Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Palestina, Israel dan Perang Al Aqsa (2000 SM - 2016) (2016)

2000 – 1800 SM : Berawalnya Kehidupan Ibrahim, Ismael, Ishak dan Yakub

1800 – 1300 SM : Bangsa Yahudi Hidup di Bawah Penjajahan Perbudakan Firaun untuk bekerja keras, membangun bangunan, menyusun batu, dan melayani menjadi budak bagi Mesir.


1300 – 1200 SM : Musa Lahir, Mendengar Perintah dari Tuhan untuk Membawa umat Yahudi Keluar dari Perbudakan Mesir menuju ke Tanah Perjanjian. Di Zaman ini, Seluruh Suku-Suku Yahudi akhirnya Keluar dari Mesir di Pimpin oleh Panglima Perang Musa.

1200 – 1100 SM : Musa Telah Meninggal Dunia. Seluruh Keturunan Yahudi di Pimpin oleh Yosua di Tanah Perjanjian.

1100 – 1000 SM : Di Tanah Perjanjian. Hiduplah juga Bangsa “Filistin”. Filistin adalah Bangsa yg Bermigrasi dari Kreta menduduki Pantai Selatan Tanah Perjanjian. Akhirnya, Terjadilah Baku Hantam Peperangan antara Yahudi VS Filistin. Pada Masa ini, orang-orang Keturunan Yahudi memiliki Samson yg Berperang dengan Filistin.

1000 – 961 SM : Peperangan dengan Filistin masih Berlanjut di Tanah Perjanjian. Kini Yahudi Bersama Daud. Melawan Bangsa Filistin yg Memiliki Pasukan yg Bertubuh Besar bernama GOLIAT. GOLIAT Berhasil di Kalahkan oleh Daud. Dan Daud diangkat menjadi Raja bagi umat Yahudi.


961 – 924 SM : Daud memiliki anak Bernama Salomo (Sulaiman). Ia kemudian diangkat menjadi Raja Yahudi (Israel) dan Kemudian Ia Mendirikan Bait Suci. Sebagai tempat Ibadah bagi umat-umat Yahudi.

900 – 600 SM : Bangsa Filistin Telah Punah. Di Masa ini adalah Masa-Masa Berjayanya Raja-Raja Israel (Yahudi) di Tanah Perjanjian.

600 – 586 SM : Bangsa Yahudi Israel di Serang oleh Kerajaan Babelonia Babel yang berasal dari Selatan Mesopotamia (Sekarang namanya Irak). Pada Masa ini, Yahudi Israel juga diserang dan berada di bawah Penjajahan Kerajaan Asiria. Asiria adalah Kerajaan yg Terdapat di Hulu Sungai Tigris. (Jika diibaratkan Zaman Modern. Bangsa Asiria juga berasal dari Kerajaan Kuno di Irak) Kerajaan-Kerajaan ini memporakporandakan Yahudi dan Menghancurkan Tempat Ibadah Bait Suci Yahudi. Di Zaman ini Banyak Umat Yahudi yg Tewas akibat Pembantaian. umat-umat Yahudi juga banyak yg melakukan Eksodus ke Berbagai Negara Melarikan dari Pembantaian.

559 - 333 SM : Kerajaan Persia (Merupakan Kerajaan Kuno di Iran). Terjadilah Perang yang Sengit. PERSIA Ternyata sanggup mengalahkan Seluruh Lawan-Lawannya. Termasuk mengalahkan Babelonia. Dari Asia Barat hingga Timur Tengah Tunduk Pada Raja Persia yg Bernama CYRUS AGUNG. Bahkan Kekuasaan Persia juga sampai ke Tanah Yahudi. Di Zaman ini, PERSIA Ternyata Raja Kuat Sekaligus Baik Hati, Ia juga Bijak, Menghormati Hak Asasi, dan Ia juga Menghapus Sistem Perbudakan di Israel. Pada Masa ini, Umat Yahudi kembali Berkumpul dari seluruh Penjuru untuk mendirikan Tempat Ibadah Bait Suci yang Kedua.  

330 - 100 SM : Hiduplah Raja yg Bernama Aleksander Agung. Ia Berasal dari Kerajaan Yunani. Negeri Para Dewa-Dewa. Pada Masa ini Ia Mengalahkan Raja PERSIA. Termasuk juga menguasai Tanah Perjanjian umat Yahudi. Raja ini Terkenal Memiliki Pasukan yg Gagah Berani.


100 - 63 SM : Kerajaan Roma (Roma, Ibarat Zaman Sekarang adalah Italia). Roma disebut juga Kerajaan Romawi. Romawi Ternyata Berhasil mengalahkan Raja-Raja Yunani. Termasuk Tanah Israel yg direbut oleh Jenderal Pompey.

27 SM : Republik Romawi berubah menjadi Kekaisaran Romawi. Augustus menjadi Kaisar Pertama Kekaisaran Romawi. Di Masa ini, Yahudi-Yahudi Israel berada di Bawah Kekaisaran Romawi. Yahudi diperintahkan untuk Bekerja Mencari Uang. dan Uangnya untuk membayar Pajak Kepada Sang kaisar.



22 SM : Bait Suci milik umat Yahudi. Di Duduki dan di Tinggali oleh Herodes Agung. Ia merupakan Senat Romawi. (Merupakan Bagian-Bagian dari Pemerintahan Romawi khusus untuk wilayah Raja Yudea di Israel). Herodes juga Turut Adil dalam Membangun Bait Suci Yahudi selama 47 Tahun. Dengan Tujuan untuk mengambil hati Rakyat Yahudi agar Tunduk Pada Pemerintahan Romawi dan Membayar Pajak.

4 SM : Yesus Lahir

Tahun 1 – 36  : Yesus di Salib di Bawah Pemerintahan Romawi Gubernur Pontius Pilatus.


Tahun 66 : Umat-Umat Yahudi menolak berada di Bawah kekuasaan Pemerintahan Kekaisaran Romawi. Sehingga Terjadilah Pemberontakan oleh Yahudi kepada Romawi. Menyebabkan Tentara-Tentara Romawi Marah Besar dan Melakukan Pembantaian. Ini adalah Zaman Paling Parah Bagi umat Yahudi”.

Banyak dari Mereka Tewas oleh Pedang dari Tentara-Tentara Romawi. Beberapa Yahudi yg masih Hidup. Akhirnya memilih untuk Kabur dan pergi ke Negara-Negara Lain. Seperti ke Eropa, Uni Soviet (Rusia), China, Irak, Jerman, Thailand, Vietnam, Ethopia, Africa, Ferancis, Amerika Serikat, Persia (Iran), Arab bahkan ada yg Kembali Lagi mengungsi ke Mesir.

Tahun 70 : Tentara-Tentara Romawi yg Berada di Israel Marah Besar dan Masih Murka dengan Umat-Umat Yahudi yg Melakukan Pemberontakan. Bait Suci Yerusalem akhirnya di Runtuhkan oleh Jenderal Titus. Bahkan Tak ada 1 Pun Batu Tembok yg Berdiri Tegak.



Tahun 70 - 300 : Mulai Muncul Ajaran Baru yg Bernama : “KRISTEN”. Ajaran ini Tak disangka-sangka langsung menusuk jantung ke kota Roma. Pusat bagi Tentara-Tentara dan Kekaisaran Romawi yg dibawa oleh Pengikut-Pengikut Yesus dari Israel. Kekaisaran Romawi melarang Kekristenan dan ia pun membunuh umat Kristen di Eropa.

Tahun 300 - 400 : Ajaran Kristen semakin menyebar luas di Eropa. Sehingga Tak Terbendung. Akhirnya. Banyak Raja-Raja Romawi yg akhirnya Bertobat. Sehingga Eropa pun di Kuasai oleh Ajaran Kristen. Flavius Theodosius sebagai Kaisar akhirnya menetapkan Kristen sebagai Agama Negara. Dan mereka bertobat.

Tahun 400 - 600 : Raja Byzantium Yustinus Agung yg Terletak di Konstantinopel (Zaman Sekarang Berada di Istanbul, Turki). Juga menjadi Kristen. Akibat pengaruh penyebaran Kristen Eropa yg sangat mewabah Tersebut. Banyak orang-orang yg ngga memiliki agama atau yg menyembah dewa-dewa menjadi Pemeluk Kristen. Yustinus pun mendirikan Gereja Hagia Spohia di Konstantinopel.

Tahun 600 - 615 : Kerajaan Persia (IRAN) kembali merebut Israel dan Seluruh Kawasan di Timur Tengah.


Tahun 615 - 635 : Kerajaan Persia dibalas dan dikalahkan lagi oleh Raja Byzantium Heraklios. Dan Kembali merebut Israel dan Timur Tengah.

Pada Masa ini, MUHAMMAD menyebarkan Ajaran ISLAM. Pengaruh Islam pun Berkembang Pesat Sangat Cepat Sampai ke Tanah Israel dengan Pendirian Peletakan Batu Pertama untuk Masjid Al Aqsa. 

Di Negara-Negara Jazirah Arab Timur Tengah Terjadi Pembantaian umat-umat Yahudi yg pernah migrasi dan mengungsi di Tanah Arab. Kecuali di PERSIA (Iran). Yahudi Tak di Bantai. Karena Kala itu, PERSIA menolak Islam melainkan Beragama Zoroastrianisme. Pada Tahun di Era ini. Nabi Muhammad akhirnya wafat meninggal dunia karena di racun yang ngga Lain adalah Istri. 

Foto : Pada Masa Muhammad. Banyak Pembangunan Masjid. Termasuk Peletakan Batu Pertama untuk Masjid Al Aqsa di Israel
Tahun 632 – 634 : Masa-Masa Keemasan Islam. Abu Bakar diangkat Sebagai Khalifah Pertama. Ia Memerintah dari Syria, Bahrain, Oman, Yemen, Irak, Termasuk juga menguasai Israel. Abu Bakar Wafat kemudian digantikan oleh Umar Bin Khatab sebagai Penguasa Kekalifahan Kedua.

Tahun 634 – 644 : Di Jazirah Arab Timur Tengah. Kekuasaan Kekalifahan Islam meluas sangat luas bahkan meluas hingga ke Tanah Mesir, Africa, Bahkan Sampai ke Tanah Israel. (Tanah Israel Pada Masa ini Sebelumnya Sudah Sunyi Senyap. Umat-Umat Yahudi sudah banyak yg Mengungsi ke Seluruh Penjuru Bumi akibat Peristiwa Peperangan dengan Romawi kala itu dan juga Terjadinya Pembantaian Besar-Besaran oleh Umat Muslim di Timur Tengah). Sehingga umat-umat Yahudi hampir dikatakan Penduduk Yahudinya hampir Punah. Hanya Hidup Beberapa Sebagian Yahudi yg Melarikan Diri ke Beberapa Negara Lain untuk Bertahan Hidup. Beberapa Yahudi juga masih Hidup di Bawah Kekuasaan orang-orang Arab yg Terus Membangun Mendirikan Masjid Lebih Megah dari Sebelumnya.

Di Tanah Arab. Penyebaran Islam Meluas. Orang-Orang Arab Semakin Banyak datang ke Tanah Israel.



Pada Masa ini juga, di Timur Tengah ada 1 Kerajaan saja yg menolak Budaya Islam Arab. Yaitu PERSIA. Tetapi PERSIA sudah melekat Erat dengan Pengaruh Islam. Tetapi, Bukan Islam yg sama. Melainkan Islam Syiah. Pada Tahun sebelumnya, PERSIA juga Sempat Berperang dgn Umat Islam atas Perbedaan Agama Islam yg dianggap Salah atau Sesat.

Tahun 644 – 661 : Kekuasaan Islam Kekhalifahan dilanjutkan oleh Utsman Ibn Affan. Yang kemudian menyebarkan ajaran Islam kepada Berbagai Negara di Seantero Asia Barat yang meliputi hingga ke Afghanistan, Sebagian China, India, (di India, Islam Pecah dan Mendirikan Negara Baru Pada Zaman Modern yg disebut Pakistan).



Tahun 661 - 750 : Ajaran Kekhalifahan Islam Terus disebarluaskan. Kali ini Umayyah di Damaskus memulai menyebarkan Islam ke Tanah Eropa di Spanyol dan Ferancis.

Tahun 740 – 1250 : Terjadinya Perang Salib. Di Mana disini Eropa yang Beragama Kristen dan Arab yang Beragama Islam. Perang Salib ini Berpusat di Yerusalem. Karena Eropa melihat Gereja-Gereja yg di bangun di Yerusalem dihancurkan oleh orang-orang Arab yang adalah Islam. Sedangkan orang-orang Arab memandang Tanah Israel juga menjadi bagian dari Pusat Masjid Islam. Panjang Cerita. Tentara Salib Gagal merebut Yerusalem Israel.


Tahun 1250 - 1500 : Pada Tahun-Tahun ini di Bagian Asia barat. Pasukan Mongol yg berada di bawah Kepemimpinan Hulagu Khan menyerang Timur Tengah. Sehingga, kekuataan Kekalifahan berkurang akibat Perang dahsyat dengan Bangsa Mongol. Mongol adalah Suatu Etnis Kerajaan Pada Zaman Dahulu Kala yg Tinggal di Sekitar China dan Rusia. Namun, Bangsa Mongol ini bisa diatasi kembali oleh Pemerintahan Kekalifahan.






Tahun 1300 - 1924 : Dinasti Kekhalifahan Ottoman Utsmani menguasai Tanah Israel Bahkan Sampai Ke Africa. Ottoman Terkenal sebagai Ahli Teknologi & Senjata. (Jika diibaratkan Zaman Sekarang, Ottoman adalah Turki.). Di Zaman dulu, Mereka Telah Ahli dalam Menggunakan Senjata Pelempar Batu.

Tahun 1914 : Terjadi Perang Dunia Pertama. Singkat Cerita, Dinasti Ottoman (Turki). Di Kalahkan oleh Gabungan Tentara Inggris, Australia dan Ferancis. Tanah Israel pun Berada di bawah Kekuasaan Inggris. (Britania Raya).

Tahun 1924 : Kesultanan Utsmaniyah pecah dari dalam. Timbul Bibit-Bibit Penolakan Sistem kekalifahan Islam dari Budaya Arab dan menggantinya menjadi Sistem Demokrasi. Akhirnya, Mereka Berganti nama menjadi Negara Turki. Singkat Cerita, Dinasti Ottoman pun Punah dari Muka Bumi ini.


Tahun 1932 : Keadidayaan Kekalifahan Islam Terpecah-pecah belah. PBB yg merupakan Perpanjangan Tangan Eropa. Akhirnya membelah Kekalifahan Islam dan menggantinya menjadi Irak.

Tahun 1935 : Persia mengganti nama menjadi Iran. Tetapi karena Pengaruh Islam yg Begitu Luas dan Pudarnya agama asli Persia yaitu Zoroastrianisme. Iran Tetap Tak mengakui Budaya Islam Arab. Tetapi Tetap Bersikukuh dengan Islam Ajaran Syiah yg mereka dirikan sendiri sejak puluhan tahun yg lalu. Kini, IRAN adalah satu-satunya Negara Syiah Terbesar di Dunia.

Tahun 1935 - 1939 : Tanah Israel kini berada di bawah kekuasaan Inggris (Britania Raya). Yang merupakan Bangsa mayoritas Kristen. Inggris berhasil menguasai Tanah Israel. Tetapi, Tanah Israel di Penuhi dan di Huni oleh Seluruh Orang-Orang Arab.

Pada Masa-Masa ini Juga. Umat-Umat Yahudi yg masih hidup di Penjuru Dunia. Seperti yg Sempat Mengungsi ke Amerika Serikat, Inggris, China, Jerman, Uni Soviet (Rusia), Thailand, Vietnam, Kanada, Ferancis, Australia, Africa, dll. Ternyata mereka Rindu untuk Kembali ke Tanah Kelahiran mereka. Gerakan ini disebut ZIONISME.

Apalagi di Tambah dengan peristiwa Pembantaian NAZI HITLER, Kelaparan dan Kemiskinan. Membuat umat-umat Yahudi semakin Rindu untuk Kembali ke Tanah Kelahiran Nenek Moyang mereka untuk bersatu kembali membentuk Himpunan Keturunan-Keturunan Persatuan Yahudi ZIONISME.



Tahun 1939 - 1945 : Terjadi Perang Dunia ke 2. Antara Britania Raya (Inggris), AS, Rusia, China Yang di Menangkan oleh Amerika Serikat dan Kawan-Kawan. 

NAZI, JEPANG, ITALIA. Berhasil dikalahkan.

Tahun 1946 : Inggris dan Ferancis + PBB yg di Pimpin oleh Amerika Serikat. kembali memecah-belah dan membagi-bagi Persatuaan Kekuasaan Adidaya Kekalifahan Islam dari Dalam. Dengan mendirikan Kemerdekaan Politik Kepada negara Yordania, Lebanon, dll. Tujuannya untuk membentuk Negara Demokrasi Sendiri di Bawah Mandat PBB agar Kekalifahan tak bersatu tapi membentuk Negara-Negara Sendiri-Sendiri.

Tahun 1947 : PBB melalui Mandat Britania memutuskan membagi wilayah untuk Tanah Israel. Tetapi Ternyata Hal ini ditentang oleh Negara-Negara Arab. Akhirnya, Diciptakan Solusi untuk Menjadikan Yerusalem Kota Internasional. Yang dianggap Suci oleh umat Yahudi, Islam dan Kristen.

Atas Persetujuaan ini juga, Akhirnya Semakin Berbondong-bondong Umat Yahudi yg Berada di Berbagai Penjuru Dunia Kembali ke Tanah Israel. Sehingga Jumlah Umat Yahudi kembali Bertambah Banyak di Tanah Israel. Bersanding Hidup dengan Orang-Orang Arab.

Tahun 1948 : Umat-Umat Yahudi yg berada di Tanah Israel memutuskan Mendirikan Negara Israel. dan menyerukan agar seluruh umat-umat Yahudi yg sempat mengungsi dan berada di Penjuru dunia untuk segera kembali ke kampung halaman.

Atas Peristiwa ini, membuat Umat Islam menjadi Marah. Tepat 1 Hari Sejak Memproklamasikan Negara Israel. Israel diserang oleh Gabungan Negara Arab dari Libanon, Suriah, Yordania, Mesir, Irak, dan Negara-Negara Arab Lainnya.

Bertepatan dengan Hari Tersebut juga. Israel juga mendirikan IDF (Israel Defense Force). Yaitu Tentara-Tentara Israel yang akan menjadi Pertahanan, Benteng dan Perisai.

Yahudi sudah ngga pengen lagi menderita seperti dulu lagi, dibantai, dijadikan budak, disiksa, dibunuh. IDF akan menjadi Perisai di Garis Terdepan bagi umat-umat Yahudi. Singkat Cerita, Pada Masa itu. IDF berhasil mengalahkan Seluruh Negara-Negara Arab.


Tahun 1956 : IDF menyerang Mesir. Dengan Alasan Mesir melakukan Blokade.

Tahun 1967 : Mesir Melakukan Balas Dendam menyerang Tentara IDF Israel di Pegunungan Sinai yg telah dikuasai Israel. Mesir Mengerahkan 1.000 Tank dan 100.000 Pasukan Mesir Bersama-sama dengan dukungan Lebanon, Irak, Arab Saudi, Sudan, Kuwait, Aljazair, Yordania, dll.

Israel akhirnya kalah Terpukul Mundur, Tetapi Kemudian Israel IDF kembali membalas, dan kekuasaan Israel justru semakin besar menguasai Jalur Gaza, Sinai, Dataran Tinggi Golan, Yerusalem Timur, dan Tepi Barat.  



Tahun 1973 : Terjadi lagi berbagai Perang di Israel. Perang ini meliputi Mesir dan Suriah. Suriah bahkan mengirim Ratusan Pesawat tempur menyerang Israel. 

Namun, Kedatangan Amerika Serikat membuat mereka semua berdamai. Mereka Semua akhirnya Sepakat Damai. Perjanjian ini disebut Camp David. Syaratnya, Israel mesti menyerahkan Wilayah Sinai kepada Mesir. Mereka pun Damai Hingga Saat Artikel ini saya Tulis Bagi Anda.

Tahun 1988-2016 : Palestina yang merupakan asli warga Arab dari Suku Badui yang berada di Jalur Gaza dan Tepi Barat menyatakan diri dan memproklamirkan dirinya sebagai sebuah Negara. Israel menolaknya, dan Israel mencaplok tepi barat dan menghancurkan rumah-rumah penduduk palestina.

Palestina membalas dengan melakukan Penusukan dengan Pisau, Penikaman, Pelemparan Batu, Pembunuhan umat-umat Yahudi, Penculikan dan Penabrakan dengan Mobil. Di Zaman dulu Palestina melakukannya dengan Bom Bunuh diri kepusat Keramaian Israel.

IDF Israel membalas dengan Menembak Mati dan Membatasi Akses Masjid Al Aqsa yg Menurut Israel digunakan sebagai Tempat Palestina Berkumpul untuk merencanakan dan menghasut Penghancuran dan Penusukan Pisau.



Hingga Artikel ini di Turunkan, Negara Israel masih juga Terus memanggil Sisa-Sisa Umat Yahudi yg Masih Berada di Penjuru Dunia untuk segera Kembali ke Tanah Perjanjian. (Khususnya yg masih berada di Ferancis dan Yahudi Amerika Serikat) untuk secepat mungkin kembali ke Tanah Kelahiran Nenek Moyangnya.

Israel mengatakan Tanah ini Tanah Milik Nenek Moyang Kami, Sebaliknya. Palestina mengatakan Ini Tanah Saya. Jadi, Mereka Israel-Palestina Sama-Sama Mengklaim Wilayahnya dan ngga ada yg Mau Mengalah Hingga saat ini. Sehingga Terjadi Perang Urat Syarat yg ngga Pernah Berhenti ya.

Artikel Lainnya :

Video Youtube


Semoga Bermanfaat. GBU