Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Timur Tengah dan Africa Utara : Pemimpin Teknologi Listrik Matahari di Masa Depan (2016)

Negara Timur Tengah dan Africa Utara. Memang Terkenal Sebagai Pusat Energi Minyak dan Gas Alam Terbesar di Dunia.

Sayangnya, Negara ini Penuh dengan Konflik dan Peperangan. Sebut saja di Libya, Nigeria, Suriah, Irak, Yaman, Sudan, dll. Di Mana Negara-Negara ini Terjadi Baku Tembak untuk Perebutan Minyak dan Gas.

Untuk Beberapa Dekade Mendatang. Stok Minyak & Gas masih berlimpah di negara-negara ini. Tanpa Pekerjaan Lain hanya mengandalkan Penjualan Minyak & Gas aja. Beberapa Negara yg Terkenal Sebagai Padang Pasir ini Sudah Bisa Mengumpulkan Pundi-Pundi Kekayaan Devisa Negara yg Luar Biasa Banyak bagi Negaranya.





Energi Listrik Matahari Terbarukan
Beberapa dari Kita Menganggap Negara-Negara di Timur Tengah dan Africa Utara identik dengan Padang Pasir, Minyak dan Gas. Tapi Ternyata Menurut Penelitian dari Stratfor.com. Ternyata Jauh Melampaui Hal Tersebut…

Ada Kira-kira 21 Negara yang suatu saat bisa menjadi Pemimpin Energi di Bidang Listrik Matahari Terbarukan. Yaitu :
1]. Maroko

2]. Tunisia

3]. Algeria (Aljazair)

4]. Mauritania

5]. Mali

6]. Nigeria

7]. Chad

8]. Ethiophia

9]. Libya

10]. Mesir

11]. Yordania

12]. Israel

13]. Lebanon

14]. Suriah

15]. Irak

16]. Palestina

17]. Iran

18]. Oman

19]. UAE  

20]. Arab Saudi

21]. Kuwait

Negara-Negara ini Berada di Africa Utara dan Timur Tengah. Suhu Udara dan Cahaya Matahari yang Sangat Panas Hingga 50 Derajat Celsius dan Jarang Banget Tertutup Awan ini. Juga Jarang di Landa Hujan ini. Sangat Potensial Suatu Saat nanti Sebagai Penghasil Energi Listrik Matahari Terbarukan. Di Bandingkan dengan negara-negara Lain.

iran+surya.jpg (650×366)

Matahari Berlimpah
Di Temukannya Minyak Shale di Amerika Serikat. Telah Menimbulkan Tantangan untuk Pasar Penjualan Minyak di Timur Tengah dan Africa Utara. Sehingga Membuat Anjlok Harga Minyak ke Titik Terendah akibat Persaingan yg sama-sama ngga pengen mengalah.

Tetapi Janganlah Kita Lupa di Timur Tengah juga memiliki Lingkungan Geografis Cahaya Matahari yg Mendukung dan Sangat Berlimpah yg di Berkahi oleh Tuhan. Mengingat Ketidakstabilan Harga Pasar Minyak yg Terus Murah.

Saatnya yg Tepat Hari ini Bagi Timur Tengah dan Africa Utara Untuk Berinvestasi di Bidang Teknologi Solar Matahari. Ini adalah Peluang Alternatif yg Bisa Mengukuhkan Persaingan Sebagai Produsen Energi. Dan Meraih Pundi-Pundi Kekayaan dari Penjualan Listrik dengan Harga lebih bersaing.


Maroko, Yordania, Israel, Arab Saudi, Iran dan UEA
Arab Saudi masih Fokus Pada Penjualan Minyak. Tetapi secara Bertahap melaksanakan Reformasi untuk merancang Energi Solar Matahari. Terbukti Perusahaan Arab Saudi ACWA Power Telah Melakukan Investasi untuk Membantu Maroko, Uni Emirat Arab dan Yordania membangun Pembangkit Teknologi Listrik Energi Solar Matahari Terbarukan.


Noor Plant Maroko dan Mohammed Bin Rashid Solar Park adalah Salah Satu Karya dari Arab Saudi. Ajaibnya, Maroko kini telah bisa menjual Listrik ke Eropa melalui Transfer Kabel Bawah Laut. Negara Aljazair yg kaya akan Gas juga berencana memasang Teknologi Solar Tersebut untuk Instalasi Listrik.






Di Iran. Dengan Suhu Udara yg Bisa Melebihi 56 Derajat Celsius. Saat ini juga sedang dalam Tahap Pembangunan yg dibantu Teknologinya oleh Jerman.

SURIAH, IRAK, MESIR, LIBYA, YAMAN, NIGERIA,  dll.
Negara-Negara ini di Landa oleh Peperangan Besar menghadapi “Islamic State”. Sehingga Kesempatan berinvestasi di Bidang Teknologi Solar Matahari Terbarukan Menjadi Terbengkalai.

Banyak Dana Terpakai untuk Biaya Perang dan Pembelian Peralatan peperangan. Contohnya Pada Pemerintahan Mesir menghadapi ISIS di Sinai. Memerlukan Pembeliaan alustista Modern yg banyak.

Begitu juga di Libya, Yaman, Suriah, Irak, Lebanon, dll Mengalami Bencana Peperangan menghadapi Islamic State atau ISIS yg Konon bercita-cita ingin merebut seluruh Jazirah Arab dan Africa utara untuk diubah dan digabung menjadi 1 Negara Daulah Khilafah Tanpa Lintas Batas.

Artikel Lainnya :

Youtube Trailer : Teknologi Matahari di Maroko. Salah Satu yg Terbesar di dunia

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU