Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ELI-3312 Pendeteksi Pengarah Senapan Mesin ke Sumber Tembakan Israel (2016)

Senapan Mesin ala Remote Controlled Station Weapon (RCWS). Bukanlah Sesuatu Hal Baru dalam Ranah dunia Militer. Teknologi ini Telah ada Sejak Beberapa Tahun yg Lalu dan Telah di Install Pada Kendaraan Tempur, Tank, Hingga Kapal Perang Destroyer, Frigat, Korvet, dll.

Permasalahan Utama yg Identik dengan RCWS adalah Tentara Berada di Lokasi Lain atau di Tempat Jauh atau Berada di Kubah Pertahanan Tersembunyi atau Berada di Ground Control Station.

Umumnya, Ketika Memasuki Medan Pertempuran. Problem Tentara Mengendalikan Senapan Mesin ala Remote Kontrol RCWS Yaitu Tentara Mengalami Kesulitan Menemukan di Mana Arah Sumber Tembakan Berasal. Atau Kesulitan Mengarah Sesuaikan Senapan Mesin Tersebut ke Arah Target Sekalipun Telah Menggunakan Remoted Kontrol Karena Tak adanya Informasi Data Akurat untuk Kesadaran Situasional.

Tak Jarang, Mengapa Banyak Tentara di Saat Panik Menembakkan Senapan Mesin RCWS secara membabi-buta ke arah yg salah hingga Peluru Habis.


ELI-3312 SISTEM RADAR DETEKSI & PENGARAH SENAPAN RCWS KE SUMBER TEMBAKAN
Anak Perusahaan Israel Aerospace Industry. ELTA yg Berbasis di Israel. (100% Saham di miliki Pemerintahan Israel). Pada Tanggal 7 Juni 2016. Kembali Memperkenalkan Produk Alustista yang disebut “ELI-3312”.

Foto : ELTA ELI-3312

ELI-3312 Sebenarnya Merupakan Gabungan Integrasi antara Radar Doppler, Elektro Optik HFL (Hostile Fire Location), EO Sensor, Sensor SWIR, Ground Surveillance Active Electronically Scanning Array (Radar AESA) versi Kecil (Non Putar) dan Keseluruhannya di Gabung dengan Stasiun Senapan mesin 7,62 mm dalam 1 unit Tunggal. Maka, Terciptalah ELI-3312.

ELI-3312 Memiliki Kemampuan Mengendus, Mendeteksi dan Mengidentifikasi Seluruh Objek Pergerakan. Termasuk Manusia, Hewan, dan Kendaraan. Maupun Mengendus Manusia yg Bersembunyi di Balik Jendela, di Atas Atap, dll.

Dengan Daya Konsumsi Baterei Listrik 50 watt. ELI-3312 yg Memiliki Berat Sistem 6 Kg. Mampu Mendeteksi Hingga Jarak 1 KM. Sedangkan ELI-3312 yg Memiliki Berat 20 Kg mampu Mendeteksi Hingga Jarak 5 Km dengan Daya Konsumsi Baterei Listrik 150 watt.

Pertama-tama dengan Sensor Jarak Jauh. ELI-3312 di Gunakan Sebagai Pemasok Data Intelijen Terhadap Peringatan Ancaman, Sebelum Ancaman Tersebut Mengancam Lebih Dekat.

Apabila Ancaman Lolos dan Terlibat Baku Tembak. Peranan Vital ELI-3312 mampu memberikan Data Informasi yg Akurat secara Otomatis Kepada Tentara Terhadap Lokasi Penembak Secara Tepat dan Cepat. Termasuk Mampu Melakukan Pemindaian Tracking Penembak yg Sedang Berlari atau Bersembunyi di Balik Batu dan Jendela.

Artikel Lainnya :

Nissim Hadas dari IAI Executive VP mengatakan :

Pelajaran utama yang kita pelajari di Medan Pertempuran Asimetris baru baru ini adalah Bagaimana kita bisa bertahan hidup. Mendeteksi dan Membalas Serangan Ancaman dengan Cepat, Tepat dan Efesien. Ini Faktor Penentu Pertempuran di Masa Depan. 
Youtube Trailer   
                                        
RINGAN & MODULAR
ELI-3312 di Klaim Ringan. Memiliki 2 Tipe Ukuran. (Berat 6 Kg dan Berat 20 Kg). Sehingga Ia Mudah di Pasang Pada Berbagai Jenis Platform Alustista yg Berbeda. Seperti di Instal Pada Kendaraan Lapis Baja, Tank atau Truck.

ELI-3312 Selain di Kendalikan Secara Manual. Ia juga di Lengkapi Sensor SWIR Optif Pasif Otomatis di mana ia mampu mengambil alih peranan Tentara dalam mengendalikan Arah Posisi Azimuth dan Elevasi Senapan Mesin Tepat ke Arah Target Ancaman yg Terdekat secara Lebih Cepat. Tentara Cukup Menekan Tombol Tembak untuk Melakukan Eksekusi Berdasarkan Data Informasi di Depan Layar.

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU