Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi masalah Peringatan Google Adsense Tata Letak Situs yg membuat Iklan Mendorong Konten ke Paro Bawah (2016)

Tadi Malam Saya Dapat Email dari Google di Akun Inbox saya : Isi dan Bunyinya. Seperti Tertera di Bawah ini :

Google Adsense Perlu dilakukan Tindakan untuk mematuhi Kebijakan Program AdSense.

Pelanggan yang Terhormat

Pesan peringatan ini bertujuan untuk memperingatkan Anda tentang adanya tindakan yang diperlukan agar akun AdSense Anda kembali mematuhi kebijakan program AdSense kami. Di bawah ini kami cantumkan detail lainnya beserta tindakan yang perlu Anda lakukan.

Situs web yang terpengaruh: afrid-fransisco.com

Contoh laman tempat terjadinya pelanggaran: http://www.afrid-fransisco.id/2013/06/asik-pesawat-udah-pake-wi-fi.html?m=1

Diperlukan tindakan: Segera lakukan perubahan pada situs Anda untuk mematuhi kebijakan program AdSense.



GOOGLE SEKARANG LEBIH LEMBUT
Dapat Pesan Email Kayak diatas, Sebenarnya Bukan Hal yg “Asing” Bagi Saya. Sejauh ini udah 4 Kali saya mendapatkan Teguran Email yg Membuat Saya Menjadi Sakit Panas Dingin, Kaki dan Tangan Serasa Keluar Suhu Panas, ngga Bisa Tidur, Jantung Dag Dig Dug, Sakit Kepala Pusing Banget.

Sakitnya tuh bisa sampai 2 hari gara-gara dapat Teguran email PHK G (Pemutusan Hubungan Kerja Google). he he…,  


Bagaimana ngga ya, Hasil kerja Keras kita bisa Tumbang hanya dalam waktu 1 hari ketika menerima Email Tersebut.

Udah Berusaha Mencoba Memaksimalkan Diri Mematuhi Peraturan Google. Naas, Pada Tanggal 26 Juli 2016. Lagi-Lagi saya dapat Pesan Email Malang ini.

Dulu dan Sekarang Berbeda….?
Dulu Google agak Gimana Gitu ya, Mereka Mengirim Pemberitahuaan Tanpa Peringatan dan Tanpa Alasan Jelas dan Langsung di Blokir. Ketika itu, Saya mencoba berkali-kali minta Permohonan maaf atas Pelanggaran dan memperbaikinya, Tapi Tetap aja ke 3 Situs Saya yg Lama di Nonaktifkan Hingga hari ini.

Tapi…, Itu Dulu.

Foto : I LOVE GOOGLE
Sekarang Google Lebih Lembut. Sekarang Google Memberikan Peringatan Awal via Email dan ngga Lagi Langsung Memblok Web/Blog Kita. Google juga memberi Tahu apa Kesalahan kita.

Untuk Kasus saya Kemaren. Google mendeteksi Kesalahan Berupa :

tata letak situs yang membuat iklan mendorong konten ke paro bawah di perangkat seluler; menempatkan unit iklan berukuran 300x250 atau lebih besar di paro atas pada situs yang dioptimalkan untuk seluler.

Google memberikan Penjelasan terperinci mengenai Cara Memperbaikinya. Bagi Teman-Teman yg memiliki Kesalahan diatas. Google Percaya Ukuran Iklan yg Terlalu Besar 300x250 yg di Simpan di Bawah Judul Artikel Ternyata sangat mengganggu Pembaca. Khususnya Pengguna Mobile. Karena Pembaca mesti melakukan Scoll jauh ke bawah untuk membaca konten.

Jadi Menurut Google : Cara Jitu untuk menyelesaikannya adalah dengan mengubah Format Iklan Tersebut menjadi lebih kecil ukuran 320x100.

Artikel Lainnya :

CARA MEMPERBAIKI :
Jika Anda adalah Publisher Google Adsense dan Mendapatkan Pesan Peringatan Seperti saya. Di Bawah ini adalah Tips Jitu Memperbaikinya.

1]. Masuk ke Account Blogger.com atau Wordpress Anda.

2]. Ubah Ukuran Format Ads Iklan dari Ukuran 300x250 menjadi 320x100

3]. Silahkan Pasang Kode HTML Iklan dan Parse seperti Biasa.

4]. Masuk ke Account Google Adsense dan Klik Pesan POLICY VIOLATIONS.

5]. Kemudian Klik Site Level Violations atau Bahasa Indonesiannya Pelanggaran Tingkat Situs. Dan Pilihlah Web/Blog yg Telah di peringati oleh Google.

6]. Saya Tadi Lupa Memfoto Pesannya. Awalnya Tadi Warna Merah ya. Tapi sekarang udah jadi warna Hijau. Tapi intinya nih. Klik aja Tombol yg ada disana : MARK RESOLVED.


7]. Centang di Cek List yg Berarti Kita Telah Setuju Mematuhi peraturan dan Melakukan Perbaikan. Kemudian, Centang “Other”. Dan Tulis dalam Bahasa Inggris. Saya Telah Mengganti Ukuran Iklan dari 300x250 menjadi ukuran Lebih kecil 320x100.

8]. Klik Submit

9]. Dalam Waktu Beberapa Menit. Status yg Berwarna Merah Berubah Menjadi Warna Hijau.  Yang Berisikan pesan : Anda telah ditandai masalah ini sebagai diselesaikan. Silakan terus memantau seluruh situs Anda untuk pelanggaran untuk menghindari iklan yang dinonaktifkan di masa depan.

10]. Sistem Google Kemudian akan Mendeteksi memantau Perubahan Web/Blog Anda. Selama Proses Pendeteksi. Iklan Anda akan Hilang Selama 20-30 Menit. Tapi ngga usah kwatir. Ini hanya sebentar saja karena masih dalam proses mendeteksi.

11]. Selesai. Iklan Anda akan Kembali Muncul.

UPDATE 26/7/2016 : Anda juga bisa memilih Jenis Iklan Responsive. Google yang akan menyesuaikan secara otomatis berdasarkan Perangkat.

UPDATE 23/8/2018 

Ada cara lain selain menghapus postingan yaitu dengan menonaktifkan iklan pada halaman yg melanggar. caranya yaitu dengan membuat URL baru. oh ya, Tips ini hanya berlaku bagi anda pengguna iklan otomatis google adsense yg berbasis machine learning.

1. Login ke Google Adsense

2. Klik iklan saya

3. Klik iklan otomatis

4. Klik Grup Url baru



5. Klik website anda. lalu klik berikutnya




6. Nonaktifkan semua jenis pilihan iklan. Lalu klik berikutnya




7. Buat judul url halaman yg dinonaktifkan tersebut sesuka hati anda. Untuk kasus saya memberi namanya dengan nama penampakan Hiroshima



Happy Blogging. Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU