Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amos Patria Nemo Kendaraan Lapis Baja Pelontar Mortal Finlandia + Norwegia (2016)

Dalam Dunia Militer, Persenjataan Mortal Merupakan Salah Satu Unsur yg Selalu ada dalam Kancah Angkatan Bersenjata. Mortal hampir mirip-mirip Seperti Senjata ‘Artileri’ atau “Meriam”. Tetapi Beda Daya, Beda Spesifikasi, & Beda Jangkauan.

Mortal Memiliki Sifat untuk Pertahanan dan Penyerangan Jarak Dekat. Ia Menembakkan Peluru Amunisi Melalui Tabung. Kemudian di Lontarkan ke Atas Langit dan Jatuh ke Titik Target.

Keunggulan Mortal ialah : Ia Ahli Menembak ke Garis Belakang di Balik Benteng Musuh. Ia juga Mampu Melewati Tembok atau Melewati Bebatuan Besar. Nah, Tentara Musuh yg Bersembunyi di Balik Belakang Bukit. Juga Bisa Menjadi Santapan Lezat Baginya.

2 NEGARA BERGABUNG CIPTAKAN KENDARAAN LAPIS BAJA PELONTAR MORTAL

PATRIA. Sebuah Industri Perusahaan Aerospace dan Pertahanan yang dimiliki oleh 2 Negara dari Pemerintahan Norwegia (Kongsberg Defence & Aerospace. Saham 49,9%) dan Pemerintahan Finlandia (PATRIA. Saham 50,1%).

Foto : Mortir
Pada Tahun 2006. 2 Pemerintahan Negara yg Bermarkas di Helsinki, Finlandia. Akhirnya secara Resmi melalui Perusahaan PATRIA memperkenalkan Gabungan antara Kemampuan Kendaraan Lapis Baja dengan Kombinasi Pelontar Mortal. 

Maka, Terciptalah AMOS & PATRIA NEMO.

Dalam Pengerjaan Proyek Teknologi Tersebut. PATRIA melalui Telusuran Sejarahnya. Secara Mengejutkan Telah Menjual 1.825 Unit Kendaraan Lapis Baja Dari Berbagai Tipe ke Seluruh Penjuru Dunia.

Ini Menandakan Bahwa Keunggulan Kendaraan Militer dan System Senjata yg di Tawarkan oleh PERUSAHAAN PATRIA. Diakui dunia dengan Larisnya Penjualan yg ujung-ujungnya menambah devisa keuangan Bagi Rakyat Norwegia dan Finlandia.

Beberapa System memang ada juga dikerjakan dan dibantu oleh Nama-Nama Perusahaan Teknologi Militer Raksasa. Seperti dari Perusahaan RHEINMETALL asal Jerman. Perusahaan BAE Systems asal Inggris dan Perusahaan SAAB asal Swedia.

Tetapi Selebihnya ya. Produk Kendaraan Militer Keluaran pabrikan PATRIA. Terbukti Unggul & Laris Terjual. Ada 2 Produk Alustista PATRIA yg Kita Bahas Hari ini. Yuk kita mengenalnya Lebih Jauh.   

# PATRIA NEMO

NEMO (New Mortar). Layanan ini masuk Pada Tahun 2006 yg Lalu. NEMO menggunakan Gabungan Sistem Mortar 120 mm Self Propelled dengan integrasi Kendaraan Lapis Baja model Patria AMV 8x8.

NEMO diawaki oleh 4 Tentara Kru. 1 Komando, 1 Penembak dan 2 Tentara Sebagai Loader. Dalam melakukan Aksinya, NEMO mampu menembakkan Peluru hingga 7 Putaran Tembakan rpm Permenit. Daya Tembak Melengkung Bisa Hingga Menempuh Jarak 10 Km. Apabila di Tembakkan Secara Langsung Layaknya Meriam Tank. Peluru Mortal Mampu menjangkau Jarak 1,5 Km.  



Kendaraan Lapis Baja NEMO. Didukung oleh Mesin Diesel Scania DI 12 Berkekuatan 540 Hp. Mampu Memacunya Menempuh Jarak 800 Km Sekali Isi Bahan Bakar dengan Kecepatan 100 Km/Jam.



Sayangnya. NEMO ngga dilengkapi dengan Fasilitas Amfibi (Berenang di Air). Tetapi NEMO dilengkapi dengan Fasilitas untuk Pertahanan diri dari Serangan NBC, Serangan Tembakan Senjata Mesin 7,62 mm, dan Mampu Bertahan dari Serangan Peluru Serpihan Api Artileri Shell Karena NEMO di Install System Pemadam Api Otomatis.

# PATRIA AMOS

AMOS (Advanced Mortar System). masuk Layanan Pertama Kali Pada Tahun 2007. Antara AMOS dan NEMO sebenarnya Hampir sama ya. Bedanya AMOS Lebih Muda 1 Tahun dari NEMO.

Dari Segi Kecanggihan Teknologi. AMOS Berada 1 Level di Atas NEMO. AMOS memiliki Sistem Komputer Otomatis, Peta Digital, Elektronik System Control Fire,  dan memiliki 2 Moncong Pelontar Mortal.

Kendali Pengisian Peluru. Di Lakukan Otomatis oleh Komputer. Sehingga ngga dibutuhkan kru Manusia sebagai Loader. Tentara Kru AMOS bisa dilakukan hanya oleh 2 Tentara saja.

Dalam Proses Penembakan. Berkat System Otomatis. AMOS mampu menembak 24 Peluru Per Menit. Daya Tembakan Melengkung Hingga Jarak 10 Km. Apabila Secara Garis Lurus. Jarak Berkurang hanya mampu mencapai 1,5 Km.

Sebagai Pertahanan diri. AMOS dibekali Senapan Mesin 7,62 mm. Perlindungan NBC dan System Pemadam Api Otomatis. 

Artikel Lainnya :

Youtube Trailer

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU