Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mark Tank Pertama di dunia Usia 100 Tahun (2016)

Hidup Manusia Ngga Pernah Lepas dari Peperangan.

Sejak Zaman Purba, Manusia Telah Bertengkar dengan Manusia yg Lain. Awalnya di Mulai dari Perkelahian Antar Individu VS Individu, Kemudian Lanjut ke Pertengkaran Kelompok VS Kelompok, Akhirnya Pertengkaran Terbesar Meletus Antar Negara VS Negara.

Banyak Senjata Tercipta untuk membunuh Manusia Lain yg ngga Sepaham dengan dirinya. Di Zaman Yunani Kuno. Sebelum Mesin Tercipta. Orang-Orang Berperang Menggunakan Catapult (Sejenis Batu yg di Lempar) dan Menggunakan CATS (Sejenis Menara Atap Berjalan yg Mampu Melindungi Serangan Panah).

Perkembangan Senjata Terus di Ciptakan untuk Melindungi dan Menyerang Manusia yg Lain. Ngga Pengen Mengalah. Beberapa dari Mereka Berpikir Cerdas, Menciptakan Sebuah Alat-Alat Senjata Revolusioner.

MARK Merupakan Salah Satu Karya “TANK PERTAMA” yg Lahir di Dunia ini. 100 Tahun yg Lampau. Mempengaruhi Peradapan Dunia.

Foto : Tank Mark
MARK : GABUNGAN TANGKI AIR + MESIN TRAKTOR
Negara Pertama yg Menciptakan TANK adalah “KERAJAAN INGGRIS

Di Ciptakan Pertama Kali Pada Tahun 1915. Namanya "MARK"


Oh ya, Mungkin Banyak Orang ngga Sadar ya. Jika “TANK PERTAMA DI DUNIA”. Terinspirasi dari MESIN TRAKTOR & TANGKI AIR. Ini Alasan Mengapa Jika Anda menggunakan Terjemahan Bahasa Inggris. TANK juga bisa disebut sebagai TANGKI AIR. Dan TANGKI AIR bisa disebut TANK. 2 Pengucapan yg Merujuk ke Kata AMBIGU. Serupa Tapi Tak Sama.

Istilah pengucapan Kata : TANK untuk Militer. Di Resmikan Tanggal 24 Desember 1915. Dan Ya, Seperti Pembahasan diatas. Istilah definisi TANK untuk TANGKI AIR juga masih tetap digunakan hingga saat ini di Negara Inggris. Karena memang, Asal Katanya Berasal dari Bahasa Inggris.  

PEPERANGAN PERTAMA TANK MARK
Menurut Artikel Sejarah BBC HISTORY. Perang Pertama yg Melibatkan TANK. Terjadi di Awal Tanggal 15 September 1916. Pada Peristiwa Pertempuran Flers Courcelette di bagian Somme antara Tentara Gabungan Ferancis dan Inggris melawan Tentara Kerajaan Jerman.

Pada Awalnya, TANK BERBUNYI SANGAT BERISIK, Kecepatannya SANGAT LAMBAT cuma 6 Km Perjam aja. PANAS, BERBAU BAHAN BAKAR, Dan juga Memiliki Banyak Masalah dalam Kinerja Mesin. Operator Mesin dan Persenjataan Bahkan di awaki hingga 8-10 Orang. 

Terlepas dari Masalah Tersebut. 

MARK berhasil membuat Perubahan Sejarah dalam Strategi Perang yg Mengandalkan Penggalian Parit Perlindungan. Kala itu, Tentara Jerman dibikin Kaget.




PERKEMBANGAN TANK MARK DARI GENERASI I SAMPAI 10
Kerajaan Inggris. 100 Tahun yg Lalu di Anggap memiliki Peralatan Sangat Canggih. MARK I di Rombak dan Di Sempurnakan Hingga ke Generasi 10.

Di Balik Layar, Negara Ferancis dan Rusia menyusul mengikuti Teknologi Inggris. Di Iringi juga oleh Jerman (NAZI) yg ngga pengen Mengalah.

Pada Masa itu. Inggris memimpin Teknologi TANK. Mesin Persenjataan Machine Gun Berjenis Hotchkiss 8 mm di Pasang, Kontrol Tembak Berputar di Pasang, Roda Belakang di Copot di Ganti Menjadi Roda Rantai yg Lebih Canggih, Lambung di Perpanjang untuk Melewati Parit-Parit Musuh dengan Lebih Mudah.

Setelah MARK dioles hingga Generasi ke MARK 10. Inggris Kemudian memperkenalkan TANK BARU. Disebut VICKERS A1E1 INDEPENDENT.

Foto : Vickers
Saat ini Kerajaan Inggris Telah Memproduksi Banyak Tank. Seperti CHIEFTAIN, VICKERS, CHALLENGER I dan CHALLENGER II.

Foto : Mark (Abad Kuno) + Challenger (Abad Modern)

Foto : Sejarah Mark Ketika Melewati Jembatan


Foto : Di Museum





Pada Tahun 2016. CHALLENGER II adalah Tank MBT UTAMA Tercanggih milik Kerajaan Inggris.

Artikel Lainnya :

Youtube Trailer

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU