Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MBDA Aster, Rudal Perisai Pertahanan udara 120 Km Tercanggih Ferancis (2016)

Di Eropa. Ferancis adalah Pemimpin Teknologi Satu-Satunya dalam Bidang Pertahanan Udara yg Memiliki Kemampuan Perisai Udara Paling Hebat, Paling Canggih, dan Paling Kompleks di Bandingkan dengan Negara-Negara Eropa yg Lain.

Yunani Pernah Mencoba Membuat Rudal Aris AA Tapi Gagal, di Negara Swedia membuat Rudal RBS-70 Tapi Hanya untuk Jarak Pendek. Di Negara Jerman juga Berusaha Membuat Sistem Perisai IDAS dan LFKNG Tapi Kemampuan Jarak Tembaknya begitu Minim. Ada Negara Inggris yg Membuat Teknologi Sea Wolf, Rappier, Thunderbird. Dll. Tapi Sayang, Teknologinya udah Ketinggalan Zaman dan Kalah Kompleks Terhadap Teknologi Ferancis.

Karena ngga memiliki Teknologi Tersebut. Ini Lah Alasan Mengapa Banyak Negara-Negara Eropa atau NATO. Sangat Ketergantungan banget dengan Sistem Perisai THAAD atau Rudal Pertahanan Patriot (PAC) milik Amerika Serikat untuk mempertahankan atau Melindungi Negara Eropa dari Militer Rusia yg Terkenal Sangat Canggih.

FERANCIS MAMPU MEMBUAT PERISAI MANDIRI
Perusahaan Teknologi yg Paling Terkenal di Ferancis adalah “AIRBUS”. Sebuah Perusahaan yg Bergerak di Bidang Pembuatan Pesawat. Tetapi di Ferancis juga memiliki Perusahaan Raksasa lainnya yaitu MBDA SYSTEM. Di Prakarsai oleh Ferancis atas Penggabungan atau dibantu oleh 2 Negara Lainnya. Yaitu Inggris dan Italia. Maka Pada Tahun 2001 di bentuklah “MBDA”.

Perusahaan MBDA Berkantor Pusat di Ferancis. Di Klaim Telah Memproduksi Sekitar 3.000 Rudal. Termasuk Rudal Perisai Pertahanan Udara yang kita sebut sebagai : ASTER.

ASTER : PERISAI UDARA 2 LAPIS (DEKAT & JAUH)
ASTER adalah Rudal Pertahanan Perisai Udara yg di Tembakkan dari Darat. (Surface To Air Missile). Ia Bisa di Gunakan untuk Operator Platform Kapal Perang di Laut versi Peluncur VLS atau Jika di Daratan bisa menggunakan Platform Truck dengan 8 Roda.   


ASTER umumnya memiliki 2 versi Yaitu : ASTER 15 dan ASTER 30. Ini Merupakan Kombinasi untuk Jarak dekat dan Jauh dalam 1 Sistem Bimbingan Inersia dan Aktif RF Search yg Sama.

Karakteristik ASTER 15 :

Berat : 310 Kg

Panjang : 4,2 meter

Kecepatan : 3.000 Km/jam

Jarak Tembak Mendatar : 30 Km

Jarak Ketinggian Tembak ke Langit-Langit : 13 Km

Target Tembak : Pesawat tempur, Drone, Helikopter, Rudal, dan Objek Terbang Lainnya.  


Karakteristik ASTER 30 :

Berat : 450 Kg

Panjang : 4,9 meter

Kecepatan : 4.500 Km/Jam

Jarak Tembak Mendatar : 120 Km

Jarak Ketinggian Tembak ke Langit-Langit : 20 Km

Target Tembak : Pesawat tempur, Drone, Helikopter, Rudal, dan Objek Terbang Lainnya.  

UPGRATE :
Di Lansir dari Halaman Website Janes.com (18/1/2016). Seakan Terus Memperbaharui Kemampuannya. Ferancis Kembali melakukan Upgrate. Sehingga Terciptalah Mesin Rudal yg Lebih Canggih yg disebut ASTER 30-SAMP/T.

Unsur Utama yg di Upgrade adalah Resolusi Sistem Ka-Band ke 26,5-40 GHz dan Memperbaharui Sistem Aktif Radar Pencari Elektromagnetik. 


Juga memperbaharui Mesin Perhitungan Kalkulator Matematika untuk memberikan Kisaran menghitung Target dan Sudut yg Lebih baik dan Lebih Tepat ketimbang pendahulunya.

PEMBELI SENJATA :

Melihat Sosok Kemampuannya yg Handal dalam Sistem Pertahanan Abad ke 21 untuk Melindungi Lokasi Strategis yg Sensitif dan Aset-Aset Penting milik Negara. Diklaim juga mampu menjadi Perisai dan mengagalkan Serangan atau Ancaman Rudal-Rudal Balistik Berjelajah Cepat.

Kehebatannya dalam melindungi Area Hingga 100 Km. Banyak Negara Lain Akhirnya Tertarik untuk Membeli Rudal ASTER. Sejauh ini Pembelinya adalah dari Aljazair, Mesir, Italia, Maroko, Arab Saudi, Inggris dan Singapura. Beberapa Negara Lain yg dalam Tahap Penandatangan untuk membeli adalah dari Kanada, Turki dan Swedia.

Apakah Pemerintahan Indonesia Tertarik membeli ASTER ya. Hem...?

Artikel Lainnya :

Youtube Trailer Rudal ASTER

Semoga Bermanfaat. Terima Kasih. GBU