi, Objek Apapun. Baik itu Berupa Pesawat Tempur yg Lagi Terbang Rendah, Pesawat Komersial, Pesawat Drone, Helikopter, dll mampu di cegah Tembak olehnya.


Termasuk juga Sasaran objek Terbang Cepat Seperti Peluru Rudal yg di Tembakkan oleh Pesawat Musuh, Roket, Artileri, Mortal, bahkan Hingga Rudal yang di Luncurkan oleh Musuh mampu menjadi Sasaran Empuk Bagi 9R333 untuk di Patahkan.

9R333 merupakan Versi Tercanggih dari yg Paling Canggih milik Rusia saat ini ya untuk Pertahanan atau Perisai udara Jarak Sangat Dekat. Ia merupakan Pengganti dari Sistem Lama 9K38.

Peningkatan Kecanggihan

9R333 Verba memiliki Kecanggihan Sistem Jamming 10 Kali Lipat di Tingkatkan dari Versi Terdahulu, Sistem Sensitivitas Seekers Telah di Tingkatkan Hingga 8 Kali Lipat. Jarak Tembak yg di Tingkatkan Hingga 6,5 Km, Mesin Menggunakan Jet Baru, Daya Hulu Ledak Meningkat Hingga 20%. Tetapi Berat Keseluruhan Tetap Ringan. Sekitar 12 Kg aja. Sehingga Mudah di Panggul oleh 1 Tentara.

Cara Kerja 9R333 
Rudal Genggam 9R333 VERBA Bisa Bekerja Tanpa Membutuhkan Radar Pendamping. Ia Bisa di Aktifkan oleh 1 Personil Tentara saja.

9R333 Telah Teraplikasikan dengan Baterei Listrik + Sistem Pencitraan Mandiri untuk Melihat Objek Terbang dari Jarak Jauh Yang di Namakan INFRAMERAH MAUGLI 2M (1PN97) + ACS Sistem Kontrol Perintah Terintegrasi secara Digital (C2). Ia Terpasang Pada Sisi Kiri Tabung Peluncur dan Baterei Listrik di Bagian Bawah.

Tentara Cukup Mengarahkan Moncong Rudal + Sistem Tersebut ke Arah Objek Musuh dan Mengunci Panasnya. Kemudian Bisa Langsung Menembaknya.

Secara Teknis. 9R333 VERBA juga mampu Bekerja dengan Integrasi dari Truck Radar atau Bahkan mampu Bekerjasama dengan Pesawat Peringatan Dini.

Apabila Pesawat Peringatan Dini Menemukan Ancaman Musuh. Tetapi Personil Tentara yg Berada di Darat yg membawa 9R333 Tak mampu melihat Objek Musuh Tersebut. Maka, Variabel akan saling mendistribusikan dan mengirimkan Informasi Tanda Bahaya secara Digital. Melalui ACS saling Terjadi Komunikasi Pertukaran Data dengan Kecepatan Tinggi. 

Sekalipun Operator Tentara Rusia di darat tak tahu dimana arah Musuh. Dengan Bantuan Distribusi Data dari Bimbingan Pihak Tentara-Tentara Radar atau Pesawat Peringatan Dini milik Rusia Terpadu yg Lainnya. Tentara Pembawa 9R333 Bisa Menembakkan Moncong Rudalnya ke Arah Langit Secara Vertical. Maka, Rudal pun Secara Otomatis akan menuju ke Arah Musuh, Memecatnya dan Menghancurkannya dari Jarak 6,5 Km.

Anti Penanggulangan
9R333 Bekerja Berdasarkan Metode Lama. Yaitu “Pencarian Panas”. Masalahnnya saat ini semakin banyak Anti Penanggulangan Perlawanan yg di Lakukan. Contohnya Seperti Decoy, Flare, Jamming, Gelombang Laser Radio Elektro, Bahkan ada juga yg dengan Menembakkan ke Sesama Rudal.

9R333 di Klaim Telah Menanggulangi Permasalahan ini. Nah, Karena Hal ini lah, 9R333 juga di Lengkapi Teknologi Multispektral Optik yang Meliputi 3 Sensor. Ultraviolet, Near-Infrared dan Mid-Infrared. Sehingga dengan 3 Lapis ini dia bisa memilah-milah secara Otomatis Objek-Objek Umpan dari Musuh yg Ingin Mengelabui dengan Tipuan Objek yg Palsu dan Asli. Selain itu, Multispektral juga berperan besar dalam menghadapi gangguan Inframerah, Jamming dan Flare Musuh.

9R333 juga dilengkapi Teknologi COUNTERCHECKING. Yang Mampu Memilah-milah umpan dari serpihan yg Lebih Kecil Lagi.

Artikel Lainnya :

Spesifikasi 

Nama : 9R333 VERBA

Buatan : Rusia

Target Tembak : Pesawat, Helikopter, Roket, Artileri, Mortal, Rudal Jelajah dan Drone.

Berat : 12 Kg

Kecepatan : Hanya Membutuhkan Waktu 10 Detik untuk Mencapai Jarak 6.500 Meter (6,5 Km)

Jarak Tembak : 500 meter -6,5 Km (3,5 Km ke Langit)

Masa Depan 
9R333 Telah di Produksi Massal dan Di Gunakan oleh Tentara Rusia Sejak 2015. Di Masa Depan. Perusahaan KBM berniat ingin mengembangnnya Lagi untuk Varian Angkatan Udara, Laut dan Darat. Termasuk untuk Penggunaan Tank T-14 Armata. Yang akan di Tembakkan dari Dalam Moncong Kubah Tank. Kita tunggu aja Gebrakan selanjutnya ya dari Rusia. he he....  

Youtube Trailer

GBU