Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makara : Drone Pertahanan Bawah Laut Karya Anak UI Indonesia (2016)

Indonesia memiliki Begitu Banyak Ahli dalam Bidang Teknologi yg Telah Banyak Bekerja di Luar Negeri. Anak Bangsa Indonesia memang Terkenal Pintar & Cerdas di Mata Dunia.

UI sebuah Perguruan Tinggi Universitas di Indonesia yg Berlambang warna Kuning. Kembali lagi melahirkan Karya Istimewa dalam Kancah Teknologi. Kali ini, dalam Bidang Robotik Autonomous Drone Bawah Laut Tanpa Awak.

Apa saja Kecanggihannya. Mari kita Simak Secara Seksama. Sesembari Meminum Teh Hangat ya.


SELUK BELUK MAKARA
Ada Sekitar 30 Mahasiswa UI Tim Riset yg berpartisipasi dalam Pembuatan Drone yg disebut MAKARA. Mereka Berasal dari Tim Robotika UI, Teknik Mesin Fakultas Teknik UI dan Teknik Perkapalan UI angkatan 2013. Sesekali di dukung oleh Bantuan dari Para Dosen.

Pada Tahun 2016. Ada 6 Jenis Tipe MAKARA yg Telah di Kembangkan. Meliputi :

- Makara 01

- Makara 02

- Makara 03

- Makara 04

- Makara 05

- Makara 06


Zulfah Zikrina. Salah Satu Anggota Tim Autonomous Marine Vehicle Universitas Indonesia. Mengatakan :

Robot Ciptaaan Kami “MAKARA” mendukung dunia Maritim Indonesia, Terutama di Bidang Pertahanan Militer. Karena dapat mendeteksi objek asing di Permukaan Laut dan sebagai Penanggulangan Bencana alam untuk mencari Korban Mayat di Bawah Laut.

Zulfah berharap agar suatu saat Pemerintah Indonesia. Untuk dapat membeli dan memproduksi MAKARA. Salah Satu Keistimewaan Tersebut yaitu Drone ini Buatan Anak Bangsa dan Harganya Lebih Murah di Bandingkan dengan Buatan Luar Negeri.

1 Unit MAKARA menghabiskan biaya sekitar Rp 50.000.000 Juta Rupiah.

APLIKASI UNTUK DUNIA SIPIL

Ngga Hanya untuk Keperluaan Kepentingan di Bidang Pertahanan Militer dalam Proses Mata-Mata, Keamanan dan Pengintaian.

Drone Makara dapat memiliki banyak sekali manfaat untuk Keperluaan Aplikasi Dunia Sipil. Zulfah Zikrina memberikan Keterangan Spesifik Bahwa Drone ini juga dilengkapi dengan Kamera dan Sensor Canggih yg dapat menyelam hingga kedalaman 100 meter selama 4 Jam. Tetapi Ketahanan Waktu dan Bobot Berat dapat di Perbesar Lagi Jika menginginkan Daya Tahan yg Lebih Lama.

Drone ini juga Telah dilengkapi Kecerdasan Buatan dalam olah Pemprogramannya.

Saat ini, MAKARA 06 merupakan Varian Tercanggih yg diciptakan oleh Mahasiswa UI. Selama ini menurut Kami hanya mengembangkan di Permukaan saja. Tetapi saat ini, MAKArA-06 merupakan gabungan antara Autonomous Underwater Vehicles AUV dan ROV Remotely Operated Vehicles. Sehingga Konsepnya Tak Hanya Berada di Permukaan Laut saja tetapi juga dapat menyelam ke bawah laut.  

Dengan Luas Laut Indonesia yg mencapai 1,3 Jutaan Kilometer. Drone ini bermanfaat untuk dapat mendeteksi keberadaan ikan bagi Nelayan dan juga sebagai Pemetaaan Bawah Laut, Pemantauan Jaringan Pipa, Penelitian, Observasi, dan Sebagai Pencari Sumber Energi Minyak Bumi untuk Keperluaan Industri Nasional.

Di Tanya Berapa Batas Jarak dan Telemetri yg Mampu di Tempuh oleh Drone Makara. Zulfah Zikrina menjelaskan bisa Sangat Luas apabila bekerjasama dengan Pemerintahan Indonesia yg memiliki Akses Satelit dan Pemancar Telekomunikasi BTS yg Luas.

SPESIFIKASI PIRANTI MAKARA 06

- Kamera USB

- Kompas

- Sensor Termal

- Global Positioning System GPS

- Baterei Lithium Polymer

- Fin Stabilizer (Untuk Stabilitas Kapal)

- Rudder (Untuk Kendali Arah Kapal)

- Pipa PVC

- Hub Nirkabel (Untuk Komunikasi dan Pemprograman)

- Laptop

- ATMEGA & Codeblocks (Nama Perangkat Lunak untuk Coding Pemprograman)

Artikel Lainnya :

Youtube Trailer

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU