Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indonesia eFishery : Teknologi Pemberi Pakan Ikan Otomatis dan Cerdas (2016)

Gibran Huzaifah Amsi El Farizy merupakan Seorang Lulusan Sarjana dari ITB. Pada Tahun 2009. Gibran Membuka Usaha di Bidang Perikanan dengan Cara Berternak Ikan Lele di Kolam dan membuka Kedai Pengolahan Ikan Lele.

Setelah Sekian Lama Berkecimpung dalam  Usaha di Bidang Perikanan. Terbesitlah awal di benaknya untuk menciptakan sebuah Alat Teknologi Canggih untuk Memberikan Pakan Makanan Ikan di Kolam secara Otomatis.

Pada November 2013. Gibran mendirikan eFISHERY. Karena dari hasil analisa Gibran selama ini menyadari jika masalah terbesar dalam Peternakan Perikanan Ikan adalah PAKAN.


MASALAH PEMBERIAN PAKAN :
Berternak Ikan Kelihatannya Gampang Gampang Mudah ya. Cukup Memberikan Ikan Makan 3x Sehari. Pagi, Siang dan Sore. Maka Pertumbuhan Ikan bisa Cepat Besar.

Masalahnya bagi sebagian orang kurang mengikuti Pola Teratur ini.

Terkadang untuk Permasalahan Kolam Skala Besar yg memiliki Tenaga Kerja Karyawan. Agak Sulit untuk mengawasi. Karena ada beberapa Tenaga Kerja yg Kurang Profesional dan Tak Terampil. Mereka Bisa saja Memberikan Pakan Padahal Ikan Sudah Kenyang.  

Pakan yg ngga dimakan oleh Ikan. Bisa Menumpuk di Dasar Kolam dan dapat menyebabkan Tumbuhnya Jamur dan Racun Nitrat yg dapat membuat Air Menjadi Keruh dan Kotor. Selain itu, Pakan yg terbuang secara sia-sia dapat menyebabkan Boros dari Segi Keuangan.

Disisi Lain, Terkadang ada Tenaga Kerja yg Secara Sengaja Mengambil Diam-Diam Pakan dan Menjualnya Kembali.

Foto : Gibran. Pencipta eFishery
***
Saya menyampaikan ide [tentang eFishery] dan bertanya apakah ia [Petani Ikan] mau membeli atau tidak. ia berkata ya. Jadi saya tahu bahwa ada permintaan
Foto : Peternak Ikan
eFISHER : PEMBERI PAKAN IKAN SECARA CERDAS
Fitur alat Teknologi buatan Gibran Huzaifah asal Kelahiran Bandung, Indonesia ini memiliki 3 Fitur utama. Yaitu :

1]. SMART FEEDER

Di Lengkapi dengan Algoritma & Sensor Cerdas yg dibenamkan kedalam Kolam. Alat ini Mampu memantau Keadaan ikan apakah Telah Kenyang ataukah Belum. Sehingga ngga ada lagi masalah seperti Over-Feeding (Kelebihan Pemberian Makanan).

Tak Hanya itu saja. Alat ini Mampu Meminimalkan Tenaga Kerja. Sehingga Pemberian Pakan di Lakukan otomatis oleh Sistem ini Secara Teratur dan Terpola Sesuai Jadwal yg Telah di Tentukan.

2]. REAL TIME MONITORING

Dapat di Kendalikan Secara Real Time dan Jarak Jauh via Internet. Tersedia Aplikasi Pemantauan ke Perangkat Smartphone atau Tablet Para Petani.

Gibran berencana Alat Monitoring ini juga suatu saat ingin dibenamkan Fitur eCommerce. Sehingga Petani Bisa Membeli Pakan Ikan, Vitamin, dan Suplemen Ikan. Langsung dari Genggaman Tangan Tanpa Perlu Beranjak Meninggalkan Kolamnya.

3]. EASY TO USE
Di Jamin Mudah di Gunakan, Berbahasa Indonesia dan Petani yg kurang melek Teknologi dapat dengan mudah beradaptasi menggunakan Pengaturan dengan eFisher.

HARGA PER UNIT DAN PENJUALAN :
Foto : Gibran dan Teman-Teman 
Harga Per Unit antara Rp 7.000.000 – Rp 11.700.000.

Tiap Tahun eFisher resmi terjual hingga Rp 1 Miliar / Tahun. Di Beli oleh Berbagai Perusahaan Budidaya Ternak Ikan Skala Besar di Indonesia. Seperti Ternak Ikan di Tambak, Peternak Udang, Peternak Ikan Nila, dll.

Sebagai Informasi Tambahan. eFisher Pernah Menyabet Juara #1 di Ajang Kompetisi Startup Get in The Ring (GITR) di Rotterdam, Belanda. Mengalahkan Lebih dari 2.000 Pesaing Startup Lain dari 60 Negara Lainnya.

Untuk Membeli eFisher dapat melalui Perusahaan PT MULTIDAYA TEKNOLOGI NUSANTARA (CYBREED).

Atau di Alamat Tautan di Bawah ini.

www.efishery.com

Informasi Detail bisa di Simak Pada Video Youtube Berikut ini.

Artikel Lainnya :

Youtube eFisher

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU