Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seagull, Robot Kapal Pencari Ranjau Pemburu Kapal Selam Israel (2016)

Setelah Sukses Meluncurkan Kapal Robot Protector dan Kapal Robot Silver Marlin. Israel melalui Perusahaan Industri Militer Elbit System (50% Saham dimiliki oleh Pemerintah Israel dan 50% Saham di miliki oleh Swasta).

Pada Tanggal 9 Februari 2016. Israel Kembali Memperkenalkan Sebuah Produk Alustista Robot Unmanned Surface Vessel (USV) yg didedikasikan untuk Pertahanan Laut dan Bawah Laut. Ia di Sebut Sebagai “SEAGULL”.

SPESIFIKASI KEUNGGULAN SEAGULL

Kapal Pemburu Ranjau atau Biasa Kita Sebut MineHunter. Hingga Saat ini Masih di Operasikan, Bertugas, dan Memiliki Peranan Penting dalam mengamankan Zona Kawasan Laut. Khususnya di Area ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif).

SEAGULL Merupakan Salah Satu Kapal dari Kelas MineHunter Tersebut. Namun, Ia Berbeda Spesifikasi dengan Kapal Pemburu Ranjau yg Lainnya.

Ben Dov dari Elbit System menjelaskan. SEAGULL di Klaim Lebih Murah Biaya. Termasuk Hemat Anggaran APBN untuk Operasionalnya. SEAGULL ngga Lagi Membutuhkan 20-30 Kru Tentara untuk Mengoperasikannya. Ia juga ngga lagi membutuhkan Kapal Bobot yg Besar-Besar lagi. Tentunya, Tidak ada Resiko untuk Tentara Kru Manusia. Sahutnya.

SEAGULL merupakan Kapal Robot Kecil berukuran 12 meter. Di Kendalikan Secara Jarak Jauh Melalui Mission Control System MCS yang Berada di Daratan.

Foto : MCS
Elad Aharonson dari Direktur Divisi ISTAR Elbit System mengatakan : Hari ini. Banyak Pasar di Negara-Negara Lain Berinvestasi Serius dengan Biaya yg Luar Biasa Berat. Mereka Membeli Kapal Perang Frigat Besar dengan Harga Ratusan Juta Dolar dan Membeli Pesawat Udara yang Mahal Seperti P-8 Poseidon.

P-8_over_Pacific.jpg (648×432)
Foto : P-8 Poseidon
Mereka Mengeluarkan Anggaran Operasional Mahal Hingga Rp 2 Triliun (Kurs Rp 13.500) Per Tahun. Untuk mempertahankan Keamanannya dari Kapal Selam musuh. SEAGULL mengubah hal ini dengan Menciptakan Platform Murah dengan Sistem Jaringan Otonom. Sahutnya.

DI LENGKAPI SONAR DAN ROBOT ROV KATFISH
SEAGULL dilengkapi dengan Kendaraan Robot ROV Remotely Operated Vehicles yg Menyerupai Kapal Selam Kecil. Merk KATFISH

KATFISH di Simpan di Bagian Belakang SEAGULL dengan Mesin Derek Otomatis.


KATFISH di Gunakan untuk memberikan Real Time Pemetaan Maritim Dasar Laut, Batimetri 3D, Penelitian Bawah Laut, dan Menangkap Citra Gambar Bawah Laut dengan Resolusi Tinggi. Dengan Sumber Daya Listrik 120/240VAC, 50-60Hz, 1750W. KATFISH mampu menyelam dan meneliti dibawah Laut hingga 1 Hari lamanya Sebelum Listrik di Charge Ulang.

Israel melalui ELBIT SYSTEM memutuskan membeli & menggunakan KATFISH buatan Negara Kanada. Karena di Nilai Handal, Berkualitas dan Lebih Murah. Tetapi Bagi Pelanggan Lain Bisa Menggunakan Merk Kendaraan ROV Sesuai Kebutuhan masing-masing negara.

Disisi Lain. SEAGULL juga dilengkapi SONAR mandiri buatan Elbit System didesain untuk Aplikasi Militer. Seperti Mencari, deteksi, indetifikasi, Verifikasi dan Netralisasi. SONAR ini disimpan dibawah Lambung Kapal. Di Turunkan Melalui Kabel ke Bawah Laut.


SONAR mampu Mendeteksi Kapal Selam (ASW), Bom Ranjau Laut, dan juga mampu mendeteksi Pasukan Katak yang mencoba untuk Menerobos.

                                                        Youtube Trailer

MESIN DAN PENGEMBANGAN GENERASI SILVER MARLIN
SEAGULL Merupakan Pengembangan dari Robot SILVER MARLIN

kapal+drone.png (656×368)
Foto : Silver Marlin
Ia memiliki Baterei Listrik dan Sistem Propulsi dengan integrasi 2 Mesin Diesel 2 Baling Baling Pendorong sehingga mampu melaju 60 Km/Jam.   

SEAGULL mampu bertugas bertahan selama 4 hari di Jarak 100 Km dari Batas Bibir Lautan Pantai. Dikendalikan oleh Satelit atau Sesama Komunikasi Line Of Sight dari Antar Armada Militer Lain dengan Sinyal Datalinknya yang Paling dekat.

SEAGULL juga Di Lengkapi dengan Sistem Navigasi Otonom ANS. Sehingga mampu Kembali Secara Mandiri untuk Mengisi Listrik dan Bahan Bakar. Ia juga mampu menghindari Rintangan Seperti Tabrakan dengan Kapal Dagang.

PERSENJATAAN

SEAGULL membawa Sistem Keamanan Suite Elektro Optik (EO/Inframerah (IR) Sensor, Multibeam Echo Sounder, C41, Perangkat Datalink System, Transceiver Radar, IR POD, dan Berbagai Perangkat EW Peperangan Electronic.

Sehingga memungkinkan Operator Tentara Manusia dari Daratan mampu Berkomunikasi dengan Peningkatan Kesadaran Situasi yg Lebih Baik. SEAGULL Bersenjatakan Senapan Mesin 12,7 mm dan TORPEDO. 

Artikel Lainnya :

Youtube Trailer

Semoga Bermanfaat ya. Terima Kasih. GBU