Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BRISat Satelit Pertama Dunia Bank BRI untuk Hadapi Tantangan Bisnis Keuangan Indonesia (2016)

BRI atau Biasa Akrab Kita Sebut Sebagai “Bank Rakyat Indonesia”. Mungkin udah ngga asing lagi bagi Kita semua. Bank Plat Merah milik Pemerintah Indonesia ini. Terkenal Pemimpin dalam Bidang Bisnis Keuangan di Indonesia.

Memiliki 10.600 Kantor Cabang Bank Termasuk ‘TerasBRI’, 237.000 Gerai Elektronik, 22.000 Unit ATM, Pelanggan Nasabah dengan Total Sebanyak 50.000.000 Juta orang yg Tersebar Hampir di Seluruh Pelosok Indonesia dan Mampu Meraup Keuntungan uang Pada Tahun 2015 Sebanyak Rp 25,2 Triliun dengan Aset Kekayaan sebesar Rp 846 Triliun.

Tak ayal, Membuat Bank BRI di Nobatkan Sebagai Best Bank in Indonesia 2016. Versi Penghargaan Global Finance Awards yang diadakan oleh IMF atau World Bank yg Berlangsung di Washington DC, Amerika Serikat.


TERUS MELANGKAH MAJU DENGAN MELUNCURKAN SATELIT
CEO Bank Bri. Asmawi Syam. Sepertinya ngga Pengen banget Berpuas diri dan Ingin Terus Berani Melangkah Maju. Pada Tanggal 19 Juni 2016. Pada Jam 04.38 di Kuorou Guyana Prancis Amerika Selatan. PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sukses Meluncurkan Satelit BRISat.


Sebagai Informasi ringan bagi Anda ya. Di Dunia ini. Belum ada lho BANK yg Memiliki Satelit secara Mandiri. Kebanyakan Bank masih menyewa dari Pihak Lainnya dengan Harga Sewa Kira-Kira Rp 500 miliar Pertahun

Foto : Asmawi Syam
BRI Merupakan Bank Pertama di dunia yang memiliki Satelit Mandiri dengan 45 Transporter.


Satelit BRISat dibuat oleh Perusahaan LLC Loral Space System asal Amerika Serikat. dan menggunakan Roket Peluncur Ariane5 di buat oleh Perusahaan Arianespace asal Ferancis.

BRIsat Memiliki Harga Total Sekitar 3,375 Triliun Mampu Bertahan Hingga 15 Tahun Operasional. Ini Lebih Murah Ketimbang Menyewa dari Satelit Lainnya. Dalam waktu 4 Tahun Sudah Mampu Balik Modal.

BRISat mengudara di Slot 150,5 E, Orbit Geostasioner di Ketinggian 36.000 Km. Tepatnya di atas Langit “PAPUA”. Ia Menggunakan Frekuensi K-Band 72 MHz dan Frekuensi C-Band 36 MHz yg Tahan Melakukan Komunikasi Transaksi Keuangan Digital saat Cuaca Hujan.

BRIsat menjangkau Seluruh Kawasan Indonesia Dari Aceh Sampai Papua, Termasuk Malaysia, Singapura, China, Jepang, Korea Selatan, Kepulauan Hawai Amerika Serikat, Thailand, Filipina, Myanmar, Vietnam, Hongkong, Laos, Taiwan dan Australia.

Youtube Trailer : Detik Detik Peluncuran

POTENSI BISNIS DAN MENGAPA
Saat ini, Kelompok Masyarakat Terbagi Menjadi 2. Yaitu Orang Tua dan Anak Muda yg Biasanya di Sebut Sebagai Kaum Digital Native. Anak-Anak Muda yg Lahir Tahun 1980 Terkenal Sebagai Pengguna Setia Branchless Banking.

Foto : Anak Digital Native
Mereka ini Suka Belanja Pakai Kartu Kredit, Suka Belanja eCommerce Melalui Smartphone Android atau Iphone, Hari-Hari Mereka ngga Pernah Lepas dari Internet. Mereka Sangat Jarang Pergi ke Kantor Bank Karena Bisa Melakukan Transaksi Keuangan Tanpa Perlu Beranjak dari Tempat Tidur.

Sebaliknya ya. Orang Tua. Masih Senang Pergi ke Kantor Bank Terdekat. Masih Suka Melakukan Transaksi Tunai Keuangan Secara Fisik Via Tatap Muka, Senang Memegang Uang Fisik, Senang Menaruh Uang di Dompet atau di Bawah Bantal dan juga Senang Pergi ke ATM Bank untuk Cek Rekening Saldo secara Manual.

Foto : Nasabah BRI



Tetapi Tantangan ke Depannya adalah Anak Muda Generasi milenial yg Sangat Digital. Potensi Bisnis ini yg Pengen diambil oleh PT BANK BRI. Mengingat Pesaingnya Seperti Samsung, Google, Facebook, Apple, Paypal, Alibaba, Amazon. Dll. Juga ingin Meraup Keuntungan di Porsi Lahan Bisnis yg Sama.

Dengan Memiliki Satelit Mandiri. BRI berada 1 Langkah di Depan untuk Menggaet Nasabah Bank Digital yg Lebih Banyak. Tentunya juga memperkuat Sektor Jaringan Mikro Lebih Kuat, Lebih Luas, Lebih Efisien dan Lebih baik untuk melayani Negeri.    

Artikel Lainnya :
   
Youtube Trailer

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU