Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ubah Sampah Plastik Indonesia Menjadi Energi Gas Listrik dan Minyak (2016)

Ketika Pertama Kali Kita Mendengar Istilah Kata “SAMPAH PLASTIK”. Di Benak Kita Terngiang akan Sesuatu yg Bau, Kotor, Menjijikkan, Mengganggu Pemandangan, dan Berbagai macam sisi Negatif Permasalahan yg Lainnya.

Plastik kita temukan hampir dimana-mana ya. Meliputi Tutup Botol, Bungkus Permen, Kantong Belanja, Pot Bunga, Wadah Penyimpan Makanan, Pipa Air, dan masih banyak lagi yg lainnya. Tanpa Kita Sadari. Manusia Memang Tak Bisa Lepas dari Plastik dan Sampah dari Hasil Sampingannya.



















SAMPAH PLASTIK SULIT DI URAI OLEH ALAM
Kita Mengenal Beberapa Jenis Sampah. Yaitu Sampah Organik : Seperti Sisa Makanan dari Restoran, Sisa Potongan Sayuran, Sisa Daging, Kayu Lapuk, Ranting Pohon, Akar Busuk, Buah-Buah Busuk, Kotoran ayam dll. Sampah Kategori ini Mudah Sekali di Urai oleh Alam.

Beberapa Negara bahkan ada yg mengambil Sampah Organik ini, Kemudian diolah menjadi Biomassa yg menghasilkan Produk Pupuk Kompos dan Gas.


Kemudian ada Sampah yg Terdiri dari Bahan Penyusun Terbuat dari Bijih Besi atau Logam. Meliputi Kaleng Besi, Komponen Elektronik Besi, Paku Berkarat, Kerangka Baja Atap, Tiang Besi, dll. Sampah Kategori ini apabila diambil oleh Pemulung. Mudah Sekali untuk di Daur Ulang menjadi Besi Baru.

Dan yg Terakhir adalah Sampah yg Terbuat dari PLASTIK. Saat ini di Seluruh Penjuru Dunia, Plastik menjadi Permasalahan yg Menyulitkan. Mengingat untuk Terurai saja membutuhkan waktu hingga 500 Tahun. Pun Jika di Bakar. akan Menghasilkan Asap Beracun yg dapat menimbulkan Penyakit Toksin Kanker.

Beberapa Peneliti Menyarankan Untuk Melakukan Daur Ulang Plastik. Nyatanya. Proses ini ada Batas Ambang Maksimal untuk Mendaur Ulang Plastik. Beberapa Perusahaan Teknologi Bahkan ada yg menciptakan Plastik Ramah Lingkungan dari Pati Jagung yg bisa hancur dalam waktu 6 Tahun.

Contohnya Seperti Perusahaan EPI Environmental (Epi-Global.com) dan Bram Industries (Bram.co.il). menggunakan Teknologi Biodegradable Plastics.

Nyatanya, Langkah yg di Lakukan oleh Perusahaan diatas hanya untuk beberapa Tipe Plastik saja. Ngga Semua Produk Plastics bisa menggunakan Teknologi yg Mudah Hancur seperti diatas. Contohnya : Tutup Botol, Pot Bunga, Pipa Bawah Tanah, Helm Pekerja, Galon, Ember, dll. Produk-Produk Plastic ini Tak Bisa Ramah Lingkungan dan Sukar Terdaur Ulang.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya ya…?

Beberapa Negara memilih dengan menampungnya di TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Di Indonesia Sendiri. Yang Paling Terkenal adalah TPA BANDAR GEBANG dan TPA LEUWIGAJAH. Pernah ketika itu Pada Tanggal 21 Februari 2005. Gunung Tumpukan Sampah Plastik ini longsor akibat Hujan Kemudian menghantam Penduduk yg berada dibawah. Tragedi Tersebut Menyebabkan 150 Orang Indonesia dinyatakan Tewas.

Jika Masalah Gunung Sampah Plastik ini Tak di Selesaikan. Bukan Tak Mungkin, Tiap Tahun akan Terus Membesar. Yang Artinya Menimbulkan Masalah Polemik di Kemudian hari. 



PERKENALKAN TEKNOLOGI RECYCLED MENGUBAH SAMPAH PLASTIK MENJADI ENERGI GAS DAN MINYAK


Di Sebut juga Sebagai PYROLYSIS

Youtube Trailer : Teknik Cara Kerja Proses Pyrolysis

PYROLYSIS adalah Teknik Pembakaran Limbah Plastik Hingga Suhu 1.000 Derajat Celsius di Dalam Ruangan Hampa Udara Tanpa Oksigen. Pemanasan Tinggi ini juga sekaligus menghancurkan Zat-Zat Racun Berbahaya Sehingga aman Bagi Lingkungan.


Cara Kerjanya Sangat Mudah. Kita Cukup Memasukkan Sampah Limbah Plastik Apa saja ke dalam Mesin. Kemudian dalam Sekejap Mesin Memanaskannya Hingga Meleleh dan Berubah Menjadi GAS. Gas ini apabila disiram, disuling atau didinginkan akan menghasilkan MINYAK. Efek Pendinginan hasil Penyulingan akan menghasilkan uap awan yg ramah lingkungan tanpa racun.

Pada Saat ini (3 Agustus 2016). Ada 3 Perusahaan yg Saya Ketahui Telah Memiliki Teknologi Paten Pengubah Plastik menjadi Energi. Yaitu Plastic2oil.com yg berasal dari Amerika Serikat. Enviro-Services.co.il dari Israel. dan Perusahaan Ecocretion-in.com dari Korea Selatan.

Youtube : Perusahaan Ecocretion-in.com

MEMBUKA BANYAK LAPANGAN PEKERJAAN
Dalam Pepatah Nenek Moyang di Keluarga Kami. Pernah Mengatakan : Jika Sebuah Rumah Tangga memiliki Banyak Sampah. Ini Sebenarnya Bukan Masalah ya, Tetapi Merupakan REJEKI dari TUHAN.

            Memang Benar Pepatah di atas ya....?

Tahukah Anda. 1 Kg Sampah Plastik Ternyata Sekarang Sudah Bisa Menghasilkan 1 Liter Minyak. Artinya Kita Bisa Mendapatkan Penghasilan Tambahan Apabila Memiliki Sampah yg Banyak.

Di Beberapa Negara Maju. Telah Berhasil Menyulap Sampah Organik Menjadi Gas atau Pupuk Kompos, Sampah Besi disulap menjadi Besi Baru. Namun masih sedikit Negara yg Bisa Menyulap Plastik menjadi Minyak atau Gas Energi Listrik.



Hal ini disebabkan Karena Regulasi Pemerintah yg Masih Belum mengenal Tentang Kecanggihan Teknologi  Pyrolysis. Jika Hal ini Bisa di Sebarluaskan Ke Seluruh Dunia. Ini Hanya Masalah Kurang Promosi saja dan Belum Mengenal Kecanggihan alat ini.

Sudah saatnya, Mesin Alat Canggih ini di Perkenalkan ke Seluruh Dunia. Sisi Positifnya akan membuat Dunia Lebih Hijau, Lebih Bersih, dan Tentunya membuka Banyak Lapangan Pekerjaan bagi Para Pencari Tumpukan Plastik Bekas.

Mari Sebarkan Artikel Lingkungan ini kepada Teman Anda dan Kepada Pemerintah.

Jadikan DUNIA LEBIH HIJAU 

dan DAPATKAN TAMBAHAN PENGHASILAN DARI SAMPAH.

Artikel Lainnya :

Youtube Trailer

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU