Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buyam-M Kapal Perang Rusia ini Kecil Tapi Mematikan. [Kecil-Kecil Cabe Rawit] (2016)

Departemen Pertahanan Pemerintahan Rusia. Pada Tahun 2004 yg Lalu. Telah Menekan Kontrak Kepada Perusahaan ALMAZ. (Industri Pertahanan Milik Negara Rusia).

Kontrak Tersebut untuk Membuat Sebuah Proyek Kapal Perang Corvette yang di Juluki BUYAN-M CLASS. Di Harapkan akan di Produksi Massal Hingga 15 Unit untuk Angkatan Laut Rusia.

Pada Tahun 2016. 8 Unit Kapal Kelas Buyan atau Buyan-M Telah Selesai di Kerjakan. 4 Unit Lagi Masih dalam Pembangunan. Tahun 2020. Jika ngga ada arang melintang maka Pengerjaan Kapal ini bisa selesai 100%.

Banyak Para Pakar Pertahanan di Luar Negeri Mencoba Memperhatikan Aksi Si Beruang merah. Kelas Kapal ini jika kita Telisik berukuran kecil, Hanya Memiliki Berat Sekitar 949 Ton dan Panjang 72 meter.

Tetapi Kenapa Presiden Vladimir Putin menyetujui Pembuatan Kapal ini ya.

Yuk Mari Kita Telisik Kecanggihannya


BUYAN-M CLASS : KAPAL PERANG KECIL-KECIL CABE RAWIT   
Buyan-M Class adalah Kapal Perang dengan Berbagai Macam Kemampuan. Ia dapat di Gunakan Sebagai Perang Pesisir untuk menyerang Sasaran Darat dan Perang Laut untuk melumpuhkan Kapal Perang Musuh yg mencoba memasuki wilayah Zona Ekonomi Nasional Rusia.

Jika di Lihat dari Spesifikasi yg ada. Kapal ini Sebenarnya Bukan untuk Perang Laut Dalam yg Jauh Menghadapi Kapal-Kapal Perang Destroyer Musuh yg Lebih Besar. Karena Buyan-M Class Ketahanannya Hanya dapat mencapai 10 Hari saja.

Tetapi Bukan Berarti Kapal Kecil ini Lemah, Ia justru Kecil-Kecil Cabe Rawit ya. Ini adalah Alasan mengapa ia disebut Cabe Rawit.

SERANGAN JARAK JAUH

Walaupun Berbobot Kecil dan Ngga Tahan Perang Berlarut-larut di Lautan.

Tetapi Kita ngga Boleh Terkecoh. Kapal Perang ini Memang hanya dapat bertahan di Laut Selama 10 Hari dengan Menempuh Jarak 4.300 Km.

Kabar Baiknya, Luas Wilayah Rusia yg Sangat Besar. (Terbesar Nomor #1 di Dunia). Hal ini Dapat Membantu Kapal Perang ini mencapai Setengah Wilayah di Muka Bumi dengan Teknik Hit and Run.

Ia dapat Menembak Sasaran yg Berada di wilayah Semua Kota di Suriah, Irak, Finlandia, Swedia, Norwegia, Jerman, China, Korea Utara, Kanada, Alaska Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Mongolia, Kazakhstan, Ukraina, Turki, Iran, Estonia, Latvia, Lituania, Azerbaijan, Georgia, Kirgizstan, Tajikistan, Turkmenistan, Armenia, Moldova, dan Afghanistan.

Pada Tanggal 7 Oktober 2015. 4 Kapal Perang Angkatan Laut Rusia, 3 Di Antaranya adalah Kelas Buyan-M Korvet. Menembakkan Rudal Kalibrn dari Laut Kaspia ke Negara Suriah untuk menghancurkan Basis Pertahanan Islamic State.

Padahal Jarak Serangan ini Sangat Jauh, Menempuh Wilayah Iran, Irak dan Suriah. Buyan-M Korvet membuktikan Kepada dunia betapa cabe rawit dirinya. 

PERSENJATAAN BUYAN-M CLASS
1 Unit Meriam A-190 (Ukuran 100 mm)

1 Unit Electronic Countermeasure. Alat ini adalah Pertahanan Udara untuk Menganggu Tembakan Rudal Musuh agar Selalu Salah Sasaran.

1 Unit VLS (Sistem Peluncur Rudal). Mampu Menembakkan Rudal YAKHONT yg dapat mencapai 300 Km sebagai Penyerang Kapal Perang Musuh dan Rudal KALIBRN yg dapat mencapai 1.500 Km untuk Menyerang Basis Musuh yg berada di Daratan.

2 Unit Peluncur Rudal IGLA. (Teknologi Pertahanan Udara Jarak Dekat. 5,2 Km) Sasaran Tembak Rudal Musuh, Helikopter & Pesawat Tempur yg Terbang Rendah.

2 Unit KPV (Mesin Penembak Penghambur Peluru untuk Pertahanan Jarak Dekat)

1 Unit Pelontar Granat Sebagai Pengecoh 

INFORMASI TAMBAHAN LAINNYA :
Pada Tahun 2020. Angkatan Laut Rusia Mempunyai Sekitar 15 Kapal Perang Tipe ini. Seiring Berjalannya waktu Telah Terjadi Versi Upgrate Teknologi. Sehingga Terciptalah Generasi Terbaru yg Lebih Canggih yg disebut KARAKUT CLASS.


KARAKUT CLASS Hampir Sama dengan BUYAN M CLASS. Bedanya, Walaupun Memiliki Bobot Berat Tubuh yg nyaris Sama. Tetapi Versi “Karakut” memiliki Ketahanan jauh lebih tinggi sekitar 15 Hari dan Mampu Berlayar Hingga Jarak 4.600 Km.

Kapal versi baru KARAKUT juga telah memasuki Tahap Produksi Massal rencananya hingga 18 unit.

Belum ada Informasi. Berapa Harga Tiap 1 Unit Kapal Perang ini. Namun Rusia di Kabarkan Secara Resmi Pernah Menjual ke Negara Kazakhstan dalam versi yg Lebih Kecil disebut TORNADO. Untuk Variaan Ekspor.  

SPESIFIKASI BUYAN M-CLASS
- Kru : 26 Tentara

- Kecepatan : 52 Km/Jam

- Mesin Penggerak : CODAD 4x Zvezda M520 Pumpjet

- Listrik : 10.880 kW

- Jarak Tempuh : 4.300 Km

- Tinggi Kapal : 6,5 meter

- Berat : 949 Ton

- Panjang : 75 meter

- Daya Tahan : 10 Hari

- Radar : MR-352 Pozitivbeli M 1.2 Phased Array

- Sonar : ANAPA-M Suite

- Navigasi Radar : MR-231 Pal, Elektro Optik Surveilans

- Fire Control : 5P-10-03 LASKA

List Nama-Nama Kapal Perang Kelas BUYAN atau BUYAN-M yg Telah Dinas Bertugas di Angkatan Laut Rusia :

1]. ASTRAKHA

2]. VOLGODONSK

3]. MAKHACHKALA

4]. GRAD SVIYAZHSK

5]. UGLICH

6]. VELIKIY USTYUG

7]. ZELENYY DOL

8]. SERPUKHOV

9]. OREKHOVO ZUYEVO (Masih dalam Proses Tahap Pembangunan)

10]. INGUSHETIYA (Masih dalam Proses Tahap Pembangunan)

11]. GRAYVORON (Masih dalam Proses Tahap Pembangunan)

12]. (Masih dalam Proses Tahap Pembangunan)

13]. (Masih dalam Proses Tahap Pembangunan)

14]. (Masih dalam Proses Tahap Pembangunan)

Artikel Lainnya :

Youtube Trailer BUYAN-M CLASS

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU