Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Ikan Lele Nila Gurame Patin Cepat Besar di Perkarangan Rumah (2016)

Memiliki Perkarangan Rumah yg Luas. Merupakan Idaman bagi banyak Orang. Sayangnya ngga Semua orang dapat memiliki Kesempatan berharga ini. Apalagi Mereka yg Tinggal di Daerah Perkotaan Besar ya. Em…? Pasti Sempit. He he…

Nah Apabila Anda memiliki Perkarangan yg Luas. Ngga ada Salahnya untuk Memelihara atau Budidaya Ikan. Seperti Lele, Gurame, Patin, Nila, Gabus, Bawal, Mas, Sepat, dan Ikan Puyu.

Ada Banyak Informasi Tentang Budidaya Ternak Ikan di Google. Tetapi Semuanya Membahas Tentang Ternak Ala Petani dengan Kolam ukuran Besar yg memelihara Hingga Ribuan Ikan.

Di Artikel ini Kita akan Membahas Cara Memelihara Ikan ala Perkarangan Rumah. Ada Banyak Faktor yg Berbeda antara Pemeliharaan ala Petani Besar dan Perorangan yg biasanya di Konsumsi hanya untuk Kebutuhan Keluarganya saja. (Tak di Jual ke Pasar).

Di Bawah ini adalah Beberapa Cara yg Bisa di Tempuh.

Oh ya, Sebelumnya. Mohon Maaf jika Terdapat Kesalahan. Bagi Pakar yg Lebih Ahli. Silahkan Jika Mendapatkan Kekurangan di Artikel ini Mohon untuk Memberi Komentar Perbaikannya ya. Terima Kasih.


1]. BENIH BIBIT UNGGUL
Kunci Utama dalam Memelihara Ikan di Perkarangan Rumah adalah Benih Bibit Unggul. Benih Ikan ini dapat Kita Beli di Toko-Toko Ikan Hias Terdekat di Kota Anda yg Telah Anda Percayai Sebagai Pemasok Bibit Ikan Unggul.

Harganya Sangat Murah. Hanya Rp 400 – Rp 1.000 Per Ekor. (Per 9 Agustus 2016). Jika Kita Memelihara Ikan yg Bukan Bibit Unggul. Biasanya Perkembangannya Sangat Lambat, Sulit Besar, dan Panenya Sangat Lama hingga hitungan Tahunan.

2]. DATA KELAHIRAN SEDARAH
Ikan Biasanya Berkembang Biak dengan Cepat. Ia dapat Bertelur dan Menetaskan Banyak Anakan. Walaupun Ikan ini dari Jenis Indukan Bibit Unggul.

Nyatanya, Anakan yg dihasilkan adalah Bibit yg Jelek. Jika Terus di Pelihara Hingga Dewasa. Malah Hasil ngga Memuaskan dan Bisa sangat Boros Pakan, Boros Uang dan Boros Waktu. Hal ini disebabkan ngga ada Data-Data Ikan yg Akurat Tentang Kelahiran Ikan Tersebut.

Bagi Anda yg Ahli dalam Penyusunan Data Ikan. Mungkin Bisa aja menghasilkan Anak Ikan Unggul. Nyatanya Hal ini Sulit untuk Orang-Orang yg Melakukannya di Perkarangan Rumah.

Solusinya, Jika Pengen Memelihara Anak Ikan yg Baru. Ada Baiknya Kembali ke Poin #1.

(Membeli Anakan Lagi ke Toko Ikan Hias, Karena Mereka yg Empunya Bibit Ikan yg Lebih unggul dengan Data yg lebih akurat dan Lebih Besar).

3]. KEDALAMAN KOLAM DAN KEPADATAN
Foto : Lele Raksasa
Idealnya, Kedalaman sekitar 1 meter (100 cm). Apabila Kolam ngga Dalam dan Sangat Dangkal. Misalnya Hanya Setinggi 30 cm atau 50 cm. Ikan Biasanya Lambat besar dan Pertumbuhannya terganggu.

Kedalaman Kolam apabila mencapai 100 cm Tetapi memelihara Ikan dengan Kepadatan Tinggi juga ngga baik. Karena Terlalu Padat bisa menganggu Pertumbuhan Ikan. Sehingga Tumbuh Kembang ikan menjadi Lambat dan menjadi Kurus Kecil.

Jika Ada anakan Ikan yg Lahir baru. Sebaiknya dibuang saja atau diberikan sebagai Pakan bagi Ikan yg Lebih besar. Ikan-Ikan Baru yg Lahir di Kolam dapat Mengganggu Populasi Kepadatan dan Tentu saja Bibit ikan ini Tak unggul. Karena Bisa saja Terjadi Seperti di Poin #2 Yaitu (Data Kelahiran Sedarah).

4]. SUHU DAN CAHAYA MATAHARI
Di Daerah Perkotaan. Ada Banyak Bangunan, Atap Rumah, dan Gedung-Gedung Tinggi.

Penempatan Kolam yg Terhalang Sinar Matahari dapat menyebabkan Ikan menjadi Sering Sakit-Sakitan, Nafsu Makan Ikan juga Berkurang, dan Suhu Bisa menjadi Dingin.

Idealnya, Ikan Menyukai Cahaya Matahari Pagi dari Pukul 07.00 Wib – 17.00 Wib. Dan Tak Terhalang oleh Gedung Tinggi atau Rumah. Pun Jika Terpaksa. Karena di Kota Memang Sulit banget ya untuk Menghindar dari Bangunan-Bangunan. Cobalah Cari Tempat Lokasi yg Sekiranya Paling Sering Terkena Cahaya Matahari.

Suhu Ideal Ikan adalah 28 Derajat Celsius. Ngga Terlalu Panas dan Ngga juga Terlalu Dingin.

5]. PEMBERIAN PAKAN

Pemberian Pakan yg Baik mengandung 25% Protein Hewani. Pakan Pellet yg memiliki kualitas rendah biasanya harga murah. Tetapi apabila Kandungan Pakan Proteinnya Tinggi. biasanya harga Pakan agak dikit mahal. Tetapi ikan bisa lebih cepat besar.

Pemberian Pakan diberi 3 kali sehari (Pagi, Siang dan Sore)

Memperhatikan waktu kenyang Ikan juga mesti hati-hati ya. Karena Terkadang Ikan masih lapar ingin melahap lagi. Terkadang juga ikan sudah kenyang, tetapi kita biasanya masih menabur pellet. Hal ini ternyata ngga baik, karena sisa-sisa pakan pellet bisa menjadi sampah di kolam yg dapat membuat kotor air.

6]. AIR KOLAM KERUH KOTOR BERBAU

Jika Air sudah Kotor, Keruh, berwarna Hitam, Cokelat atau Biru. ada baiknya di bersihkan dengan air yg baru. 

Air yg Lama atau Air Kotor yg Keruh bisa di jadikan untuk Pupuk Tanaman. Tanaman biasanya suka dengan Air Kotor bekas Ikan. Mereka Malah Tumbuh Subur.

7]. VITERNA + POC NASA + HORMONIK + NATURAL TON

Agar Ikan Cepat Besar. Pakan Pellet dapat kita Campur dengan Bahan Seperti VITERNA, POC NASA, HORMON ORGANIK dan NATURAL TON.

Apa sih Khasiat Kegunaan dari Bahan-Bahan ini :

1]. Mempercepat Pertumbuhan Ikan agar Cepat Besar

2]. Membuat Kotoran Ikan menjadi Tak Berbau

3]. Menumbuhkan Plankton Sebagai Pakan Alami Kesukaan Ikan

4]. Menyediakan Suplai Oksigen Terlarut dalam Air Sehingga Kolam Menjadi Sehat

5]. Melindungi Limbah Kotoran Ikan Menjadi Aman untuk Lingkungan

6]. Mengurai Gas-Gas Beracun dan Menetralkan Senyawa Racun di Kolam

7]. Mengurangi angka Kematian Ikan

8]. Waktu Panen Menjadi Lebih Singkat

13]. MESIN POMPA AIR, FILTER DAN PENYUPLAI ARUS + OKSIGEN

Ikan Menyukai Arus, Oksigen, dan Lingkungan Air yg Bersih. Di Alam Seperti di Sungai-Sungai. Oksigen dan Arus Begitu Berlimpah. Percikan Air yg Tertabrak dengan Bebatuan Membuat Sungai Begitu Kaya akan Oksigen.

Permasalahan Terkadang datang bagi Kita yg memelihara Ikan di Kolam Buatan.

Tak ada Arus dan Sangat Minim Oksigen. Perputaran Air pun Tak ada Sama Sekali di Kolam Buatan.

Bagaimana Solusinya…?

Solusinya adalah membeli Mesin AQUILA. Mesin buatan china ini dapat di Beli di Toko Akuarium Terdekat di Kota Anda. Saya Sendiri menggunakan AQUILA untuk Kolam Ikan Lele, Nila, Patin dan Gurame.

Mesin ini unggul karena Hemat Listrik, 1 Alat Dapat Berfungsi Bermacam-macam. Sebagai Pompa Air, Filter (Penjernih Air) dan Sebagai Penghasil Oksigen. Hebatkan, Padahal Cuma 1 alat aja lho.

Harga Berkisar Rp 175.000 – Rp 500.000

Ada Baiknya Mesin ini Pompanya di Hubungkan dengan Filter Kapas Penjernih dan Terhubung ke Kolam yg Lain yg diisi hanya oleh Tanaman Seperti Apu-Apu atau Azolla yg dapat mengikat Zat Beracun Nitrat/Nitrit yg Tak dapat di Tangkap oleh Kapas Penjernih.

Foto : Azolla dapat membersihkan Zat Kimia Nitrat/Nitrit yg Tak dapat di Filter oleh Mesin. Azola juga dapat menjadi Pakan untuk Ternak ikan. Disisi Lain, Azolla juga sebagai Tempat Tumbuh Kembang Hewan-Hewan Kecil Seperti Plankton.
Nitrat atau Nitrit apabila Kebanyakan di Kolam mengakibatkan Cepat Berwarna Biru Kotor apabila Terkena Sinar Matahari.

Apabila Kolam kita berukuran Besar. Sebaiknya membeli mesin yg berharga Rp 500.000 ribu. Ada Perhitungan juga apabila Kolam yg Besar maka membutuhkan Mesin yg lebih besar juga.

14]. TEKNIK PANEN DAN PENABURAN BENIH IKAN
Ada Baiknya Memiliki 2 Kolam Ikan Terpisah / Tersekat.

1 Kolam untuk Ikan yg Kecil dan 1 Kolam untuk Ikan yg Lebih Besar yg Sudah Siap di Konsumsi oleh Keluarga. Atau Kalau Pengen Hemat Biaya. Bisa Pakai Jaring aja ya. dari Pengalaman saya, kalau ikan-ikan di campur antara yg besar dan kecil dapat menyebabkan Pembantaian. Si besar melahap si Kecil.

Untuk Jenis Ikan Sepertinya ngga Masalah ya.

Ikan Seperti Lele, Nila, Gurame, Gabus, Patin, dll bisa di campur menjadi 1 Kolam sesuai dengan ukurannya. Saya Sudah Mencobanya. Akur aja. Tetapi mesti hati-hati juga untuk Lele. Kalau dia kelaparan, dia bisa membantai ikan yg lain bahkan Ikan yg lebih besar pun dapat ia bantai.

Solusinya Pastikan Lele selalu Kenyang. Kalau Kenyang sih dia ngga bakalan membantai. 

Di Jamin 100% deh. ;-)


Untuk Penaburan Benih Ikan dan Panen. Karena Ikan ini di Pelihara di Perkarangan Rumah dan di Konsumsi oleh Keluarga. Jadi Tiap Panen 15 ikan Misalnya Per Bulan, Maka Belilah Lagi 15 Ikan Bibit Unggul yg Baru di Bulan itu juga dari Berbagai Jenis ikan. ngga usah banyak-banyak. cukup sedikit saja. Pembeliaan Ikan di Bulan Berikutnya Bisa di Lanjutkan Kembali Sesembari menunggu Bobot Ikan yg Lain Menjadi Besar.

Biasanya Panen Ikan Sekitar 6-7 Bulan.

Untuk Lele. Bisa Sekitar 2 Bulan Sudah Dapat Panen.

Artikel Lainnya :

Semoga Bermanfaat. Terima Kasih. GBU