Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meneropong Kekuatan Angkatan Laut China. Apa Langkah Indonesia (2016)


Akhir-Akhir ini Media Televisi Indonesia di Warnai Aksi Protes Terhadap Kebijakan China atas LAUT CHINA SELATAN.

Termasuk Kepulauan Paling utara selat Karimata Perairan NATUNA. Di Mana di Sini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti Merupakan Sosok Pertama yg marah besar bukan kepalang melihat Kapal-Kapal Nelayan China mencuri Ikan disana.  

Pengen menangkap & menenggelamkan Kapal Nelayan China Tersebut. Eiitt.., Malah di Hadang oleh Kapal Perang China.


Foto Gambar di atas Menunjjukkan Kapal Perang dengan Kode 3303 China Coast Guard milik Armada China Tampak Terkesan Menghalang-halangi, Memblokade, Memotong dan Menganggu Kapal Perang TNI AL Indonesia KRI Imam Bonjol 383.

KEDATANGAN PRESIDEN JOKOWI KE NATUNA
Melihat Aksi ini. Jokowi Kemudian Bergegas Berangkat ke Kepulauan NATUNA. Menegaskan : Pulau dan Perairan NATUNA milik Indonesia.

Saya minta Kemampuan TNI dalam menjaga Laut harus di Tingkatkan, Baik dalam Hal Kelengkapan Teknologi Radar atau Kesiapannya. Sahut Presiden Jokowi. Pada Tanggal 23 Juni 2016.

Seiring dengan Kedatangan Presiden. Pemerintah Indonesia kemudian mengirim Tambahan 5 Kapal Perang ke NATUNA dalam peningkatan Penjagaan Wilayah Tersebut.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Pandjaitan mengatakan : Kita Tetap Bersahabat dengan China. Ini Hanya Masalah Ekonomi dan Kedaulatan saja. Itu saja” Sahutnya.

KEKUATAN ANGKATAN LAUT CHINA 2016
Jika Kita Meneropong Kekuatan Angkatan Laut China atau Bisa disebut juga People’s Liberation Army Navy. Menurut GlobalFirePower.com : China Merupakan Negara Terkuat Nomor 3 di Dunia.

Mereka Memproduksi Sendiri Alustista Militer Lautnya. Memang Beberapa Unit ada yg di Beli dari Negara Beruang Merah Rusia. Tetapi Kebanyakan Platform di Produksi Dari Dalam Negeri oleh Ilmuwan & Insinyur China.

Di Bawah ini Merupakan Daftar List Kekuatan Armada Laut China yg Bisa kita Petik untuk di Ambil Garis Kesimpulannya :

1 KAPAL INDUK LIAONING
Foto : Liaoning
Di Luncurkan Pada Tahun 2012. Menampung 1.900 Tentara di Dalamnya dan Memuat 24 Pesawat tempur Shenyang J-15 dan 11 Helikopter yg Terdiri dari Changhe Z-18, Ka-31 dan Harbin Z-9.

Foto : Pesawat J-15 di dek Liaoning
Liaoning di Gunakan oleh China untuk memperluas Pangkalan Terapung Kontrol Keamanan Udara & Laut yg lebih jauh dari Daratan.

32 KAPAL PENGHANCUR (DESTROYERS)
Memiliki Kode 052B, 052C, dan 052D. Ini Merupakan Sejenis Pemimpin Penghancuran Perusakan. Kontruksinya di Rancang untuk Bertempur dalam Peperangan Kelas Berat melawan Berbagai Ancaman dari Udara, Laut atau Bawah Laut.

Ia memiliki Radar Canggih Pendeteksi dan Berbagai Torpedo atau Rudal dari Berbagai Jenis yg mampu menembak Jauh hingga 200 Km. Tembakkannya di Tembak Secara Vertikal VLS.

68 KAPAL SELAM

8 di antaranya Telah di Upgrade Berbasis Nuklir. Tentunya mampu membawa Rudal dengan Hulu Ledak Nuklir 3-4 MIRV. Rudal Kapal Selam SSN Nuklir milik China meliputi JL-1 dan JL-2 SLBM. Ia mampu Menembakan Nuklir dari Jarak 7.400 Km.

Sisanya, SSBN Pembawa Balistik Rudal dan Kapal Selam Konvensional Biasa. Tiap Unit Membawa 6 Rudal Anti-Kapal atau Anti-Pesawat. Dan Membawa 21 Torpedo Per-unit.

109 KAPAL PENEMBAK RUDAL
Karakteristik Desainnya Tak Terlalu Besar. Memiliki Berat Hanya 220 Ton. Tetapi Mampu Membawa 8 Rudal Hongniao atau 8 Rudal C-802 yg Berjarak Jangkau Tembak Sekitar 120 Km.

26 KAPAL CORVET
Hampir Seluruh Jenis Kapal Corvet milik China menggunakan Kode TYPE 056. Sebutan Resminya adalah “JIANGDAO”. Ini Sebenarnya Sejenis Kapal yg Melakukan Penjagaan Penyisiran di dekat Kawasan antara Laut dan Darat. TYPE 056 Tak Cocok digunakan untuk Operasi Tempur Utama ke Laut Biru yang Dalam.

Tetapi Walaupun Kecil-Kecil. Dia Tetap Cabe Rawit. Karena di Bekali Fitur Persenjataan yg Mirip Destroyer. Tapi Jumlah Persediaan Senjata yg ia tampung lebih sedikit.

48 KAPAL FRIGAT
Hampir sama aja ama Corvet ya. Bedanya, Frigat hampir 2-3 Kali Lebih Besar dari Corvet Jiangdao. Persenjataan yg ia tampung juga lebih banyak. Mampu menyerang Pesawat, Kapal Musuh, Kapal Selam Musuh, dan Drone.

China memilik Frigat sebanyak 48 Unit. Terdiri dari Type 053, Type 053H3, Type 054, dan Type 054A. Tentunya, Sebenarnya Frigat masih Jauh Lebih Kecil Lagi dari Kapal Penghancur Destroyer.

35 KAPAL PENDARAT TANK & TENTARA
Dan yang Terakhir adalah 35 Unit Amfibi Landing Platform Dock untuk mendaratkan Kendaraan Tempur, Tank dan Tentara PLA (PLA adalah sebutan untuk Tentara Pembebasan Rakyat China).

LAIN-LAIN
Jika di Total. Pada Tahun 2016. China memiliki Sekitar 714 unit Kapal. Sisanya yg diluar Pembahasan kita merupakan Pelengkap saja. Seperti untuk Penjaga Pantai, Pengisi Bahan Bakar, Pembawa Logistik, Rumah Sakit, Peneliti Pemetaan Bawah Laut, Coast Guard, Bengkel Terapung, dan Kapal Eksperimental.  

Jika di Tarik Kesimpulan di Atas Kertas. Armada Laut China Tirai Bambu Negerinya Hewan Panda ini memang Kita Akui Sulit untuk di Lawan.

Artikel Lainnya :

Youtube Trailer

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU